Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

PHP Editor Terbaik: Manakah Pilihan Anda untuk 2020?

11 min read

PHP Terbaik Manakah Pilihanmu

Ketika mengelola website, kesalahan mengedit file PHP bisa berakibat fatal. Bisa-bisa website jadi tidak dapat diakses. Itulah alasan banyak web developer mengandalkan PHP editor agar coding yang dilakukan benar.

Tak hanya untuk mencegah kesalahan, beberapa PHP editor memiliki fitur yang dapat membantu pekerjaan lebih cepat.

Nah, artikel kami kali ini akan mengulas PHP editor terbaik yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan Anda.

20 Rekomendasi PHP Editor Terbaik

Daftar berikut ini meliputi beberapa IDE dan code editor yang mendukung bahasa pemrograman PHP. Sebagian besar diantaranya dapat Anda gunakan secara gratis dan bersifat cross-platform (Windows, Linux, Mac).

Manakah PHP editor pilihan Anda?

1. PHP Storm

PHP Storm merupakan PHP IDE (integrated development environment) buatan JetBrain. PHP editor ini cukup banyak digunakan oleh perusahaan besar di dunia seperti Yahoo! dan Salesforce.

PHPStorm adalah salah satu PHP IDE terbaik

Aplikasi edit PHP ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Terutama jika Anda menginginkan sebuah PHP editor yang mendukung berbagai PHP framework seperti Symfony, Laravel, Yii, CakePHP dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, PHP Storm juga selalu melakukan update untuk dapat mengikuti perkembangan terbaru. Selain sudah mendukung PHP 7.4, PHP Storm juga mendukung WSL (Windows Subsystem for Linux).

Beberapa fitur utama PHP Storm antara lain:

  • Code completion. Dengan fitur ini Anda akan terbantu ketika sedang mengetikkan class, method, nama variabel dan PHP keyword karena akan dilengkapi secara otomatis.
  • PHP Code Sniffer & Mess Detector. Fitur ini akan membantu Anda mengetahui adanya kesalahan ketika sedang mengedit sebuah file sehingga bisa segera diperbaiki.
  • Easy Code Navigation and Search. Dengan adanya pencarian cepat untuk menemukan class, method atau field di dalam kode Anda, pekerjaan coding Anda akan lebih efisien.

Anda bisa menggunakan PHP editor ini secara trial 30 hari. Selanjutnya, Anda harus membeli lisensi sebesar $199/tahun untuk versi reguler atau $649/tahun untuk All Products Pack.

PlatformHarga
Multi platform$199/tahun

2. phpDesigner 8

phpDesigner 8 merupakan aplikasi untuk para web developer dengan built-in editor yang lengkap termasuk HTML5, CSS3, JavaScript dan PHP editor. Hingga saat ini, sudah lebih dari 1 juta pengguna phpDesigner 8 di seluruh dunia.

phpDesigner8 merupakan PHP editor yang populer

Salah satu yang menjadi keunggulan PHP editor ini adalah antar muka yang intuitif dengan workspace yang bisa dikustomisasi. Dari sisi fitur, phpDesigner 8 mengandalkan beberapa keunggulan lain sebagai berikut:

  • Code Insight dengan OOP Support yang menjadikan aktivitas coding Anda jadi lebih cepat.
  • Syntax Highliter yang memudahkan Anda mengetahui kode yang sedang dikerjakan.
  • PHP Debugging yang akan membantu Anda menganalisa adanya error pada kode yang sedang Anda kerjakan.

phpDesigner memperbolehkan Anda mencoba gratis selama 30 hari. Jika menyukainya, Anda bisa membeli lisensi Personal 2-in-1 seharga $42.

PlatformHarga
Windows$42

Baca Juga: Berbagai Keunggulan PHP 7.4

3. Visual Studio Code

Siapa tak kenal Visual Studio Code? Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini mendukung banyak bahasa pemrograman, termasuk PHP.

Visual Studio Code bisa dimanfaatkan sebagai PHP Editor

Sebagai sebuah PHP editor, Visual Code Studio memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

Salah satu fitur yang diandalkan oleh Visual Code Studio adalah InteliSense. Fitur ini memudahkan Anda mengetahui kode yang sedang dikerjakan berkat syntax highlighting yang sekaligus mendukung smart completion untuk berbagai variable, function, dan modul.

Ekstensi untuk Visual Code Studio

Tidak hanya itu saja, aplikasi edit PHP ini bisa memenuhi berbagai kebutuhan coding berkat adanya ekstensi yang bisa Anda tambahkan. Anda bisa langsung mendownload dan menginstal dari dalam aplikasi. Baik berdasarkan fungsi maupun bahasa pemrograman yang diinginkan.

PlatformHarga
Multi platformGratis

4. Zend Studio

Zend studio juga merupakan salah satu PHP IDE yang banyak digunakan oleh perusahaan besar di dunia, seperti eBay dan Cisco. Berarti, kemampuan Zend Studio dalam mempermudah coding memang tidak diragukan lagi.

Salah satu PHP IDE terbaik adalah Zend Studio

PHP editor ini memiliki berbagai keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan sebagai editor utama Anda.

  • Code Editor yang dilengkapi dengan code assist, refactoring dan realtime error analysis.
  • PHP Profiler yang akan membantu Anda mengetahui adanya kendala performa dan memperbaikinya dengan cepat.
  • Source Control Integration yang akan memudahkan Anda dalam bekerja dengan CVS, SVN, Git dan GitHub untuk berkolaborasi dengan tim developer lain.

Selain itu, Zend Studio juga mendukung banyak PHP framework seperti Laravel, Sympony, dan Zend Framework sendiri.

Zend Studio menyediakan versi trial 30 hari jika Anda ingin mencobanya. Jika sesuai dengan kebutuhan Anda, Zend Studio Personal bisa menjadi pilihan yang bisa dibeli seharga $89.

PlatformHarga
Multi platform$89

5. CodeLobster

Jangan tertipu dengan namanya yang kasual. CodeLobster sebenarnya merupakan PHP IDE yang serius memberikan performa terbaik untuk mengedit file PHP.

CodeLobster merupakan salah satu PHP editor terbaik saat ini.

Anda bisa menggunakan PHP editor ini dengan gratis. Namun, ketika mendownloadnya, Anda akan mendapatkan versi Pro selama 30 hari yang berisi berbagai plugin tambahan untuk WordPress, Yii, Laravel, dan lainnya.

Hampir semua fitur yang Anda perlukan dari sebuah IDE dimiliki oleh CodeLobster.

  • Pair highlighting akan memudahkan Anda dengan adanya pairing brackets secara otomatis sehingga menghindari mismatch.
  • Intelligent autocomplete akan mendukung kecepatan kerja Anda karena akan mencakup standar PHP dan variabel personal yang digunakan.
  • Code collapsing akan membantu Anda untuk menyembunyikan kode yang sedang tidak Anda kerjakan. Jadi, akan membuat navigasi Anda lebih mudah.

Selain fitur editor di atas, Anda juga bisa menggunakan fitur PHP debugging yang dapat membantu Anda melakukan validasi kode sebelum diupload ke server.

PlatformHarga
Windows$42

Baca Juga: Keunggulan Laravel Framework

6. Komodo IDE

Komodo adalah sebuah IDE multifungsi yang bisa digunakan untuk mengedit file PHP. Telah banyak perusahaan yang memanfaatkan PHP IDE ini untuk mengelola website mereka seperti Siemens dan Vmware.

Komodo IDE memiliki banyak fitur powerful bagi sebuah PHP IDE.

Seperti halnya PHP editor lain, Komodo IDE siap digunakan dengan berbagai framework PHP seperti Laravel dan Zend. Aplikasi edit PHP ini juga mendukung semua sistem operasi.

Untuk menggunakannya, Anda perlu membuat akun di website Komodo terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa mulai menggunakannya melalui aplikasi desktop.

Beberapa fitur Komodo IDE yang bisa membantu pekerjaan Anda antara lain:

  • Track Changes memungkinkan Anda mengembalikan file ke kondisi semula sebelum diedit (revert). Hal ini bisa juga diterapkan pada Git, di mana fitur akan menggunakan commit terakhir Anda.
  • Splitview akan sangat membantu Anda yang suka mengerjakan beberapa task secara bersamaan (multitasking). Baik dalam satu tampilan atau menggunakan multiple windows.
  • Multiple Selection dapat membantu kecepatan kerja Anda karena beberapa perubahan bisa dilakukan sekaligus sesuai yang Anda tentukan.

Masih banyak fitur lain yang bisa Anda coba sendiri sesuai keperluan editing yang Anda perlukan.

PlatformHarga
Multi platformGratis

7. RapidPHP Editor

RapidPHP Editor dikembangkan sebagai sebuah IDE dengan fitur lengkap tapi tetap ringan seperti aplikasi Notepad. Sayangnya, PHP IDE ini memang dibuat khusus untuk sistem operasi Windows saja.

Rapid PHP Editor

Meskipun ringan, RapidPHP editor bersifat multifungsi karena bisa digunakan untuk mengedit HTML, CSS dan JavaScript. Selain itu fitur RapidPHP juga tak kalah dengan PHP editor lain. Inilah beberapa fitur yang dimiliki:

  • Quick Interface Switching yang akan menampilkan atau menyembunyikan side panel dengan sekali klik.
  • Split Editing yang akan membantu Anda melakukan pekerjaan secara multitasking.
  • Realtime PHP syntax checker akan mengurangi kemungkinan terjadi error pada coding yang Anda lakukan.

Anda dapat menggunakan versi trial RapidPHP ini selama 30 hari. Selanjutnya, Anda bisa membeli versi Personal License seharga $49.95.

PlatformHarga
WindowsTrial 30 hari, Personal License $49.95

8. PHPEd

Salah satu PHP IDE dengan advanced code editor yang layak Anda coba adalah NuSphere PHPEd.

PHPEd

Aplikasi ini tidak hanya sekedar PHP editor tapi juga dapat membantu Anda untuk melakukan deploy dengan cepat dan aman. Pengelolaan website tentu akan jadi lebih mudah.

Selain mendukung PHP versi 7.4 dan berbagai framework seperti CakePHP dan CodeIgniter, PHPEd memiliki banyak sekali fitur unik yang akan membuat pekerjaan Anda bisa selesai lebih cepat.

  • Dynamic Syntax Highlighting. Fitur ini memungkinkan Anda bekerja dengan lebih fokus karena bisa melakukan auto switch sesuai dengan bahasa pemrograman dan kode yang sedang Anda kerjakan.
  • Worksets. Fitur ini akan membuat kerja Anda lebih efisien dengan mengambil snapshot dari IDE di satu waktu dan melakukan restore kemudian. Terutama, bagi Anda yang sering berpindah dari satu project ke project lain.
  • Parallel Debugging. Anda bisa melakukan beberapa proses debug sekaligus yang biasanya diperlukan saat mengerjakan project web services.
  • SmartSync. Dengan fitur ini Anda bisa melakukan sinkronisasi file lokal Anda dengan remote copies dengan mudah.

Jika berbagai fitur yang ditawarkan PHPEd sangat Anda butuhkan, Anda bisa membeli lisensi Personal seharga $74. Untuk memastikan, Anda bisa mencoba versi trial PHP selama 14 hari dulu.

PlatformHarga
WindowsTrial 14 hari, $74 Personal

Baca Juga: Pilih Laravel atau CodeIgniter?

9. Aptana Studio

Berbeda dengan aplikasi PHP editor lain yang berbayar, Aptana Studio adalah PHP IDE yang bersifat gratis dan open source.

Aplikasi ini sengaja dikembangkan untuk keperluan web development secara basic. Artinya, Anda tidak akan menemukan berbagai fitur seperti auto completion dan lainnya. Namun, beberapa fitur utamanya masih dapat membuat Anda tetap produktif.

Salah satunya, built-in terminal yang dimiliki. Ditambah integrasi Git yang berjalan baik. Anda tetap dapat bekerjasama dengan tim developer lain dengan mudah.

Selain itu, Aptana Studio juga sudah memiliki PHP Debugger yang terintegrasi. Jadi, Anda bisa memastikan tidak ada error yang disebabkan karena coding yang keliru sebelum melakukan eksekusi update ke server.

PlatformHarga
Multi platformGratis

10. Adobe Dreamweaver

Sepertinya sedikit berlebihan menyebut Dreamweaver hanya sebagai PHP editor. Kenyataannya, Dreamweaver adalah sebuah tool web development yang lengkap.

Adobe Dreamweaver

Dengan Adobe Dreamweaver, Anda bisa membuat dan mengelola website dengan mudah. Fungi editornya juga mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS dan PHP. Inilah beberapa fitur yang menjadi unggulan dari Adobe Dreamweaver:

  • Live View editing memberikan kemudahan dalam mengedit kode yang tengah dikerjakan.Tidak hanya itu, Anda bisa memanfaatkan auto-push untuk sekaligus melakukan pengujian ke server atas perubahan yang dilakukan.
  • Sync Setting. Sebagai aplikasi yang termasuk Adobe Creative Cloud, Anda bisa dengan mudah melakukan pengaturan sinkronisasi pada 2 komputer yang berbeda. Jadi, tak perlu repot menyamakan preferensi setting secara manual.
  • Code Highlights. Setiap bahasa pemrograman akan memiliki warna yang berbeda. Terutama, bagi pemula, fitur ini akan sangat membantu saat coding.
PlatformHarga
Multi platformGratis

11. NetBeans

NetBeans PHP IDE adalah aplikasi edit PHP yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Anda bisa menggunakan PHP IDE ini secara gratis.

PHP editor ini telah mendukung berbagai framework seperti Sympony dan Zend Framework. Tidak hanya itu, NetBeans juga mendukung PHP version terbaru sekaligus fitur yang dimiliki seperti variadic function dan lainnya.

Lalu, apa saja fitur yang dimiliki oleh NetBeans PHP editor?

  • Code Templates. Dengan fitur ini Anda bisa menyiapkan sebuah file sebagai template. Jadi, ketika mengerjakan task yang hampir sama, tidak perlu membuat dari awal.
  • Smart Code Completion. Meskipun fitur untuk melengkapi kode yang sedang dikerjakan juga dimiliki oleh aplikasi lain, setidaknya mendapatkannya dari IDE gratis tentu sebuah keuntungan.
  • Code Folding. Anda bisa lebih fokus ketika melakukan coding karena fitur ini akan membantu Anda menyembunyikan block of code yang Anda inginkan.

NetBeans PHP editor juga telah terintegrasi baik dengan fitur dari bahasa pemrograman lain seperti HTML, CSS dan JavaScript.

PlatformHarga
Multi platformGratis

12. CodeLite

Sesuai namanya, CodeLite adalah aplikasi PHP editor yang ringan. Dengan demikian, Anda bisa melakukan pekerjaan mengelola website dengan lebih cepat.  

CodeLite

CodeLite dikembangkan sebagai sebuah PHP IDE yang mampu berjalan di semua sistem operasi. Tidak hanya itu saja, IDE ini juga mampu digunakan editing berbagai platform selain PHP, seperti C++ dan JavaScript

Beberapa fitur yang dimiliki oleh CodeLite untuk bekerja dengan PHP antara lain:

  • Refactoring function. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan rename file dan symbols dengan mudah. Implementasi inherited virtual function pun bisa dilakukan dengan lebih cepat. 
  • Pekerjaan coding Anda dapat lebih akurat dengan bantuan fitur ini. Compiler Support. Jika ada error, Anda akan mendapatkan informasi berupa tooltip.
  • Integrated GDB Support

Meskipun Anda bisa menggunakan PHP editor ini dengan gratis, Anda bisa memberikan donasi pada saat akan mendownload aplikasi open source ini.  

PlatformHarga
Multi platformGratis

13. Eclipse PDT

Jika Anda merupakan pengguna platform Eclipse, Anda bisa menambahkan project tools untuk PHP bernama Eclipse PDT (PHP Development Tools) melalui Eclipse Marketplace.

Cara lain, Anda bisa mendownload Eclipse PDT dari website Eclipse.

Sebagai sebuah PHP IDE, Eclipse PDT dibekali dengan berbagai fitur seperti

  • Syntax Validation untuk membantu Anda melakukan validasi kode yang sedang dikerjakan.
  • PHP Coding Fixer Integration yang akan memudahkan Anda dalam memastikan kode yang digunakan sesuai dengan standar yang ditentukan.
  • Content Assist yang akan mempercepat pekerjaan Anda karena bisa memasukkan elemen kode pada pengetikan kode yang belum lengkap dengan mudah.

Aplikasi edit PHP ini bisa Anda gunakan secara gratis dan bersifat open source.

PlatformHarga
MultiplatformGratis

14. Cloud 9

Sesuai namanya, AWS Cloud 9 adalah sebuah IDE yang bersifat cloud-based. Artinya, Anda tidak perlu melakukan instalasi dan mengelolanya secara lokal. Semua kegiatan coding Anda bisa dilakukan secara online menggunakan sebuah browser.

Cloud9

Cloud 9 mendukung berbagai bahasa pemrograman termasuk PHP. Tak perlu khawatir terhadap kemampuannya sebagai sebuah PHP editor. Cloud 9 memiliki semua fitur yang dibutuhkan untuk membantu kegiatan coding Anda.

  • Realtime Collaboration. Anda bisa dengan mudah mengerjakan sebuah project bersama dengan tim Anda. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat perubahan yang dilakukan anggota tim lain secara real time dan melakukan chat dari dalam aplikasi secara langsung.
  • File Revision History. Tak jarang Anda ingin menggunakan kode awal sebelum Anda melakukan revisi. Hal tersebut bisa Anda lakukan berkat fitur file revision history yang tersimpan project environment Anda.
  • Built-in Image Editor. Jika pengeditan pada sebuah gambar diperlukan, Anda bisa memanfaatkan built-in editor dari Cloud 9. Jadi, tak perlu berpindah ke aplikasi lain dulu.
  • Connectivity to Any Linux Server Platform. Anda bisa menggunakan opsi SSH connectivity ketika melakukan setup dan menghubungkan dengan server cloud Anda dengan mudah.

PHP editor ini bisa digunakan secara gratis selama 12 bulan. Namun, selanjutnya Anda perlu melakukan upgrade layanan AWS secara keseluruhan. Jadi, jika tujuan Anda untuk penggunaan jangka panjang, bisa dipikirkan lagi.

PlatformHarga
BrowsersGratis untuk Free Tier 12 Bulan. Biaya upgrade sesuai penggunaan yang bisa dihitung manual pada layanan AWS.

15. Brackets

Brackets merupakan sebuah code editor yang mendukung berbagai bahasa pemrograman, termasuk PHP. Dikembangkan awal oleh Adobe, PHP editor ini bersifat free and open source.

Brackets adalah PHP Editor populer yang dikembangkan Adobe.

Meskipun gratis, Brackets memiliki fitur unggulan yang bisa diandalkan oleh web developer. Apa saja?

  • Code and Parameter Hint. Fitur ini akan membuat pekerjaan Anda lebih cepat dengan memberikan petunjuk pada kode dan parameter yang akan digunakan.
  • Linting. Brackets akan membantu Anda melakukan diagnosa terhadap kode yang Anda ketikan. Entah pada saat mengetik atau menyimpan file. Jika ditemukan error, Anda akan mendapat notifikasi di bagian bawah aplikasi.
  • Find References. Dengan fitur ini Anda dapat lebih mudah dalam menemukan file referensi yang Anda butuhkan saat melakukan coding.

Tidak hanya memiliki fitur unggulan saja, Brackets juga memiliki banyak plugin yang bisa Anda pasang. Ini tentu berkat komunitas Brackets yang besar dan aktif dari seluruh dunia. 

PlatformHarga
Multi platformGratis

Baca Juga: Situs Belajar PHP Terbaik

16. Geany

Satu lagi PHP editor lightweight masuk di daftar kami. Seperti halnya Brackets, Geany merupakan sebuah code editor yang bisa digunakan untuk berbagai bahasa pemrograman dan support banyak sistem operasi.

Geany

Geany dikembangkan sebagai sebuah aplikasi edit PHP yang mudah dikustomisasi. Bisa dikatakan ini adalah keunggulan yang ingin ditonjolkan.

Beberapa fitur utama Geany yang bermanfaat membantu pekerjaan web developer adalah code folding, syntax highlighting, snippets, code navigation. Dan, masih banyak lagi. 

Jika masih membutuhkan fungsi tambahan, Anda bisa memasang plugin yang diinginkan. Contohnya:

  • Split Window yang bermanfaat untuk membagi editor dalam dua tampilan terpisah. 
  • Save Actions yang dapat membantu Anda dengan autosave, instantsave dan backup copy.
  • Classbuilder untuk membuat source file dari class type yang baru.
PlatformHarga
Multi platformGratis

17. Atom

Atom adalah sebuah text editor yang cukup andal digunakan untuk mengedit file PHP. Aplikasi ini mendukung semua sistem operasi dan dapat Anda gunakan secara gratis. 

Atom merupakan PHP editor open source yang andal.

Salah satu hal yang membedakan Atom dengan PHP editor lain adalah built-in package manager. Anda bisa menginstal package baru untuk mendukung pekerjaan Anda. Menariknya, hal ini bisa Anda lakukan langsung dari dalam aplikasi Atom. 

Beberapa fitur yang membuat Atom layak dicoba adalah

  • Themes. Jangan takut bosan ketika sedang mengedit file PHP karena Atom datang dengan pilihan tema yang menarik.
  • Multiple panes. Fitur ini cocok bagi Anda yang senang melakukan pekerjaan multitasking. Dan, akan mempermudah Anda ketika ingin membandingkan beberapa file sekaligus. 
  • Find and replace. Fitur ini akan meningkatkan produktivitas Anda karena membantu untuk mengganti teks dengan cepat. Baik dari satu file maupun dari berbagai project. 

Dukungan komunitas yang besar menjadi kelebihan aplikasi open source ini. Jika Anda mengalami kendala saat menggunakannya, banyak orang yang bisa membantu Anda. 

PlatformHarga
Multi platformGratis

Baca Juga: Cara Membuat CRUD dengan PHP dan MySQL

18. Notepad++

Pengguna Windows tak akan asing dengan text editor satu ini. Bahkan, bisa jadi Notepad++ adalah aplikasi pertama yang mereka gunakan untuk mengelola file PHP. 

Notepad++ telah dikenal di kalangan pengguna Windows.

Apakah Notepad++ layak digunakan sebagai PHP editor utama untuk web development? Tentu saja. Pada dasarnya, Anda mengetikan kode dan menyimpannya sebagai file PHP. 

Namun, jika fungsi dasar dari aplikasi ini belum sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa memasang plugin yang diinginkan. Apa saja plugin yang bermanfaat untuk Anda?

  • Multiclipboard. Anda tak perlu lagi repot melakukan copas kode yang Anda ingin gunakan. Cukup memilih kode tersebut dari window yang akan muncul di sisi kiri Notepad++.
  • Auto Indent. Jika Anda termasuk yang kurang rapi dalam melakukan indentasi kode pemrograman, plugin ini layak Anda coba.
  • SnippetExecutor. Anda dapat meng-compile snippets dan menggunakannya dengan mudah ketika membutuhkannya saat sedang bekerja. 

Tentu untuk jenis pekerjaan yang lebih kompleks, menggunakan Notepad++ bukanlah plilhan ideal. Namun, jika Anda perlu melakukan editing sederhana file PHP, aplikasi gratis ini tentu masih dapat diandalkan. 

PlatformHarga
WindowsGratis

19. Sublime Text

Kecepatan dalam melakukan pekerjaan coding adalah faktor penting. Untuk tujuan tersebut, Sublime Text bisa menjadi PHP editor pilihan Anda. Meskipun, fitur yang dimiliki mungkin tidak selengkap PHP IDE lain seperti PHPStorm.

Sublime Text

Sublime Text adalah aplikasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan dapat digunakan di Windows, Mac dan Linux. 

Selain ringan dan memiliki pilihan tema yang menarik, Sublime Text memiliki fitur unggulan yang bisa membantu pekerjaan web development Anda.

  • GoTo Anything. Inilah fitur yang akan membantu Anda untuk membuka file dengan mudah sekaligus mengarahkan ke baris dan symbol tertentu dengan cepat.
  • Package Control. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam mencari dan menggunakan package khusus yang Anda butuhkan seperti PHP Companion, All Autocomplete, dan lainnya. 
  • Multiple Selection. Anda tak perlu melakukan perubahan satu persatu pada sebuah file. Dengan fitur ini, Anda bisa mengedit banyak variable sekaligus di beberapa baris yang berbeda. 

Meskipun Anda dapat menggunakan ini secara gratis, setiap akan menyimpan file, Anda akan menemui notifikasi. Jika ingin menghilangkannya, silakan membeli lisensi Personal seharga $80.

PlatformHarga
Multi platformGratis, Lisensi Personal $80.

20. Coda

Aplikasi code editor ini dikembangkan khusus bagi pengguna macOS. Coda merupakan sebuah aplikasi editor untuk web development dengan interface yang menarik. 

Coda

Anda bisa menggunakan Coda untuk mengelola file secara local maupun remote. Tidak hanya itu, Coda juga telah mendukung fitur terbaru macOS yaitu touchbar support. Jadi berpindah dari editor ke preview bisa dilakukan lebih cepat. 

Apa saja keunggulan lain PHP editor ini?

  • Vertical Indentation Guides. Fitur ini akan sangat membantu Anda mengetikan kode dengan penggunaan indentasi yang tepat. 
  • Panic Sync. Anda tak perlu khawatir saat akan melakukan sinkronisasi website yang Anda kelola. Sebab, semua dapat dilakukan dengan keamanan yang tinggi dengan data yang terenkripsi. 
  • Easy Customization. Bangunlah sebuah environment kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari tema yang menarik hingga pilihan berbagai plugin pendukung seperti PHP validation dan codesniffer.

Untuk menggunakan Coda, Anda perlu membelinya seharga $99.

PlatformHarga
macOS$99

Penutup

Semoga banyaknya pilihan PHP editor di atas tidak membuat Anda bingung, ya? Kuncinya, tentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jika untuk menunjang pekerjaan yang cukup kompleks, memilih sebuah PHP IDE tentu merupakan pilihan terbaik. Sebab, fitur yang ditawarkan cukup banyak. Tentunya, beberapa fitur hanya bisa digunakan ketika Anda membeli lisensinya.

Apabila digunakan untuk kebutuhan dasar, aplikasi edit PHP seperti Notepad++ sudah cukup untuk membantu pekerjaan Anda. 

Jadi, manakah PHP editor yang akan menjadi pilihan Anda?

1
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × five =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]