Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

MX Record: Pengertian, Fungsi, dan Cara Setting-nya

3 min read

Anda mungkin pernah menemukan opsi MX record ketika mengutak-atik pengaturan DNS domain Anda.

Apa itu sebenarnya MX record? Apakah fungsinya? Di artikel ini Anda akan menemukan jawabannya. Tidak hanya itu, Anda juga akan mempelajari cara membuat pengaturan MX record baru. Selamat membaca!

Apa Itu MX Record?

MX (mail exchanger) record adalah jenis DNS record yang berperan dalam pengiriman email. Informasi ini digunakan untuk menyatakan tujuan email yang dikirim ke alamat email domain Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa pengaturan DNS record ini di panel setting domain Anda sudah benar. Nanti Anda dapat mempelajari cara setting-nya di bagian lain artikel ini.

Baca Juga: Cara Setting DNS di cPanel dengan Mudah

Fungsi MX Record

Kegunaan MX record sebenarnya tidak jauh berbeda dengan alamat IP. Ketika Anda mengakses sebuah website, komputer Anda menghubungi DNS untuk mencari alamat IP yang digunakan oleh domain situs tersebut. Hasilnya, Anda dapat mengakses website itu.

Nah, katakan Anda sudah memiliki alamat email dengan domain Anda di belakangnya. Misalnya, andi@bisnisonline.com.

Ketika seseorang mengirimkan email kepada Anda, email server yang digunakan akun orang tersebut menghubungi DNS untuk mencari MX record dari alamat email Anda. Jadi, jenis DNS record ini digunakan agar alamat email domain Anda dapat menerima pesan.

Selain itu, fungsi MX record pada DNS adalah untuk menyambungkan alamat email domain Anda dengan email client yang disediakan pihak ketiga. Jika Anda menggunakan email client yang disediakan penyedia hosting (contohnya Horde dan RoundCube), kemungkinan besar Anda tidak perlu melakukan pengaturan jenis DNS record ini.

Namun, Anda perlu membuat pengaturan baru apabila ingin menggunakan email client pihak ketiga (Zoho Mail, G Suite, dan lain-lain) untuk domain Anda.

Cara Setting MX Record di cPanel

Menambahkan pengaturan MX record sangat mudah. Untuk melakukannya, Anda perlu mengakses Dashboard cPanel terlebih dahulu.

Umumnya, Anda dapat mengakses cPanel dengan mengetikkan domain Anda diikuti dengan /cpanel. Contohnya websiteku.com/cpanel.

Kemudian, masukkan username dan password yang diberikan oleh penyedia hosting ketika Anda membeli hosting dan domain.

halaman login cpanel

Selain itu, Anda juga dapat mengakses cPanel tanpa perlu log in jika penyedia hosting memilikinya. Di Niagahoster, misalnya, Anda dapat melakukan ini melalui Member Area.

tab cpanel di niagahoster

Setelah berhasil log in ke cPanel, ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

1. Cari Menu Zone Editor

Scroll ke bawah hingga Anda menemukan kategori Domains. Kemudian, klik menu Zone Editor.

menu zone editor di cpanel

Agar mudah, Anda juga dapat mengetikkan Zone Editor pada search bar yang terdapat di atas Dashboard cPanel.

2. Buat Pengaturan Baru

Setelah masuk ke menu Zone Editor, temukan domain yang ingin Anda beri pengaturan record baru. Kemudian, klik tombol + MX Record di sebelah kanan nama domain tersebut.

tombol untuk menambahkan mx record di cpanel

Pada pop-up yang muncul, masukkan priority dan destination yang diberikan email client pihak ketiga yang ingin Anda gunakan.

menambahkan mx record baru di zone editor cpanel

Priority biasanya berupa angka dan menunjukkan tingkat prioritas client email yang Anda gunakan . Apabila domain Anda memiliki lebih dari satu MX record, yang memiliki angka prioritas lebih tinggi akan diutamakan.

Destination merupakan domain server milik penyedia email client. Oleh karena itu, informasi ini berupa URL.

Kedua informasi tersebut hanya dapat Anda temukan ketika Anda sudah membuat akun di penyedia email client pihak ketiga. Di bawah ini adalah contoh priority dan destination yang diberikan oleh Zoho Mail.

contoh mx record zoho mail

Jika Anda sudah memasukkan keduanya pada kolom yang tersedia di cPanel, klik Add an MX record.

Dengan demikian, Anda telah berhasil membuat pengaturan MX record baru. Namun, proses menyambungkan email server dengan domain Anda dapat memakan waktu hingga 24 jam. Jadi, Anda perlu menunggu sebelum dapat menggunakan email client.

Baca Juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Cara Cek MX Record di cPanel

Apabila di kemudian hari Anda ingin mengubah record yang telah digunakan, Anda dapat mengeceknya di menu Zone Editor.

Kali ini, klik tombol Manage yang terdapat di sebelah kanan tombol + MX Record. Di sini Anda akan melihat daftar semua DNS record yang dimiliki domain Anda.

Temukan pengaturan yang Anda gunakan, lalu klik Edit. Jika sudah selesai, klik Save Record.

daftar dns record di zone editor cpanel

Anda juga dapat menghapus pengaturan yang telah dibuat dengan meng-klik tombol Delete. Ini perlu dilakukan apabila Anda sudah tidak menggunakan suatu email client atau berpindah ke yang lain.

Cara Setting MX Record di Member Area Niagahoster

Di Member Area Niagahoster Anda dapat membuat pengaturan MX Record tanpa harus masuk ke cPanel. Ikutilah langkah-langkah berikut untuk melakukannya.

1. Akses Halaman Kelola Domain

Di halaman Beranda, klik tab Domain. Kemudian, klik tombol Kelola Domain di sebelah kanan domain yang ingin Anda beri pengaturan baru.

halaman daftar domain member area niagahoster

2. Buat Pengaturan MX Record

Klik tab DNS Management, kemudian klik tombol Add New Record.

tab dns management member area niagahoster

Setelah pop-up muncul, ubah jenis DNS record-nya ke MX record.

menambahkan mx record baru di zone editor cpanel

Selanjutnya, Anda tinggal mengetikkan domain email client dan priority-nya. Jika sudah, klik Save Record.

Seperti di cPanel, sinkronisasi email client dengan domain Anda akan memakan waktu.

Miliki Email Domain Sendiri dengan Setting MX Record! 

MX record bertanggung jawab untuk memastikan akun email domain Anda dapat menerima email. Selain itu, jenis DNS record ini juga berfungsi untuk menyambungkan domain Anda dengan email client pihak ketiga seperti G Suite dan Zoho Mail.

Apabila Anda ingin menggunakan email client pihak ketiga, Anda dapat membuat pengaturan MX Record baru melalui cPanel. Anda juga dapat melakukannya di panel khusus milik penyedia hosting Anda jika ada.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda untuk memahami kegunaan MX record. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah.


Yuk, coba layanan VPS Murah Indonesia dari Niagahoster!


Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

2 Replies to “MX Record: Pengertian, Fungsi, dan Cara Setting-nya”

  1. Min itu gambar tutorial per tahapannya tidak bisa tertampilkan. Mohon bantuannya.

    1. Hai, kak. Terima kasih informasinya. Gambar di artikel tersebut sudah masuk antrian untuk diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *