Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Apa itu Mailing List dan Bagaimana Cara Membuatnya Tanpa Ribet?

3 min read

Cara Membuat Mailing List

Mau membagikan informasi promo ke banyak orang dengan lebih cepat? Mailing list bisa jadi salah satu cara yang efektif. Apalagi kalau Anda mampu memilih jenis yang tepat sesuai audiens bisnis Anda. 

Sebenarnya, apa itu mailing list dan bagaimana cara membuatnya? Di artikel ini, kami akan menjelaskannya secara lengkap. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Mailing List?

Mailing list adalah sebuah layanan untuk dapat mengirim email ke banyak orang dalam sebuah kelompok yang sudah ditentukan. Layanan ini juga biasa disebut milis.

Sebelumnya, mungkin Anda mengenal mailing list ketika bergabung dalam kelompok belajar atau grup yang memiliki hobi sama. Misalnya saat menggunakan layanan Yahoo, Google atau lainnya. 

Nah, mailing list ternyata juga bisa digunakan untuk tujuan bisnis, terutama dalam upaya promosi produk menggunakan layanan hosting website Anda. 

Kelebihan mailing list bukan hanya karena informasi bisa lebih mudah disebarkan, tapi upaya promosi juga akan lebih tepat menjangkau audiens yang relevan. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Katakanlah, Anda sudah mendapatkan daftar email calon pelanggan melalui formulir yang ada di website Anda. 

formulir mailing list Niagahoster

Kemudian, Anda mengelompokkan mereka sesuai dengan kategori promo tertentu. Nah, ketika Anda menjawab pertanyaan audiens tentang sebuah promo, informasi itu akan diterima oleh semua anggota di dalamnya.

Ini tentu cara yang efektif karena Anda tak perlu menyebarkan informasinya satu per satu. 

Namun, apakah anggota tidak terganggu dengan cara ini? Tentu tidak. Sebab, hal ini tentu sesuai kemauan audiens ketika mendaftar ke layanan email Anda. Pun demikian, Anda perlu menentukan jenis mailing list yang tepat agar lebih efektif.

3 Jenis Mailing List yang Bisa Digunakan

Sebelum membuatnya, mari pelajari jenis mailing list di bawah ini: 

1. Announcement Type List

Jenis mailing list ini menggunakan komunikasi satu arah. Ini berarti pelanggan yang masuk sebagai anggota tidak bisa membalas email Anda.

Biasanya announcement type list digunakan untuk mengumumkan peluncuran produk baru, diskon produk atau newsletter sebagai alat kampanye merek bisnis. 

2. Response List

Mailing list jenis ini sudah memberikan komunikasi dua arah. Namun, response yang diperbolehkan sudah Anda tentukan sebelumnya. Jenis ini bisa digunakan saat Anda meluncurkan sebuah produk baru dan ingin mengetahui minat audiens. Mereka bisa menjawab penawaran yang dilakukan dengan opsi “ya” atau “tidak” sebagai bahan survei produk Anda. 

3. Discussion Type List

Berbeda dengan jenis sebelumnya, proses komunikasi dalam discussion type list berjalan dua arah secara penuh. Artinya pelanggan dapat membalas email Anda layaknya komunikasi normal. Contoh mailing list ini banyak digunakan untuk promosi produk sekaligus melakukan transaksi penjualan. 

Cara Membuat Mailing List

Nah, sekarang saatnya Anda mempelajari cara membuat mailing list di cPanel. Tentunya, Anda harus sudah menggunakan layanan hosting dan sudah membuat email bisnis sebelumnya. 

Apa langkah selanjutnya?

1. Masuk ke cPanel

Jika sudah membuat email, silakan akses cPanel hosting Anda. Caranya dengan mengakses URL http://namadomain.com:2082 atau http://[namadomain.com]/cpanel/

Selanjutnya, login menggunakan username dan password cPanel Anda.

laman login cPanel

Cara lainnya, Anda bisa mengakses cPanel lewat Member Area, pilih menu Layanan Anda > Hosting > Kelola hosting

Pada halaman Pengaturan Hosting, klik All Features untuk masuk ke cPanel.

2. Klik Opsi Mailing List

Setelah berhasil masuk ke cPanel, scroll ke bawah dan cari menu Mailing List pada kategori Email.

3. Isi Data Form Mailing List

Pada halaman Mailing List, silakan masukkan nama yang akan digunakan untuk list tersebut. Kemudian masukkan password

Setelah itu, jangan lupa atur privacy melalui Access Type:

  1. Private: Anda harus menyetujui pelanggan yang mendaftar. 
  2. Public: Pelanggan yang mendaftar akan otomatis masuk dalam list Anda. 

Jika Anda sudah mengisi form dan mengatur privacy, silakan klik Add.

Tunggu beberapa saat, mailing list Anda sudah siap digunakan

4. Tambahkan Email Pelanggan ke Mailing List

Sebelum dapat membagikan informasi lewat mailing list, Anda perlu memasukkan data email pelanggan Anda. Bagaimana caranya?

Kembali ke menu Mailing List di cPanel, scroll ke bawah untuk menemukan opsi Current List. Kemudian klik Manage.

Setelah itu, klik Membership Management.

membership management mailing list

Jika sudah, klik menu Mass Subscription.

mass subscription mailing list

Anda bisa memasukkan email pelanggan secara manual pada kolom yang disediakan. Atau, bisa juga mengimport dari file di komputer. Caranya, klik Choose File, lalu pilih data email pelanggan yang bisa berupa file excel atau file dari pihak ketiga seperti Opt In form

alamat email member mailing list

Jangan lupa untuk mengisi teks yang ingin dikirimkan ke pelanggan, lalu klik Submit Your Changes.

pesan untuk member mailing list

Jika langkah di atas sudah berhasil, inilah tampilan dari Membership List Anda. Pelanggan Anda akan melakukan konfirmasi berlangganan ke mailing list Anda. 

daftar email member mailing list

Selamat! Cara membuat mailing list sudah selesai. Sekarang Anda sudah bisa memanfaatkannya untuk tujuan penyebaran informasi promo atau pengenalan produk sekaligus membangun engagement dengan audiens.

Pada contoh ini, ketika email dikirimkan ke pelangganbaru@websitepercobaan.com, maka semua pelanggan yang ada di membership list akan menerima email tersebut. Selain lebih mudah, akan lebih tepat sasaran bukan?

Kenapa Membuat Mailing List Itu Penting?

Anda telah belajar apa itu mailing list dan mempelajari langkah membuatnya. Namun, apa saja sih sebenarnya manfaat dari mailing list?

1. Membagikan Informasi dengan Cepat

Mailing list bisa membantu Anda untuk membagikan informasi dengan cepat dan praktis. Dalam sekali kirim, informasi dapat diterima oleh semua anggota.

Nah, kalau digunakan untuk promosi produk baru, tentu akan lebih efektif untuk meningkatkan penjualan. Apalagi sebagai bagian dari strategi email marketing, cara ini bisa 40% lebih optimal dibanding menggunakan media sosial.

2. Promosi Tepat Sasaran

Ketika membuat sebuah mailing list, Anda tentu akan mengelompokkan audiens sesuai kategori tertentu. Bisa terkait promo atau produk. 

Nah, ketika berbagi informasi di mailing list, informasi yang diberikan akan lebih tepat sasaran. Sebab, audiens yang dituju memang memiliki ketertarikan pada informasi promo yang Anda sampaikan. 

3. Hemat Biaya Promosi

Dengan mailing list, upaya promosi yang Anda lakukan bukan hanya lebih cepat dan mudah tapi juga lebih murah. Kenapa demikian? Sebab, Anda cukup memanfaatkan komunikasi via email yang praktis menggunakan layanan hosting yang Anda gunakan. 

Bandingkan dengan upaya promosi khusus menggunakan iklan yang tentu lebih membutuhkan biaya besar. Apalagi, belum tentu materi promosi dibaca oleh pelanggan yang tepat.

Yuk, Manfaatkan Mailing List untuk Promosi Bisnis!

Sekarang, Anda sudah memahami apa itu mailing list, bukan? Mailing list adalah layanan yang memungkinkan Anda mengirimkan email ke banyak penerima dalam sebuah kelompok.

Layanan ini cukup efektif untuk bisnis dan Anda bisa menggunakan mailing list untuk berbagai tujuan, terutama untuk promosi produk.

Cara membuatnya cukup mudah, kami sudah menjelaskannya di atas. Mulai dari mengisi form untuk membuat list, menambahkan email pelanggan hingga mengirimkan email di dalam mailing list.  

Nah, dengan banyaknya manfaat mailing list sebagai strategi marketing, Anda siap membuatnya sekarang? Selamat mencoba ya!

Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.