Tutorial

Cara Install MySQL CentOS 7 [Panduan Terbaru]

MySQL merupakan database server yang dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi. Sayangnya, tidak semua sistem operasi memilih MySQL sebagai sistem database defaultnya. Salah satunya, CentOS 7. Lalu, bagaimana kalau Anda ingin install MySQL CentOS 7?

Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Kali ini kami akan membahas cara install MySQL di CentOS 7 dengan mudah. Mari simak penjelasannya.  

Cara Install MySQL di Centos 7

Sebelum mengikuti panduan Cara Install MySQL Centos 7, Anda harus menyiapkan VPS atau dedicated server dengan CentOS 7 sebagai sistem operasi. Pahami juga cara menggunakan SSH untuk membuat koneksi dengan server. 

Baca Juga : Panduan Menggunakan VPS

Jika semua persiapan telah selesai, Anda dapat langsung memulai proses instalasi. Ada 4 langkah mudah untuk install mysql centos 7, yaitu :

  1. Download dan Install MySQL
  2. Menjalankan MySQL
  3. Konfigurasi MySQL
  4. Melakukan Testing MySQL

Tidak usah berlama-lama lagi, yuk langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini!

1. Download dan Install MySQL

Sebagai langkah awal, Anda bisa memperbarui sistem terlebih dahulu dengan menjalankan perintah berikut ini pada terminal SSH Anda :

sudo yum update

Pada centOS 7, jika Anda menjalankan perintah yum install mysql, yang akan terinstall adalah MariaDB sebagai database default yang digunakan, bukan MySQL. 

Oleh karena itu, untuk menginstall MySQL, Anda perlu mengunjungi website MySQL Yum Repository yang menyediakan packages untuk MySQL.  

Untuk mendownload file, Anda bisa langsung klik download dan mendapatkan file mysql-versi.rpm. Atau, ketik command di bawah ini pada terminal SSH Anda. 

wget https://dev.mysql.com/get/mysql80-community-release-el7-3.noarch.rpm

Nah, karena versi MySQL yang terbaru bisa saja berbeda, Anda bisa mengganti angka pada command sesuai dengan versi MySQL yang tertera pada website. 

Setelah proses pengunduhan selesai, akan muncul pesan bahwa file .rpm berhasil disimpan.

Jika file .rpm sudah berhasil disimpan, verifikasi integritas hasil download dengan menjalankan perintah md5sum :

md5sum mysql80-community-release-el7-3.noarch.rpm

Nantinya, output yang akan muncul adalah : 

Bandingkan dengan nilai MD5 yang tertera pada halaman download apakah sudah sama untuk memastikan bahwa file yang di download tidak rusak ataupun berubah:

Untuk menginstall package, dibutuhkan repositori baru untuk menginstall MySQL server. Silahkan jalankan perintah di bawah ini :

sudo rpm -Uvh mysql80-community-release-el7-3.noarch.rpm

RPM secara otomatis akan melakukan uninstall package versi yang lama sebelum menginstall versi yang baru. Namun jika versi lama tidak ditemukan, RPM akan langsung menyiapkan repositori instalasi untuk versi yang baru.

Jika update dan proses instalasi sudah selesai, sekarang Anda dapat install mysql centos 7 dengan menjalankan perintah :

sudo yum install mysql-server

Script akan meminta konfirmasi untuk install package, ketik y lalu tekan Enter untuk melanjutkan semua proses. Anda harus mengkonfirmasi pesan beberapa kali sampai muncul pesan Complete!

Pesan keberhasilan di atas menandakan bahwa proses instalasi telah selesai. Proses instalasi akan membuat password sementara untuk user root MySQL. Untuk mengeceknya gunakan perintah :

sudo grep 'password' /var/log/mysqld.log

Nantinya, inilah output yang dimunculkan : 

Pindahkan/catat password di catatan Anda, karena password ini akan digunakan pada langkah untuk mengkonfigurasi MySQL. 

2. Menjalankan MySQL

Walaupun instalasi sudah berhasil, tetapi MySQL tidak bisa langsung berjalan secara otomatis. MySQL harus diaktifkan secara manual dengan perintah :

sudo systemctl start mysqld

Namun, systemctl tidak akan menampilkan outcome apapun. Jadi, untuk mengecek apakah MySQL sudah aktif atau belum, Anda harus melakukan pengecekan terhadap statusnya dengan menjalankan :

sudo systemctl status mysqld

Jika MySQL sudah berhasil dijalankan, maka akan muncul tampilan bahwa MySQL active (running) seperti gambar dibawah ini :

3. Konfigurasi MySQL

MySQL menyertakan script keamanan untuk mengubah beberapa opsi default yang dirasa kurang aman. Untuk meningkatkan keamanan, Anda diharuskan untuk mengubah password sementara yang dibuat ketika proses instalasi berlangsung. 

Untuk mengubah password, Anda dapat menggunakan perintah :

sudo mysql_secure_installation

Masukkan kata sandi default yang sudah Anda catat pada langkah sebelumnya, lalu tekan Enter. Kemudian, masukkan password baru Anda. 

Password harus terdiri dari 12 karakter yang setidaknya mengandung huruf besar, huruf kecil, angka dan juga karakter spesial. Jika password baru sudah dibuat, sistem akan menampilkan seberapa kuat password Anda.

Jika password Anda belum terlalu kuat atau Anda ingin mengubahnya lagi, Anda dapat mengetik y, lalu tekan Enter

Namun, jika Anda ingin langsung melanjutkan ke langkah selanjutnya, Anda dapat mengetik N, lalu Enter. Setelah itu, Anda dapat mengetik y pada semua pertanyaan yang muncul.

All done! Sekarang sudah aman nih, waktunya melakukan testing pada MySQL yang telah diinstall.

4. Melakukan Testing MySQL

Untuk memastikan apakah MySQL sudah berjalan dengan baik, Anda dapat melakukan testing dengan menjalankan perintah : 

mysqladmin -u root -p version

Masukkan password root yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika outputnya sudah seperti gambar di bawah ini, artinya MySQL sudah berjalan dengan baik pada CentOS 7 Anda.

Kesimpulan

Bagaimana Anda sudah berhasil kan untuk install MySQL di CentOS 7? Jika Anda mengikuti setiap langkah dengan teliti dan menuliskan perintah dengan benar, MySQL tentu berhasil terinstall dengan baik pada centOS 7 Anda.

Yang perlu diingat, ketika proses instalasi MySQL berhasil dilakukan, jangan lewati langkah untuk menjalankan MySQL secara manual. Selain itu, lakukan konfigurasi untuk meningkatkan keamanan. Selanjutnya, lakukan juga testing untuk memastikan MySQL sudah berjalan atau belum.

Ingin langsung mencoba install mysql centos 7? Eitts.. jangan lupa siapkan dulu VPS dengan layanan hosting terbaik di Indonesia ya!

Nida Regita F

SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Share
Published by
Nida Regita F

Recent Posts

Bagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 8 Langkah Mudah Ini

Cara membuat blog tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham coding saja. Dengan bantuan platform CMS, cara membuat blog pribadi menjadi…

20 hours ago

Panduan Install Nginx SSL di Ubuntu 20.04

Anda ingin menginstall SSL pada VPS dengan web server Nginx? Inilah artikel yang tepat untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara…

2 days ago

15+ Contoh Program Python Sederhana yang Bisa Anda Coba

Salah satu cara paling cepat untuk belajar Python adalah mencoba membuat program Python sendiri. Langkah ini bisa melatih kemampuan logika…

2 days ago

Cara Membuat Linktree Gratis dengan Mudah [Terbaru]

Pernah melihat URL Linktree tersemat di bio beberapa akun Instagram atau toko online? Lalu, Anda ingin tahu cara membuat LinkTree…

4 days ago

Anda Pengguna WP Fastest Cache? Segera Update Agar Aman!

Gawat nih, tim security research dari Jetpack menemukan dua celah keamanan di plugin WP Fastest Cache. Hal itu bisa membuat…

4 days ago

Mengenal File Default .htaccess di CodeIgniter dan Cara Membuatnya

Pada website CodeIgniter, setiap file punya fungsi manfaatnya masing-masing, termasuk file default .htaccess. Bahkan, file tanpa ekstensi ini sangat vital…

5 days ago