Categories: VPS

Cara Install Anaconda di VPS Ubuntu

Tersedia banyak platform data science yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Anaconda. Platform ini cukup populer di kalangan data scientist karena open source dan gratis. Anaconda juga memiliki berbagai tools untuk data science dan machine learning yang bisa diinstall dengan satu kali instalasi.

Selain itu, Anaconda termasuk platform data science yang mudah dipelajari, terutama untuk pemula. Nah, jika Anda ingin memasang Anaconda, kami akan menjelaskan panduannya di artikel ini. Di panduan ini kami akan menginstall Anaconda di Ubuntu.

Cara Install Anaconda pada Ubuntu

Di panduan ini kami akan menginstall Anaconda versi 2019.10. Mungkin saat Anda membaca panduan ini, Anaconda telah merilis versi barunya. Anda bisa mengecek versi terbaru Anaconda di sini. Walaupun begitu, prosedur instalasinya tetap sama.

Langkah 1-Login VPS

Login VPS digunakan untuk proses masuk server, Anda bisa mendapatkan detail Login di panel ataupun email saat Anda membeli VPS.

Apabila menggunakan Windows, Anda akan membutuhkan aplikasi seperti PuTTY. Masukan IP pada kotak Host Name (or IP address) lalu klik Open.

Kemudian akan muncul halaman untuk masukkan user login as, lalu masukkan password yang telah diberikan melalui email saat pembelian VPS.

Sedangkan untuk Linux dan Mac, Anda dapat menggunakan terminal yang sudah menjadi aplikasi bawaan pada sistem operasinya. Masukkan perintah di bawah ini untuk login server.

$ ssh root@server_IP_Anda

Setelah proses login selesai, Anda akan menerima peringatan tentang keaslian host.

Setelah klik YES kemudian Anda akan diminta untuk  masukkan user login as dan kata sandi.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda masuk ke server dengan kata sandi, Anda bisa cek kata sandi pada email yang Anda gunakan untuk pembelian VPS. Di email tersebut, Anda akan memperoleh informasi lengkap untuk login SSH.

Langkah 2-Masuk Direktori tmp

Sebelum melakukan instalasi Anaconda, Anda harus masuk ke dalam direktori tmp menggunakan perintah berikut:

# cd /tmp

Langkah 3-Download Anaconda

Selanjutnya adalah proses untuk download Anaconda. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dalam proses download ini. Sebab koneksi internet yang buruk akan mengganggu proses download dan bisa menyebabkan file tersebut error.

Masukkan perintah berikut untuk memulai proses download Anaconda:

# curl -O https://repo.anaconda.com/archive/Anaconda3-2019.10-Linux-x86_64.sh

Gambar di atas menjelaskan bahwa file yang diunduh memiliki size total 505Mb. Tunggu proses download sampai selesai.

Langkah 4-Verifikasi Data Integritas

Setelah proses unduhannya selesai, Anda harus memverifikasi integritas data dari package tersebut. Untuk melakukannya, masukan perintah berikut:

# sha256sum Anaconda3-2019.10-Linux-x86_64.sh

Langkah 5-Jalankan Script Anaconda

Selanjutnya, jalankan script berikut untuk meninjau perjanjian lisensi dengan menekan ENTER.

# bash Anaconda3-2019.03-Linux-x86_64.sh

Output dari perintah di atas adalah sebagai berikut.

Output

Welcome to Anaconda3 2019.10

In order to continue the installation process, please review the license
agreement.
Please, press ENTER to continue
>>>
...
Do you approve the license terms? [yes|no]

Setelah memahami lisensi Anaconda, Anda hanya perlu mengetikkan YES dan tekan ENTER untuk melanjutkan.

Langkah 6-Menyelesaikan Proses Instalasi

Setelah  menyetujui lisensi, Anda akan diminta untuk memilih lokasi instalasi Anaconda. Anda dapat langsung menekan ENTER untuk menginstall Anaconda di lokasi default. Jika ingin mengganti lokasi instalasi, Anda bisa langsung menuliskannya lalu tekan ENTER.

Untuk mempermudah proses instalasi sebaiknya pilih lokasi default  agar tidak terjadi error saat menjalankan aplikasi Anaconda.

Langkah 7-Instalasi Selesai

Setelah instalasi Anaconda selesai, Anda perlu menambahkan lokasi Anaconda Python yang terinstall ke Path Ubuntu. Ketik YES dan tekan tombol ENTER.

Langkah 8-Aktifkan Instalasi

Anda bisa mengaktifkan instalasi Anaconda menggunakan perintah berikut:

# source ~/.bashrc

Langkah 9-Cek Info Anaconda Python

Setelah mengaktifkan instalasi Anaconda, Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu. Anda bisa melakukan cek info lokasi instalasi Anaconda dan versi aplikasi Anaconda menggunakan perintah berikut.

# conda info

Langkah 10-  Update Anaconda

Untuk memperbarui versi Anaconda, Anda hanya perlu memasukan perintah berikut

# conda update anaconda

Saat proses update berjalan Anda akan diminta untuk mengonfirmasi proses pembaruan dengan cara menekan tombol y lalu ENTER untuk melanjutkan.

Kesimpulan

Selesai, Anda telah berhasil menginstall Anaconda di Ubuntu. Jika Anda masih belum familiar dengan bahasa pemrograman Phyton, tak perlu khawatir. Anda bisa mempelajarinya di artikel dasar bahasa pemrograman phyton.

Demikian tutorial cara Install Anaconda pada Ubuntu. Jika masih ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar. Jangan lupa juga subscribe untuk mendapatkan informasi VPS dan WordPress dari kami.

David Kurniawan

A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Share
Published by
David Kurniawan

Recent Posts

Apa Itu Experiential Marketing? Kenapa Penting Bagi Bisnis di 2020?

Sebelum scroll ke bawah, coba Anda jawab pertanyaan ini terlebih dahulu. Menurut Anda, apa yang membuat orang rela mengeluarkan uang…

15 hours ago

Panduan Lengkap Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy di VPS!

Peran sebuah reverse proxy cukup penting dalam aktivitas internet. Proxy server ini menghubungkan client dengan web server dalam kegiatan pertukaran…

19 hours ago

7 Tips PHP Security yang Wajib Anda Simak!

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman backend yang sangat populer di kalangan developer. Karena PHP merupakan bahasa pemrograman yang open…

2 days ago

Apa itu Deface Website? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kejahatan online bisa menimpa sebuah website tanpa diduga. Salah satunya, website mendadak berubah tampilannya. Jika itu terjadi pada website Anda,…

2 days ago

Cara Downgrade WordPress ke Versi Sebelumnya dengan Mudah

Apakah saat ini website Anda sedang bermasalah setelah mengupgrade versi WordPress? Jangan cemas. Hal ini memang sudah cukup lumrah terjadi…

3 days ago

11+ Trend Web Design yang Menarik dan Hits di 2020

Kesan pengunjung terhadap website, 94% terkait desain. Oleh karena itu, penting untuk membuat desain yang baik. Untuk memastikan website mampu…

3 days ago