Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

7+ Rekomendasi HTML5 Template Terbaik untuk Website Anda

7 min read

Template HTML5 Terbaik

Menggunakan template memang selalu menjadi solusi mudah untuk membuat tampilan website lebih menarik, apapun jenis websitenya. Jadi, tak perlu repot membuat struktur desain dan coding dari nol.

Apakah Anda sedang mencari HTML5 template berkualitas? Yup, Anda sudah mampir ke artikel yang tepat. Kami akan membagikan rekomendasi template HTML5 terbaik untuk Anda. 

Tanpa banyak basa-basi, yuk, simak langsung beberapa rekomendasinya berikut ini.

Daftar HTML5 Template Terbaik

Berikut adalah beberapa rekomendasi template HTML5 gratis yang bisa Anda pakai:

1. Boxus

Boxus merupakan HTML5 template yang menghadirkan tampilan yang fresh, inovatif dan responsif. Struktur desain yang profesional, membuatnya begitu ideal untuk website bisnis periklanan, agensi kreatif, studio desain, atau website portfolio.

Template HTML5 ini menawarkan 10 landing page yang siap pakai seperti Home, About, News, Video, Contacts, Portfolio, hingga Services. Masing-masing halamannya pun dibuat begitu eye catching berkat penggunaan warna yang cerah dan tipografi yang proporsional.

Selain itu, Boxus juga memiliki fitur berupa On-hover Animation yang menjadikan elemen dalam website Anda menjadi tampak lebih hidup ketika disorot mouse. Ada juga fitur Sticky Menu yang memudahkan navigasi selama pengunjung menjelajah website Anda. 

Jika Anda memiliki kemampuan HTML, CSS dan jQuery yang cukup, Anda bisa melakukan kustomisasi Boxus dengan mudah. Apalagi, Boxus telah menyediakan dokumentasi dan panduan lengkap untuk menggunakan setiap fitur dan masing-masing komponen. Mulai dari cara penggunaan kelas CSS hingga cara mengkonfigurasikan fitur sliders.

Harga: Gratis

2. AweSplash

Berniat mengenalkan produk atau event yang akan berlangsung? AweSplash bisa menjadi salah satu HTML5 template yang bisa Anda coba. 

Template HTML5 ini menyediakan empat model template yang atraktif, yaitu: Single Image, Slider Image, Video Background dan Colored Background

Jika memilih Single Image, Anda bisa memasang satu gambar full width sebagai background. Ditambah dengan runnix text pada headline yang tampak aesthetic, informasi event di website Anda pasti kian menarik.  

Kalau Anda tidak puas dengan menggunakan satu gambar saja, Anda bisa pakai model Slider Image untuk menampilkan beberapa gambar produk sekaligus. Bahkan, Anda pun bisa menggantinya dengan video sebagai background agar tampilan landing page terlihat lebih hidup.

Selain tampilan menawan, AweSplash juga dilengkapi fitur unggulan. Salah satunya, Ghost Button, yaitu tombol besar yang akan mengarahkan pengunjung ke landing page Anda. Tidak hanya itu, tema ini juga mendukung berbagai macam browser (cross browser support).

Harga: Gratis

3. Beverage

HTML5 template rekomendasi kami berikutnya adalah Beverage, yang didesain untuk website bisnis restoran, cafe, bakery, atau hotel. 

Template ini bersifat responsif sehingga akan terlihat menarik berbagai perangkat dengan segala macam ukuran layar. Sebab, template ini dibangun dengan Bootstrap, HTML5, CSS3, dan JQuery. 

Ingin membuat website Anda terlihat berkelas? Beverage bisa menjadi pilihan berkat desain unik dan profesional yang dimilikinya. Anda bisa menampilkan foto produk makanan / minuman terbaik Anda dalam ukuran full width. Ditambah dengan adanya fitur Zoom Slider yang membuatnya terlihat semakin cantik.  

Gunakan pula space yang disediakan di bagian tengah template ini untuk membagikan sedikit cerita mengenai bisnis Anda secara singkat. 

Selain itu, Beverage juga menyediakan fitur Menu Items agar pengunjung bisa mengetahui detail menu makanan/minuman yang disajikan. 

Di bagian bawah halaman, Anda bisa menampilkan beragam informasi  tentang bisnis dengan rapi. Mulai alamat, nomor telepon, atau kanal media sosial yang digunakan. Anda juga bisa  menampilkan review dari setiap pelanggan melalui fitur Testimonial Carousel Slider.

Harga:

  • Gratis
  • Versi Pro, biaya $10 dengan fitur lebih lengkap.

4. TravelAir

Ingin membuat tampilan website penjualan tiket Anda semakin menarik? Yup, Anda bisa gunakan template HTML5 Travel Air.

Dikembangkan dengan Bootstrap 4, template ini siap memberikan pengalaman terbaik untuk para pelanggan Anda menggunakan perangkat apapun. Travel Air juga cocok untuk website yang memberikan rekomendasi terkait tiket murah, traveling packages, info destinasi terpopuler, dan akses booking yang cepat.

Ada banyak kemudahan ketika Anda menggunakan HTML5 ini. Mulai dari membuat  Homepage yang dilengkapi fitur formulir booking, hingga Tour Package Design List yang menampilkan  informasi detail mengenai setiap destinasi paket perjalanan. Anda bisa dengan mudah membuat harga per paket wisata termasuk akomodasi dan transportasi.

Selain itu, Travel Air juga memiliki Tour Reservation Form yang akan memudahkan pelanggan melakukan proses booking. Tidak hanya itu, ada Customer Review Page sebagai halaman review dan rating selama pelanggan menggunakanan layanan Anda. 

Ingin membuat website semakin menarik? Manfaatkan halaman Gallery sebagai tempat khusus untuk Anda memamerkan foto-foto trip terbaik.

Oh iya, Travel Air juga sudah menyediakan demo tutorial agar Anda bisa melakukan kustomisasi dengan mudah.

Harga

  • Gratis
  • Versi Premium, biaya $19 dengan kebebasan melakukan kustomisasi.

5. Jessica

Buat Anda yang berprofesi sebagai ahli nutrisi, personal trainer atau memiliki bisnis katering makanan sehat, Jessica bisa menjadi HTML5 template untuk website Anda.

Dari namanya saja, pasti sudah membuat Anda bisa membayangkan tampilannya yang cantik dan berkelas. Dan nyatanya, memanglah demikian. 

Template HTML5 ini menggunakan desain yang clean dan minimalis. Ketika menggunakannya,  website Anda akan terlihat elegan.  

Jessica merupakan template yang hadir dengan template halaman lengkap. Contohnya: My Service, Blog, About Me, dan Contact Us. Satu yang terlihat menonjol, semua desainnya minimalis dan menonjolkan foto yang besar. Anda tidak akan menemukan banyak elemen seperti beberapa template sebelumnya. 

Kelebihan Jessica bukan hanya pada tampilan. HTML5 template ini juga memenuhi standar W3C. Artinya, codingnya rapi sehingga performa website akan optimal. 

Harga:

  • Gratis
  • Versi Pro dengan berbagai kustomisasi, biaya upgrade $19.

6. Vex 

HTML5 template recommended berikutnya adalah Vex yang juga mengusung desain minimalis. Setiap pengunjung Anda akan dibuat fokus pada koleksi gambar yang Anda tampilkan. Ini penting jika website Anda ingin menonjolkan produk unggulan. 

Berkat adanya fitur moving object, produk tersebut bahkan akan menjadi lebih hidup dan megah. Selain itu, Anda tak perlu khawatir dengan tampilannya pada perangkat mobile. Sebab, Vex adalah HTML5 yang mobile-friendly. 

Tak hanya dari sisi tampilan, Vex juga memiliki berbagai fitur yang menjadikan website Anda lebih fungsional. Contohnya, fitur Preloader yang akan membuat loading halaman lebih menarik. Selain itu, ada juga fitur Parallax Effect yang membuat proses transisi antar halaman lebih atraktif. 

Harga: Gratis

7. Bell

Berikutnya adalah Bell, HTML5 template yang mengusung desain modern dan profesional.

Template ini cocok digunakan untuk website bisnis agensi, bisnis keuangan, toko online gadget, toko online alat kesehatan, dan lainnya.  

Bell dilengkapi dengan fitur Sticky Navigation Bar yang akan lebih memudahkan pengunjung untuk menjelajahi setiap halaman di website Anda. Bahkan, di Navigation Bar juga terdapat berbagai ikon yang sudah terhubung ke berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Tak ketinggalan, Bell juga telah menyiapkan beberapa landing page siap pakai. Mulai dari halaman Portofolio, About Us, Team, Feature, hingga Contact Us. 

Harga: 

  • Gratis

8. Stuff

Stuff merupakan template HTML5 yang juga dibuat dengan framework Bootstrap. Artinya, konten Anda bisa muncul sempurna di berbagai browser dan perangkat. Template ini bisa digunakan untuk blog, website majalah atau portal berita. 

Di halaman depan, Stuff menyediakan fitur berupa Slider Header besar. Fitur ini penting untuk menampilkan berbagai informasi promosi yang sedang berjalan atau koleksi produk terbaru. 

Dari tampilannya, penggunaan kombinasi warna meriah dan white space yang cukup luas, membuat struktur layout website Anda akan tampak minimalis dan semakin rapi.

Ingin membuat pengunjung bisa mendapatkan informasi dengan mudah? Tenang, fitur Navigation bar yang tersedia bisa membantu mereka berpindah halaman dengan cepat. 

Selain itu, di setiap postingan, Anda tidak cuma bisa menampilkan gambar saja untuk merepresentasikan konten / tulisan, tapi juga video. 

Keunggulan lain dari HTML5 template ini ialah kemampuannya menampilkan koleksi foto yang terintegrasi dengan feed Instagram. Selain itu, ada fitur Google Maps yang memudahkan integrasi alamat bisnis Anda dengan platform Google tersebut. Yang tak kalah menarik, Anda bisa menambah widget secara custom di bagian footer bar.

Harga: Gratis

9. Luxury Hotel

Template HTML5 selanjutnya adalah Luxury Hotel yang merupakan template khusus website bisnis perhotelan. Salah satu kelebihan dari HTML5 template ini adalah dibuat dengan Bootstrap 4 untuk memastikan website Anda mobile responsive.

Bagaimana dari sisi tampilannya? 

Website hotel Anda akan mampu tampil stand out berkat Hero Header yang disediakan. Pilihlah gambar full width dari hotel Anda atau interaksi dengan tamu yang berkunjung. Untuk membuat halaman depan website semakin menarik, manfaatkan fitur Hold Video. Anda bisa menyisipkan cuplikan video singkat tentang fasilitas yang ada di hotel Anda.

User experience juga tak kalah penting. Itulah alasan Luxury Hotel menyediakan menu dropdown yang intuitif agar memudahkan pengunjung berpindah antar halaman. 

Luxury Hotel  didesain dengan tampilan yang bersih dan menarik. Ditambah lagi dengan fitur Parallax yang menghasilkan efek smooth scroll. Jadi, pengalaman menjelajahi halaman website hotel Anda akan jauh lebih berkesan.

Fitur Luxury Hotel juga lengkap. Integrasi otomatis dengan Google Maps di bagian footer, memudahkan pengunjung untuk menemukan lokasi Anda. Tak ketinggalan, adanya integrasi media sosial seperti Twitter, Instagram atau Facebook di website Anda. 

Harga: Gratis

10. Nevada Plus

Nevada Plus adalah salah satu template HTML5 yang cukup populer dengan jumlah pengguna hingga 15 ribu orang.

HTML5 template ini memiliki konsep multi purposes, alias bisa Anda gunakan untuk website jenis apapun. Tampilan user interface-nya sangat bersih dengan kombinasi warna yang hangat untuk memastikan setiap elemennya dapat terlihat jelas oleh pengguna.

Seperti template lainnya, Nevada Plus juga  telah menyediakan berbagai landing page seperti About Us, Portfolio, Service, Blog dan Testimonial. Anda cukup mengisinya dengan berbagai konten menarik.

Secara umum, Nevada Plus memberikan banyak ruang agar Anda bisa menampilkan foto kualitas terbaik. 

Selain dari sisi tampilan, apa kelebihan yang ditawarkan HTML5 template ini? Pertama, desain yang mobile responsive karena dibangun dengan Bootstrap. Kedua, Nevada Plus juga bersifat SEO friendly. Sebab, template ini mempunya susunan coding yang rapi dan terstruktur sehingga disukai oleh mesin pencari. Ketiga, integrasi dengan media sosial untuk membangun engagement audiens di website Anda. 

Baca Juga: 9+ Website Layout Terbaik untuk Meningkatkan Konversi dan User Experience

Keunggulan Menggunakan Template HTML5

Menggunakan sebuah template memiliki kelebihan dibandingkan dengan coding manual, terutama bagi pemula dari sisi kemudahan. Lalu, apa manfaat lain menggunakan template HTML5?

1. Hemat Biaya

Salah satu keuntungan menggunakan template adalah Anda bisa membangun website menarik dengan biaya yang lebih hemat. Sebab, saat ini sudah banyak tersedia template gratis yang bisa Anda dapatkan dengan kualitas unggul. 

Meskipun ada juga yang berbayar, rata-rata template yang dijual tidak lebih dari $100. Dengan harga tersebut, Anda bisa bahkan bisa mendapatkan banyak model template. Artinya, secara umum, menggunakan template jauh lebih murah ketimbang harus merekrut web designers. 

2. Hemat Waktu

Mendesain tampilan website dari awal jelas akan memakan waktu panjang. Ini dikarenakan Anda harus melakukan coding dari nol. Belum lagi jika, terjadi kesalahan coding sehingga membuat template yang digunakan tidak berjalan dengan baik. 

Itulah sebabnya, template desain akan memudahkan Anda dalam mengubah tampilan website yang diinginkan. Jadi, Anda bisa punya banyak waktu lain misalnya untuk mengurus bisnis atau pun menyiapkan konten website.

3. Support

Tidak jarang template gratis pun menyediakan layanan support. Jadi, jika di tengah penggunaan terdapat masalah, Anda bisa menghubungi mereka kapan saja. 

Bagaimana jika tidak mendapatkannya? Tak perlu khawatir. Sebagian besar template gratis sudah dilengkapi dengan panduan penggunaan.

Jika ingin lebih mudah mendapat support, gunakanlah template premium. Sebab, Anda akan mendapat prioritas layanan support untuk menghubungi pihak developer dengan mudah.

4. Kode yang Terstruktur

Template yang dibuat oleh developer ahli tentu akan menggunakan kode yang terstruktur. Hal ini akan terlihat dari kualitas templatenya. Mulai dari tampilan yang responsif, menarik, dan fungsi fitur yang berjalan normal. 

Bayangkan jika Anda menggunakan coding manual tanpa keahlian cukup. Keinginan meruba website lebih menarik bisa saja malah membuat website Anda tidak berjalan optimal.  

Baca juga: 13+ Website Belajar Coding Gratis

5. Fitur Built-In SEO

Banyak template HTML5 yang sudah dilengkapi fitur built-in SEO. Artinya, website Anda akan lebih mudah untuk muncul di halaman hasil pencarian Google. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan pengunjung pun bisa jauh lebih besar. 

Namun, menggunakan template SEO-Friendly saja tentu tidak cukup. Anda perlu belajar tips SEO agar menduduki ranking satu di Google.

Template HTML5 Gratis Mana yang Jadi Pilihan Anda?

Nah, itulah kumpulan template HTML5 gratis yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik website Anda. 

Semua rekomendasi yang kami berikan menawarkan desain user interface yang memikat dan fitur yang lengkap, seperti SEO friendly dan mobile responsive.  

Untuk memudahkan dalam memilih, kami coba review lagi penjelasan di atas: 

  • Boxus – memiliki tampilan yang fresh dan inovatif. Pas untuk website agensi kreatif, periklanan atau website portfolio.
  • AweSplash – terdiri dari empat model atraktif yang bisa Anda sesuaikan untuk mengenalkan produk atau event yang akan berlangsung.
  • Beverage – ideal bagi Anda yang menginginkan website bisnis restoran, cafe atau bakery dengan desain yang berkelas.
  • TravelAir – menawarkan fitur lengkap untuk menjadikan website penjualan tiket travel semakin tampil menarik.
  • Jessica – dirancang dengan desain yang clean and minimalis. Cocok bila Anda yang berprofesi sebagai personal trainer atau memiliki bisnis katering makanan sehat. 
  • Vex – menjadikan website Anda lebih fungsional berkat adanya fitur seperti Preloader dan Parallax Effect.
  • Bell – memiliki berbagai landing page siap pakai dengan masing-masing desainnya yang tampil modern dan profesional.
  • Stuff – didesain dengan kombinasi warna meriah dan white space yang luas. Sehingga menjadikan struktur website semakin tampak rapi dan bersih.
  • Luxury Hotel – cocok untuk website perhotelan. Dilengkapi dengan berbagai fitur unggul seperti fitur Parallax atau efek smooth scroll yang menjadikan setiap halaman telrihat berkesan.
  • Nevada Plus – template yang bisa digunakan untuk segala jenis website dengan bersifat responsif dan SEO friendly.

Jika Anda memiliki rekomendasi template HTML5 gratis terbaik lainnya, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar, ya.

Dan bila Anda tertarik untuk meningkatkan skill HTML5, CSS atau JavaScript, Anda juga bisa belajar membuat template sendiri dengan mengikuti panduan lengkapnya di Cara Membuat Template WordPress Responsive dengan HTML5.

1
Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]