Ada begitu banyak strategi marketing yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan. Mulai dari sosial media marketing, content marketing, hingga guerilla marketing.
Apa itu guerilla marketing?
Di artikel ini kami akan menjelaskan tentang strategi marketing unik ini beserta beberapa contohnya. Mari kita mulai pembahasannya!
Guerilla marketing adalah strategi marketing modern yang menggunakan elemen surprise (kejutan) dalam praktiknya. Tujuannya, untuk dapat menarik perhatian audiens dengan lebih baik.
Pemasaran Guerilla memiliki lima prinsip:
Selanjutnya, kami akan membahas manfaat, jenis dan contoh Guerilla marketing.
Baca Juga: Customer Retention: 11 Strategi Jitu Meningkatkan Profit
Berikut ini beberapa manfaat guerilla marketing yang perlu Anda tahu:
Nah untuk menemukan kampanye guerilla yang cocok untuk bisnis Anda, mari pelajari berbagai jenis guerilla marketing di bawah ini.
Secara umum, guerilla marketing terbagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan targetnya, yaitu:
Ambient marketing merupakan jenis guerilla marketing dengan pesan yang ditempatkan dekat dengan audiens untuk menarik perhatian orang yang lewat. Bisa di trotoar, stasiun kereta api, mall, kampus, tempat wisata, dan lain-lain.
Ambient marketing biasanya menggunakan media berupa graffiti di tembok bangunan, sticker di tiang-tiang listrik, atau instalasi di tempat umum. Seperti contoh di bawah ini:
Sesuai namanya, ambush marketing dilakukan dengan masuk ke suatu acara yang dihadiri banyak audiens.
Dengan demikian, kampanye marketing ini bisa langsung menarik perhatian dan lebih mudah menyampaikan pesan promosi produk. Misalnya, seperti di konser musik atau pertandingan olahraga.
Teknik stealth marketing adalah teknik marketing sembunyi-sembunyi. Di teknik ini, biasanya pemasaran sebuah produk/ iklan dibuat tidak begitu kentara. Sehingga hanya audiens yang jeli yang bisa paham bahwa itu adalah iklan sebuah produk.
Seperti yang Anda tahu, sebuah informasi bisa viral karena banyak orang yang menyebarkannya. Begitu pula viral marketing yang bisa dengan cepat menyebar dan menjadi perhatian audiens.
Strategi ini memanfaatkan kekuatan media sosial untuk mengajak konsumen dan influencer menyebarkan pesan produknya.
Baca juga: Panduan lengkap Social Media Marketing (2020)
Berikut contoh penerapan Guerilla Marketing sebagai inspirasi Anda:
Pertama, strategi yang digunakan Colgate dengan menggandeng perusahaan ice cream untuk membuat stik berbentuk sikat gigi.
Selain biaya produksi stik bisa ditanggung bersama, pesan yang disampaikan lebih mengena: “setelah makan ice cream, jangan lupa gosok gigi.”
Berikutnya, kampanye guerilla minuman Bounty. Kampanye promosi Bounty dilakukan di tengah jalan kota New York yang ramai.
Iklan tersebut cukup menarik perhatian banyak orang. Sesekali pejalan kaki yang melintas berhenti untuk mengambil foto bersama media promosi yang digunakan.
Tak ingin kalah, Microsoft juga menerapkan kampanye Guerilla. Contohnya,Guerilla marketing Microsoft Surface yang bekerja sama dengan bisnis cuci mobil lokal ini.
Microsoft menggunakan tembok bisnis cuci mobil untuk jadi sarana guerilla marketingnya. Di satu sisi, Microsoft mendapatkan lokasi terbaik menampilkan iklan. Di sisi lain, bisnis cuci mobil pun diuntungkan karena mendapatkan exposure (perhatian lebih) dari orang yang lewat.
Di bagian sebelumnya, Anda sudah mempelajari prinsip-prinsip guerilla marketing dan beberapa contohnya. Jadi, sekarang saatnya mempelajari kiat-kiat untuk menerapkan guerilla marketing di bisnis Anda!
Mengenali audiens adalah langkah utama dalam Guerilla Marketing. Anda jadi tahu apa konten yang tepat untuk mereka dan cara terbaik untuk menyampaikannya. Hal ini akan memudahkan pembuatan kontennya juga.
Nah, untuk bisa mengenali audiens dan psikologi mereka, Anda bisa melakukan riset atau survei terlebih dahulu.
Baca juga: Apa itu Buyer Persona?
Apakah Anda ingin membuat video marketing yang viral? Ataukah ingin menggunakan strategi marketing sembunyi-sembunyi? Pada akhirnya, jenis strategi guerilla marketing yang Anda pilih harus disesuaikan dengan jenis bisnis, sumber daya, kebutuhan, dan ide kampanye Anda.
Jika bisnis Anda masih berkembang, gunakan guerilla marketing dengan anggaran yang tidak terlalu besar. Iklan kursus balet ini bisa jadi referensi. Menggunakan media promosi menyerupai rok balet, upaya promosi dilakukan dengan membagikan nomor telepon di rumbai-rumbainya.
Menggunakan kampanye Guerilla memang cenderung lebih murah. Asal, strategi yang Anda gunakan tepat. Selain bisa menghemat pengeluaran, Anda akan mendapat keuntungan yang berlipat.
Kami ambil contoh Guerilla marketing dari Samsung ini. Samsung Dengan bagi-bagi Galaxy S9 gratis ke penduduk desa Appel di Belanda, Samsung membuat kampanye promo internasional terkait rivalitasnya dengan Apple. Namun, hal itu dilakukan dengan biaya minim.
Jadi, jika Anda memiliki budget terbatas untuk promosi tapi mengharapkan efek yang luar biasa, Guerilla marketing cocok digunakan.
Upaya guerilla marketing yang Anda lakukan harus mampu menarik perhatian audiens dengan efek surprise yang diberikan. Oleh karena itu, hadirkan ide-ide yang segar yang yang belum pernah digunakan sebelumnya. Sebab, jika kampanye yang sama terjadi berulang kali, maka kampanye itu tidak lagi efektif.
Maka dari itu, Anda harus membuat rencana marketing yang fresh. Plus, jangan lupa untuk menyusun apa saja tindakan promosi yang akan dilakukan. Tentu agar daya tarik audiens bisa diarahkan ke konversi.
Contohnya, guerilla marketing dari serial The Sopranos ini. Orang tidak akan mengira bahwa tangan yang menjulur dari bagasi taksi ini adalah kampanye marketing. Setelah diperhatikan dengan seksama, baru orang akan sadar kalau ini adalah sebuah promosi film di HBO tentang seorang bos mafia.
Jika Anda ingin hasil yang maksimal, guerilla marketing yang Anda jalankan harus memiliki Call-to-Action. Caranya beragam. Bisa dengan melakukan giveaway, memberikan kupon diskon. Atau dengan memberikan link berisi form berisi informasi yang bisa mereka isi.
Dengan begitu, Anda bisa melakukan follow-up untuk menggenjot penjualan.
Kampanye guerilla ini bisa jadi contohnya. Menggunakan boneka QR code, mereka mengajak orang berpartisipasi. Tentu saja, dengan imbalan hadiah yang menarik. Pada akhirnya, upaya ini cukup efektif untuk mengajak calon pelanggan bergabung dengan program promosi Anda.
Baca juga: Tingkatkan Conversion Rate Anda dengan 5+ Tips CTA ini!
Menargetkan kampanye bisnis pada kelompok yang lebih kecil bisa jadi strategi pemasaran yang efektif. Sebab, Anda bisa membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka. Dengan demikian, dapat membangun ikatan dengan pelanggan secara lebih kuat.
Contohnya? Promosi yang dilakukan oleh M&Ms di ruang bioskop ini. Selain membangun awareness, penempatan promosi ini tepat. Sebab tak jarang penonton juga menikmati snack selama film diputar.
Salah satu kunci suksesnya kampanye guerilla marketing terletak pada pesan copywriting yang ingin Anda sampaikan. Jadi pastikan pesan yang ingin Anda sampaikan ke audiens jelas dan singkat. Gunakan juga cara komunikasi yang pas agar audiens bisa lebih mudah diajak untuk take action.
Contohnya: Iklan Hotel Sarova di Kenya, Afrika yang menggugah kepedulian akan pentingnya pelestarian hutan ini. Cukup dengan kalimat Save The Trees dan hadirnya gambar macan tutul di atas lampu kota. Pesan langsung tersampaikan, bukan?
Guerilla marketing bisa jadi lebih menantang untuk diterapkan dibanding strategi marketing yang lain. Itu karena strategi ini membutuhkan banyak inovasi dan ide kreatif.
Namun, tidak perlu khawatir. Selama Anda memiliki marketing plan yang matang, ditambah pengetahuan yang cukup tentang target audiens, Anda pasti mampu meraih kesuksesan dengan strategi promosi ini.
Guerilla marketing juga bisa digunakan semua jenis bisnis. Tentunya dengan menerapkan langkah dan prinsip guerilla marketing yang sudah kami jelaskan. Oya, Anda bisa menggunakan contoh-contoh guerilla marketing di atas sebagai sumber inspirasi.
Bagaimana menurut Anda? Sudah siap menerapkan guerilla marketing untuk bisnis Anda? Dapatkan juga ebook digital marketing yang membahas strategi pemasaran online secara lengkap. Gratis!
Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!
Anda mencoba mengakses website dengan domain utama, tapi hanya muncul daftar direktori Index of/? Itu berarti Anda perlu memindahkan website…
Bagaimana cara kerja VPS sebenarnya? Di artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana VPS bekerja serta kelebihan dan kekurangan VPS hosting.
UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!
Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…
Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!
Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain. Dengan…