Tutorial

Cara Menonaktifkan Komentar di WordPress

Kolom komentar pada sebuah website dapat menjadi pusat interaksi para pengunjung website Anda. Adanya kolom komentar memang baik. Hanya saja, tidak semua website benar-benar membutuhkan kolom komentar. Jika Anda menggunakan WordPress, fitur ini dapat Anda aktifkan maupun nonaktifkan sesuai keinginan. Anda bahkan dapat memilih agar kolom komentar dinonaktifkan di seluruh halaman pada website Anda.

Dalam tutorial ini kami memiliki beberapa cara menonaktifkan komentar di WordPress Anda.

Apa yang Anda Butuhkan?

Untuk memulai langkah pada tutorial ini, berikut adalah yang Anda butuhkan:

Berikut Cara Menonaktifkan Komentar di WordPress

Tentu Anda memiliki alasan tertentu mengapa kolom komentar pada website ingin Anda nonaktifkan. Alih-alih menghambat pengunjung untuk mengomentari postingan di website Anda, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menonaktifkan komentar di WordPress. Salah satunya adalah menangkal spam yang masuk ke website Anda. 

Dalam tutorial ini kami memiliki empat pilihan cara yang bisa Anda sesuaikan dengan situasi yang Anda inginkan. Anda dapat menonaktifkan komentar untuk halaman/postingan tertentu, menonaktifkan komentar untuk postingan baru, menonaktifkan komentar untuk semua postingan, serta menonaktifkan komentar trackbacks/pingbacks.

Pilihan 1: Nonaktifkan Komentar untuk Halaman/Postingan Tertentu

Untuk menonaktifkan komentar di halaman atau postingan tertentu website WordPress Anda, silakan ikuti cara berikut ini.

1. Edit postingan atau halaman pada WordPress Anda.

2. Scroll ke bagian bawah text editor. Di sana Anda akan melihat menu Discussion. Apabila Anda masih tidak dapat menemukannya, scroll ke atas halaman, kemudian pilih Screen Options dan centang bagian Discussion.

3. Untuk menonaktifkan komentar, hilangkan centang pada bagian Allow comments. Anda juga dapat menonaktifkan trackbacks dan pingbacks. Tutorial mengenai trackbacks dan pingbacks ini bisa Anda lihat di bagian akhir halaman ini.

4. Simpan perubahan dengan menekan tombol Update.

Pilihan 2: Nonaktifkan Komentar untuk Semua Postingan Baru

Anda juga dapat menonaktifkan komentar untuk semua postingan yang ada di blog WordPress. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Silakan login ke dashboard admin WordPress, kemudian pilih menu Settings > Discussion.

2. Pada bagian Discussion, Anda akan melihat pilihan Default article settings. Hilangkan tanda centang pada Allow people to post comments on new articles.

Apabila Anda ingin mengaktifkan komentar pada salah satu postingan, silakan centang bagian Allow comments pada postingan yang ingin aktifkan komentarnya. Kurang lebih langkahnya mirip seperti pada Pilihan 1.

3. Simpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes.

Pengaturan ini hanya akan menonaktifkan komentar pada postingan yang baru akan diterbitkan. Untuk menonaktifkan komentar di postingan yang telah diterbitkan, silakan ikuti Pilihan 3.

Baca Juga : Cara Memasang Komentar Disqus di Website

Pilihan 3: Nonaktifkan Komentar untuk Semua Postingan

Kolom komentar pada seluruh postingan, baik yang sudah diterbitkan maupun yang masih berupa draft (belum diterbitkan) juga dapat Anda nonaktifkan. Silaka ikuti langkah di bawah ini untuk melakukannya.

1. Seperti pada Pilihan 2, silakan pilih menu Settings > Discussion.

2. Pada bagian Other comments settings, beri tanda centang pada pilihan Automatically close comments on articles older than [0] days. Ini akan mengilangkan komentar yang dibuat pada semua postingan sebelumnya.

3. Simpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes.

Pilihan 4: Nonaktifkan Komentar Trackbacks dan Pingbacks

Mungkin Anda pernah melihat komentar berupa trackbacks dan pingbacks. Komentar tersebut biasanya muncul ketika ada seseorang yang mengarahkan website mereka ke konten Anda. Kami memiliki cara agar Anda dapat menonaktifkan komentar seperti ini.

1. Pilihan menu Settings > Discussion.

2. Pada bagian Default article settings, hilangkan tanda centang kolom Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks) on new articles.

3. Simpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan yang bisa Anda coba untuk menonaktifkan komentar di WordPress. Tentu saja, cara terbaik adalah dengan menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda, apakah itu menonaktifkan komentar untuk halaman/postingan tertentu, menonaktifkan komentar untuk postingan baru, menonaktifkan komentar untuk semua postingan, serta menonaktifkan komentar trackbacks/pingbacks.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Jangan ragu untuk menuliskannya di formulir kontak yang tersedia. Klik subscribe sekarang dan dapatkan ulasan terbaik langsung dari email Anda!

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Apa Itu Akuisisi? Mari Pelajari Seluk-Beluknya!

Dunia bisnis tidak bisa dipisahkan dari akuisisi, apalagi di dunia startup. Acquisition atau akuisisi adalah salah satu cara agar bisnis…

1 day ago

Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan dan Tips Menjalankannya

Crowdfunding adalah metode pendanaan bagi bisnis dan startup kian lazim dilakukan. Sebelum mengajukannya, cari tahu dulu kelebihan, resiko, dan tips…

1 day ago

Tutorial Nextcloud: Fitur, Keunggulan dan Cara Install Nextcloud di Cloud VPS

Anda sampai di artikel ini karena ingin tahu cara install Nextcloud di VPS? Selamat, Anda berada di halaman yang tepat!…

2 days ago

Panduan Deploy Website Berbasis Python di cPanel

Banyak website yang dibangun menggunakan Python, contohnya Google. Selain menawarkan performa yang baik, pilihan cara deploy website berbasis Python juga…

3 days ago

Iptables: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Anda khawatir server Anda akan mendapat serangan kejahatan online? Jika iya, cobalah menggunakan iptables firewall untuk meningkatkan keamanan server tersebut.…

4 days ago

Gambar Tidak Muncul di Web? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Sudah habis banyak waktu untuk upload gambar, eh malah gambar tidak muncul di web. Belum lagi, tampilan website pun jadi…

5 days ago