Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Mengganti Username WordPress

1 min read

Cara Mengganti Username WordPress

Mungkin Anda pernah mencoba mengubah username WordPress melalui dashboard admin area. Hanya saja, setelah Anda coba berkali-kali, username tetap tidak dapat diganti. Tenang, Anda tidak perlu khawatir. Username WordPress tetap dapat Anda ganti dengan mudah. Tutorial kali ini akan membahas dua cara mengganti username WordPress.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum melanjutkan ke langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke dashboard admin WordPress (Pilihan 1)
  • Memiliki akses ke cPanel hosting Anda (Pilihan 2)

Pilihan 1: Cara Mengganti Username WordPress dengan Plugin

Cara ini sangat disarankan jika Anda memiliki akses ke dashboard admin WordPress. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk mengubah username WordPress.

1. Silakan login ke dashboard admin WordPress Anda, kemudian silakan pilih menu Plugins > Add New.

cara mengganti username wordpress

2. Instal plugin Username Changer. Ketikkan “username changer” tanpa tanda petik pada kolom pencarian dan klik tombol Install Now. Setelah proses instalasi selesai, aktifkan plugin dengan menekan tombol Activate.

mengganti username

3. Setelah plugin aktif, silakan pilih menu Users > All Users dan klik Edit pada username yang ingin Anda ubah.

edit username wordpress

4. Silakan pilih username yang ingin diganti, kemudian pada baris Username silakan klik Change Username, dan silakan ganti dengan username baru yang Anda inginkan, jangan lupa klik tombol Save Username.

ubah username

5. Dengan cara ini Anda telah berhasil mengubah username melalui dashboard WordPress. Setelahnya Anda akan diminta untuk login kembali ke dashboard admin area. Pada tahap ini, silakan login kembali menggunakan username baru.

Pilihan 2: Cara Mengganti Username WordPress Melalui phpMyAdmin

PENTING – Sebelum Anda memulai, disarankan untuk melakukan backup pada database MySQL terlebih dahulu. Silakan ikuti tutorial berikut untuk melakukan backup database MySQL.

Jika Anda tidak memiliki akses ke dashboard admin WordPress, Anda dapat mengubah username melalui phpMyAdmin.

1. Login ke kontrol panel hosting Anda dan klik menu phpMyAdmin yang berada pada kategori Databases.

cara mengganti username

2. Database MySQL akan terlihat di sebelah kiri phpMyAdmin. Silakan pilih database yang terhubung ke website Anda. (Jika Anda tidak mengetahui dengan pasti database apa saja yang terhubung, silakan cek melalui File Manager di cPanel pada file wp-config.php yang terletak dalam folder utama website Anda)

database wordpress

3. Silakan klik tabel wp_users (untuk tabel prefix tidak selalu diawali dengan wp_)

user wordpress

4. Silakan klik tombol Edit dekat username yang ingin dibuat. Contoh kali ini akan mengubah username admin.

mengganti username blog

5. Silakan masukkan username baru pada kolom user_login dan klik tombol Go.

username wordpress

6. Anda akan melihat tampilan pesan sukses apabila username sudah diganti.

user baru wordpress

Untuk mengecek perubahan, silakan login ke dashboard admin WordPress Anda menggunakan username baru. Jika terdapat masalah pada saat login, silakan minta bantuan staff support hosting Anda.

Kesimpulan

Dua cara mengganti username WordPress ini dapat Anda lakukan sendiri. WordPress memang tidak menyediakan menu untuk mengubah username. Namun, Anda tetap dapat mengubahnya melalui phpMyAdmin maupun dengan menginstal sebuah plugin.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Sampaikan segala pertanyaan Anda pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini. Jangan lupa juga klik Subscribe untuk mendapatkan ulasan terhangat seputar dunia online langsung dari inbox email Anda 📥

1
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

7 Replies to “Cara Mengganti Username WordPress”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 7 =