Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Membuat Database CyberPanel

1 min read

Cara Membuat Database CyberPanel

Umumnya, Anda sudah terbiasa mengelola database di cPanel. Namun, ketika menggunakan VPS dan ingin mencoba database CyberPanel, apa yang harus dilakukan, ya?

Tak perlu bingung. Mengelola database CyberPanel untuk server VPS Anda tak kalah mudah kok. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan cara membuat database CyberPanel! 

Yuk, langsung saja ikuti tutorial di bawah ini!

Baca Juga : Cara Mengatasi Error 500 CyberPanel

Cara Membuat Database di CyberPanel

Time needed: 10 minutes.

Berikut ini merupakan langkah-langkah membuat database CyberPanel : 

  1. Login ke CyberPanel

    Pertama-tama, silahkan login ke dashboard CyberPanel dengan mengakses alamat 
    https://IP-Server-Anda:8090 pada browser Anda. 

    Login CyberPanel

    Masukkan username dan password Anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Sign In.

  2. Mengakses Menu Database

    Anda dapat mengakses menu Database dengan dua cara. Pertama, dengan mengakses menu Databases di bagian Available Function. Kedua, dengan mengakses menu Database melalui sidebar menu seperti pada gambar di bawah ini :

    Menu Create Database

    Selanjutnya, silahkan pilih submenu Create Database untuk membuat database baru.

  3. Membuat Database CyberPanel

    Pada halaman membuat database baru, silahkan isi form detail database yang akan dibuat. Pertama-tama, pilih domain website untuk database baru Anda pada bagian Select Website

    Setelah itu, masukkan nama database, username dan password untuk database yang akan Anda gunakan. 

    Anda dapat membuat password sendiri ataupun dengan menggunakan fitur generate password. Jangan lupa untuk menyimpan password di catatan pribadi Anda, ya.

    Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar, kemudian klik tombol Create Database untuk langsung membuat database baru.

    Membuat Database CyberPanel

  4. Mengakses Database Baru

    Untuk mengakses database, Anda dapat masuk ke menu Databases > phpMyAdmin. Menu ini akan membuka tab baru di browser Anda. Pastikan database baru Anda muncul di phpMyAdmin seperti pada gambar di bawah ini :

    Mengakses phpmyadmin di CyberPanel

    Nah, sekarang Anda dapat melakukan semua operasi basis data pada database baru yang telah Anda buat. 

  5. Mengecek List Database

    Anda juga dapat mengecek list database yang Anda gunakan melalui CyberPanel langsung di menu Databases > List Databases. Pada menu ini, Anda dapat mengubah password database dan melakukan pengaturan izin remote access.

    Mengecek List Database CyberPanel

Baca Juga : Tutorial Membuat Akun Email di CyberPanel

Kesimpulan

Bagaimana, membuat database di CyberPanel itu mudah, bukan? Tampilan CyberPanel yang user friendly memudahkan Anda untuk melakukan manajemen VPS dan mengelola website.

Jangan lupa,  gunakanlah server VPS dengan performa terbaik agar sejalan dengan kemudahan yang dihadirkan oleh CyberPanel. 

Nah, layanan CyberPanel VPS Hosting Niagahoster tentu merupakan pilihan yang tepat!

Anda akan mendapatkan kontrol penuh atas server yang Anda kelola berkat akses full root di CyberPanel VPS Niagahoster. Selain itu, Anda juga dapat melakukan upgrade resource kapan saja sesuai kebutuhan Anda, terutama untuk menunjang kebutuhan trafik website yang tinggi.

Yang tak kalah menarik, saat ini sedang ada diskon untuk CyberPanel VPS dengan harga mulai Rp.104.000/bulan saja! Yuk, langsung saja pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.