Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Cara Install FFmpeg di Ubuntu 18.04

2 min read

konfigurasi awal vps ubuntu

Linux membutuhkan tool untuk membaca (transcoding) beberapa jenis file multimedia, contohnya video, musik, dan sejenisnya. FFmpeg merupakan tool gratis dan open source yang dipakai untuk proses transcoding file multimedia.

FFmpeg mempunyai beberapa paket library audio dan video. Contohnya libavformat, libavformat, dan libavutil. Jadi ketika menggunakan FFmpeg, Anda dapat melakukan konversi dari beberapa jenis format video maupun audio, mengatur rate sampel dan mengatur ukuran video.

Pada artikel ini kami akan membahas cara install FFmpeg di Ubuntu 18.04. Versi FFmpeg yang akan dipakai adalah versi terbaru atau yang sudah ada di dalam repository Linux. Panduan ini juga dapat Anda terapkan di beberapa distro lainnya, seperti Elementary OS dan Linux Mint.

Apa Saja yang Anda Butuhkan?

Supaya Anda bisa menginstall dengan lancar FFmpeg di Linux, setidaknya Anda harus mempunyai user dengan akses sudo (root). Jika tidak, Anda tidak dapat menjalankan perintah install di dalam Terminal Linux.

Cara Install FFmpeg di Ubuntu

Repositori resmi yang  ada di dalam Ubuntu berisi paket FFmpeg. Paket-paket tersebut dapat Anda install menggunakan dengan manajer paket yang dikenal dengan nama ‘apt’.

Cara Ini adalah yang paling mudah untuk menginstal FFmpeg di Ubuntu, tapi versi yang termasuk dalam repositori mungkin tertinggal (versi lama) dari versi terbaru FFmpeg.

Nah, di bawah ini adalah petunjuk langkah demi langkah tentang cara menginstal FFmpeg versi 4.x di Ubuntu 18.04. Di dalam FFmpeg versi 4.x ini terdapat sejumlah filter, encoders, dan decoder baru. Namun, untuk menginstall versi ini Anda harus menambahkan repository tambahan di Linux terlebih dahulu.

Langkah-langkah di bawah ini menjelaskan cara menginstal FFmpeg 4.x di Ubuntu 18.04:

Langkah 1. Menambahkan Repository Jonathon/FFmpeg-4 PPA di Ubuntu.

$ sudo add-apt-repository ppa:jonathonf/ffmpeg-4

Jika pada proses ini Anda menemukan permasalahan seperti ‘add-apt-repository command not found’, hal yang perlu Anda lakukan adalah menginstall paket ’software-properties-common’.

Langkah 2. Menginstall FFmpeg ke Dalam Sistem

Jika PPA sudah ditambahkan ke dalam sistem Anda, langkah selanjutnya adalah menginstall FFmpeg menggunakan perintah di bawah ini.

$ sudo apt install ffmpeg

Langkah 3. Melakukan Proses Verifikasi

Proses ini perlu Anda lakukan untuk mengecek apakah FFmpeg sudah terinstall dengan baik di Ubuntu atau belum. Caranya adalah dengan menggunakan perintah ‘ffmpeg’ ditambah opsi ’-version’. Perintahnya kurang lebih seperti di bawah ini.

$ ffmpeg -version

Jika FFmpeg berhasil diinstall, hasil yang keluar seharusnya seperti teks di bawah ini.

ffmpeg version 4.0.3-1~18.04.york0 Copyright (c) 2000-2018 the FFmpeg developers

built with gcc 7 (Ubuntu 7.3.0-27ubuntu1~18.04)

Selesai. FFmpeg saat ini sudah terinstall di dalam Ubuntu dan Anda sudah dapat menggunakannya. Cukup mudah, kan?

Cara Install FFmpeg pada Debian

Proses instalasi FFmpeg di Debian mirip-mirip dengan di Ubuntu. Pada panduan install FFmpeg di Debian ini akan menggunakan file sources.list untuk menambahkan daftar repositori yang di dalamnya sudah terdapat FFmpeg.

Langkah 1. Menjalankan Perintah Update

Perintah ini dipakai untuk memperbarui versi aplikasi yang ada di dalam repositori. Jadi pastikan sebelum menjalankan proses install Anda sudah menjalankan proses update terlebih dahulu. Caranya dengan menjalankan perintah ini.

$ sudo apt update

Langkah 2. Menginstall FFmpeg

Kemudian setelah proses update selesai, jalankan perintah berikut untuk menginstall FFmpeg ke dalam sistem.

$ apt install ffmpeg

Selesai. Anda sudah bisa memasang FFmpeg ke dalam sistem Debian.

Debian 8 tidak menyediakan repositori FFmpeg secara resmi. Maka dari itu, Anda perlu menambahkan repositori multimedia yang dimiliki olehnya. Repositori ini dapat dipakai untuk menginstall codex yang di dalamnya tersedia FFmpeg.

Repositori multimedia Debian dapat Anda tambahkan dengan menyunting file “/etc/apt/sources.list”. Sources.list berisi beberapa daftar repositori yang sering dipakai ‘package manager’ yang dikenal dengan nama ‘apt’. Untuk menyunting file ini, Anda dapat menggunakan Terminal di Linux dengan tool Nano atau Vim.

Langkah 3. Menyunting File Source.list di Debian

Buka file menggunakan perintah.

$ vi /etc/apt/sources.list

Kemudian tekan “I” (insert) untuk menambahkan baris baru ke dalam sistem. Tambahkan keempat baris di bawah ini ke dalam file.

deb http://www.deb-multimedia.org jessie main non-free

deb-src http://www.deb-multimedia.org jessie main non-free

# jessie-backports

deb http://ftp.debian.org/debian/ jessie-backports main

Kemudian simpan dengan menekan tombol “Esc” dan tekan “:q!” untuk menyimpan dan keluar dari editor teks.

Langkah 4. Install Paket Tambahan  

Langkah selanjutnya adalah menginstall paket tambahan, yaitu deb-multimedia-keyring.  Caranya adalah dengan menjalankan ketiga perintah di bawah ini.

$ apt update$ apt install deb-multimedia-keyring$ apt update

Jika sudah selesai, Anda lanjutkan dengan menginstall paket FFmpeg menggunakan perintah di bawah ini.

$ apt install ffmpeg

Jalankan proses pengecekan dengan menggunakan perintah di bawah ini untuk memastikan FFmpeg sudah terpasang dengan baik di Debian.

$ ffmpeg -version

Kesimpulan

Proses instalasi FFmpeg di sistem operasi Linux seperti Ubuntu dan Debian cukup sederhana. Anda hanya perlu menjalankan beberapa baris perintah saja dan FFmpeg dapat terinstall dengan baik di dalam sistem.

Perlu diketahui bahwa tanpa FFmpeg terkadang Anda tidak bisa melakukan beberapa hal, seperti memutar video, musik, atau bermain game. FFmpeg sangat penting untuk menunjang kinerja grafis perangkat supaya dapat berjalan dengan baik.

Itulah tadi panduan bagaimana cara install FFmpeg di Ubuntu 18.04. Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan informasi terkait dengan dunia teknologi, digital marketing, dan bisnis. Tinggalkan komentar melalui kolom di bawah ini jika ada yang ingin Anda sampaikan. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

0
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =