Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Borobudur News: Tetap Stabil Walau Hadapi Jutaan Pengunjung per Bulan

5 min read

study case cloud hosting borobudur news

Kunjungan traffic yang tinggi merupakan impian setiap pemilik website. Jika diibaratkan toko, rasanya hampir sama seperti saat toko Anda dikunjungi banyak pembeli. Sungguh menyenangkan, bukan?

Tapi, apakah toko Anda sudah siap dikunjungi ratusan, atau ribuan pengunjung? Jika tidak, tentu para pengunjung tidak akan nyaman berlama-lama di toko Anda, bahkan mungkin mereka akan malas berkunjung ke sana.

Ini pula yang dialami oleh para pemilik website. Jika server hostingnya tidak siap menampung traffic yang tinggi, kecepatan websitenya akan melambat. Bahkan lebih buruk lagi, websitenya akan sulit untuk diakses!

Nah, masalah ini pernah dialami oleh Borobudur News. Portal berita ini kerap mengalami masalah setiap jumlah trafficnya meningkat. 

Namun, saat ini mereka sudah tidak mengalaminya lagi. Bahkan, websitenya sekarang mampu menampung ratusan ribu hingga jutaan pengunjung per bulan!

Bagaimana cara mereka mengatasinya? Di artikel ini, kami akan menceritakannya secara lengkap. Kabar baiknya, Anda juga bisa lho mencoba solusi yang mereka gunakan! 

Penasaran? Yuk simak sampai selesai!

Traffic Tinggi, Pengunjung Kesulitan Mengakses Borobudur News

Borobudur News adalah portal berita yang fokus meliput wilayah Magelang dan sekitarnya. Mukhtar Lutfi, CEO PT. Borobudur Media Group bercerita bahwa websitenya punya misi untuk menyediakan kebutuhan informasi yang lengkap bagi masyarakat lokal di wilayah Magelang.

halaman utama borobudur news

Seiring berjalannya waktu, mereka terus mengembangkan layanannya. Tidak hanya menyediakan berita saja, mereka juga mulai menyajikan informasi lowongan, hobi, dan komunitas. Sehingga basis pembaca Borobudur News pun terus meningkat.

Namun, seiring dengan meningkatnya jumlah pembaca, mereka harus menghadapi tantangan baru. Websitenya jadi sulit untuk diakses karena penyedia hosting yang mereka pilih saat itu tidak kuat menampung terlalu banyak pengunjung. 

“Ketika traffic kita tinggi, terkadang beberapa waktu jadi jebol websitenya, ambrol, nggak bisa kuat. Kita dapet banyak protes (dari pengunjung yang berkata) ‘kita ga bisa buka website’ dan sebagainya,” ujar Mukhtar Lutfi.

Puncaknya, website Borobudur News tidak mampu menampung 500 pengunjung dalam waktu bersamaan. Sehingga, mereka memutuskan untuk memindahkan hostingnya ke Niagahoster. 

Pada awalnya, layanan yang mereka gunakan adalah shared hosting. Akan tetapi, karena peningkatan jumlah trafficnya terlalu tinggi dan sumber daya server yang dibutuhkan lebih besar, mereka memutuskan untuk pindah ke cloud hosting.

Hasilnya? Fantastis. Sekarang tak ada lagi pengunjung yang komplain karena tak bisa mengakses website. 

“Kalo sekarang di atas 1000 orang real time itu aman. Selain itu kita bounce rate-nya cukup rendah juga. Soalnya orang-orang aman saja kalau masih mau tinggal di websitenya untuk baca berita lain,” aku Mukhtar Lutfi. 

“Kalo dalam sebulan, yang tertinggi itu pernah sampai 2 juta (pengunjung, red) Rata-ratanya sekitar 1,5 jutaan lah,” tambahnya.

performa traffic borobudur news

Berkat Cloud Hosting, Performa Borobudur News Meningkat!

Tidak hanya stabilitas website, ada berbagai manfaat lain yang dirasakan Borobudur News sejak menggunakan layanan cloud hosting Niagahoster. Mari kita bahas satu per satu!

Meningkatkan Kapasitas Traffic

Mungkin Anda bertanya-tanya. Kok bisa performa website Borobudur News meningkat tajam setelah menggunakan cloud hosting? 

Alasannya sederhana. Cloud hosting menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban traffic. Sehingga, jika ada peningkatan jumlah pengunjung, websitenya akan tetap stabil dan mudah diakses.

Hal ini diamini juga oleh Mukhtar Lutfi. Menurutnya, sejak menggunakan cloud hosting, websitenya bisa menampung lebih dari 60 ribu pembaca dalam sehari! Walaupun demikian, performa websitenya tetap konsisten tanpa adanya penurunan. 

Mempercepat Loading Website

Selain performa website, Borobudur News juga merasakan manfaat dari segi kecepatan dan keamanan.

Berkat fitur LiteSpeed dan WP Accelerator, durasi loading website Borobudur News menjadi lebih cepat. 

Mukhtar Lutfi berkata, “Prinsip saya, kalo loading websitenya lebih dari 6 detik, maka orang akan meninggalkan website kita.” 

“Makanya menurut saya ini penting juga. Loading websitenya ga (boleh) lebih dari 6 detik,” tambah pria yang juga menjabat sebagai direktur utama Borobudur News.

Setelah dicek di GTMetrix, durasi loading Borobudur News tidak lebih dari 3.4 detik:

kecepatan website borobudur news

Lalu apakah peningkatan performa websitenya dirasakan juga di perangkat mobile? Tentu saja! Mukhtar Lutfi mengatakan bahwa sejauh ini, tidak pernah ada masalah mengenai performa website via perangkat mobile. Semuanya stabil.

Memperkuat Keamanan Website

Keamanan website Borobudur News pun meningkat. Sebelum menggunakan cloud hosting, Borobudur News kerap dibombardir pesan-pesan spam yang menambah beban website. Bahkan hingga membuat websitenya error.

Tapi, sekarang tak ada lagi pesan spam yang menembus Borobudur News. Karena, cloud hosting Niagahoster memiliki fitur proteksi spam email incoming dan outgoing. Websitenya pun dilindungi oleh SSL gratis untuk menghindari pencurian data.

Mempermudah Pengelolaan Website

Dengan peningkatan performa website yang impresif, tak heran jika saat ini Borobudur News terus mengalami peningkatan jumlah pembaca. Padahal, mereka baru berdiri sekitar 3 tahun yang lalu. Jumlah anggota timnya pun masih terbatas. Lantas apakah mereka kewalahan dalam pengelolaan websitenya?

Untungnya, cloud hosting Niagahoster bersifat fully managed. Artinya, proses setup, optimasi, hingga maintenance servernya ditangani sendiri oleh Niagahoster. 

Mukhtar Lutfi berkata, “Dengan adanya layanan ini (fully managed) saya sangat terbantu sekali. Karena memang SDM kita masih sangat terbatas. Dan kita bener-bener mulai dari 0.”

Kalaupun ada masalah yang muncul terkait website atau hostingnya, mereka dapat langsung menghubungi layanan support yang siap dihubungi 24 jam. Baik via live chat, WhatsApp, telepon, maupun email.

Kemudahan Migrasi Hosting

Walaupun awalnya sempat menggunakan shared hosting, Borobudur News bisa dengan mudah memindahkan websitenya ke cloud hosting.

Kok bisa? Hal ini karena Niagahoster menawarkan proses migrasi hosting yang mudah. Pemilik website hanya perlu menghubungi tim CS (Customer Service) Niagahoster, lalu tim CS akan mengerjakan proses migrasi hosting sesuai dengan request pemilik website.

Dengan begitu, Borobudur News bisa melakukan transisi ke cloud hosting tanpa mengalami kendala.

Seluruh manfaat di atas membantu Borobudur News untuk membangun “rumah” yang lebih baik untuk para pembaca mereka. Baik dari sisi kecepatan, keamanan, hingga stabilitas website.

Mengapa mereka begitu terobsesi untuk menyajikan layanan terbaik untuk para pembaca? Motivasi utamanya adalah tujuan jangka panjang mereka, yaitu: menjadi media nasional.

Ambisi Borobudur News Menjadi Media Nasional

Mukhtar Lutfi bercita-cita ingin terus mengembangkan Borobudur News tidak hanya di wilayah Magelang saja. Tapi juga ke skala yang lebih luas, seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Saya ingin bisa menjangkau lebih banyak orang. Karena kita udah mulai melebarkan sayap nih. Temanggung mulai kita garap, Wonosobo mulai kita garap, Semarang pun kita garap. Memang kita basic-nya dari locality dulu,” ujarnya. 

ceo borobudur news

“Karena saya masih belum puas dengan kondisi yang sekarang. Pengen terus berkembang. Kalo bisa sampe nasional,” tambah Mukhtar Lutfi.

Untuk mempersiapkan tujuan jangka panjangnya, Mukhtar Lutfi mengungkapkan bahwa websitenya akan membutuhkan “rumah” yang lebih besar. 

“Dengan kebutuhan yang semakin tinggi, pasti nantinya saya akan butuh paket corporate,” akunya.

Ia berencana untuk mengupgrade layanan cloud hosting untuk Borobudur News agar performa dan kapasitas websitenya bisa semakin melesat jauh. Dan secara bersamaan, meningkatkan kenyamanan para pembacanya.

Ingin Punya Website Stabil Seperti Borobudur News? Gunakan Cloud Hosting!

Nah, sekarang Anda sudah tahu solusinya. Agar website tetap stabil saat ada lonjakan traffic, Anda bisa menggunakan layanan cloud hosting. 

Cloud hosting juga menawarkan berbagai manfaat. Mulai dari peningkatan kecepatan dan keamanan, hingga layanan support 24/7.

Semua jenis website bisa menggunakan cloud hosting. Khususnya, website-website yang punya jumlah traffic tinggi. Contohnya seperti jenis-jenis website berikut:

  • Website bisnis
  • Toko online
  • Professional blog
  • Portal berita
  • Website pemerintah

Jenis-jenis website di atas cenderung memiliki jumlah traffic yang tinggi. Sehingga, tentu mereka membutuhkan hosting dengan kapasitas server yang lebih besar seperti cloud hosting. 

Jika website Anda juga punya jumlah traffic yang tinggi, berarti Anda juga cocok untuk menggunakannya!

Bagaimana jika Anda sudah menggunakan opsi hosting lain seperti shared hosting? Apakah Anda wajib pindah ke cloud hosting?

Sebelum memutuskan untuk pindah ke cloud hosting, Anda bisa bandingkan berbagai fitur dan manfaat yang ada di shared hosting dan di cloud hosting. Lalu pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan website Anda. 

Shared hosting adalah pilihan yang tepat jika website Anda pengunjungnya masih belum banyak dan Anda sedang mencari opsi hosting yang terjangkau

Namun, apabila website Anda butuh sumber daya server yang tinggi, lalu jumlah pengunjung websitenya juga sudah banyak, maka yang Anda butuhkan adalah cloud hosting.

Walaupun begitu, shared hosting dan cloud hosting juga punya kesamaan. Keduanya sama-sama lebih terjangkau – jika dibandingkan dengan VPS. 

Selain itu, keduanya juga sama-sama mudah untuk dikelola karena bersifat fully managed. Dengan kata lain, proses setup hingga maintenance servernya akan ditangani oleh penyedia layanan hosting.

Berikut adalah tabel perbandingannya:

Shared HostingCloud Hosting
Kapasitas dan Performa– Menggunakan satu server
– Resource digunakan bersama
– Aktivitas pengguna lain mempengaruhi performa Anda
– Menggunakan beberapa server
– Resource terdedikasi
– Performa Anda tidak dipengaruhi website lain
Keamanan– Memberikan fitur keamanan gratis, seperti SSL certificate– Memberikan fitur keamanan gratis, seperti SSL certificate
Skalabilitas– Hanya dapat digunakan untuk website skala kecil
– Tidak dapat menampung traffic tinggi
– Anda mampu menambah jumlah server sesuai kegunaan
– Memungkinkan untuk website yang kompleks
– Dapat menampung traffic tinggi
Kemudahan Penggunaan– Konfigurasi dan pengelolaan server dilakukan penyedia layanan
– Menggunakan cPanel
– Konfigurasi dan pengelolaan server dilakukan penyedia layanan
– Menggunakan cPanel
Harga– Lebih murah– Lebih murah

Jika Anda memutuskan untuk pindah ke cloud hosting, Anda bisa minta bantuan ke tim CS Niagahoster untuk migrasi hostingnya. Mereka siap melayani kapanpun Anda butuh – 24 jam.

Tertarik? Dapatkan layanan cloud hosting terbaik di Niagahoster! Cukup pilih paket yang paling cocok dengan kebutuhan website Anda:

Ingin tahu lebih lanjut tentang fitur yang ditawarkan masing-masing paket cloud hosting NIagahoster? atau mungkin Anda ingin mulai berlangganan? Yuk klik banner di bawah!

Beli Cloud Hosting, Lebih Hemat sampai 75%
Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.
[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]