Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

25+ Aplikasi Edit Video untuk Mempermudah Promosi Bisnis Anda

18 min read

Video jadi salah satu strategi digital marketing yang paling menjanjikan saat ini. Tercatat di tahun 2019 lalu, video menguasai 80% dari semua trafik internet secara global. Itu artinya, sebagai pemilik bisnis Anda perlu fokus membuat video dengan memanfaatkan aplikasi edit video. Semata-mata untuk mempermudah promosi bisnis Anda. 

Jadi, sudah saatnya bagi Anda untuk menginvestasikan dana lebih banyak ke video marketing. Bagi Anda yang punya anggaran dan kemampuan terbatas, jangan khawatir! Karena, ada juga aplikasi edit video gratis dan cocok untuk pemula yang dapat memudahkan pekerjaan Anda membuat video marketing.

Kali ini kami akan membahas apa saja aplikasi video marketing dan edit video terbaik yang bisa membantu promosi bisnis Anda. Agar nantinya Anda lebih mudah memilih, kami telah membagi daftar aplikasi edit video ini menjadi beberapa kategori:

  1. Aplikasi edit video untuk tablet dan smartphone.
  2. Aplikasi edit video online.
  3. Aplikasi edit video pemula.
  4. Aplikasi edit video untuk profesional.

Apa saja aplikasinya? Langsung simak saja daftarnya di bawah ini ya!    

Memiliki Versi GratisSupport 4K videoMemilikiWatermark bawaan.Memiliki fitur drag and dropSupport share langsung ke medsosInterface User Friendly
VideoPad Video Editor
Animoto
Magisto
WeVideo
Movie Maker Online
Hippo Video
PowToon
Video ToolBox
Wave
Kizoa
Filmora
Clideo
Video Cutter
Kapwing
ClipChamp
YouTube Online Video Editor
Avidemux
DaVinci Resolve
VSDC Free Video Editor
Pinnacle Studio
iMovie
Final Cut Pro X
Vegas Pro
Lightworks
Kdenlive
Adobe Premiere Pro

Kenapa Video Marketing Penting untuk Bisnis?

Itu karena video adalah format konten yang serba guna yang dapat memberikan gambaran nyata apa yang terjadi. 

Selain itu, konten video mudah dibagikan di berbagai platform digital marketing, seperti Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, WhatsApp, dan email marketing. Tak heran video jadi strategi digital marketing yang paling menjanjikan saat ini.

Namun ternyata, masih ada alasan lain kenapa video marketing begitu penting untuk bisnis Anda. Anda tentu penasaran kan? Nah, di bawah ini kami sudah rangkum alasan mengapa video marketing bisa mempermudah promosi bisnis Anda. Yuk, simak!

  • Menarik banyak klik. Hanya menyebutkan kata ‘video’ di baris subjek email, click rate-nya bisa meningkat hingga 13%.
  • Meningkatkan konversi dan penjualan. Studi menunjukkan bahwa 74% pengguna yang menonton video produk, memiliki keinginan untuk membeli produk tersebut. 
  • Meningkatkan ROI (Return of Investment). 83% bisnis mengatakan bahwa video memberikan ROI yang baik, bahkan video dengan kualitas pas-pasan sekalipun.
  • Membangun rasa percaya. Konten video dapat menciptakan ikatan emosional pada audiens. Lalu, dari ikatan tersebut, terbangun rasa percaya. 77% orang merasa yakin akan kelebihan suatu produk kemudian membelinya, setelah menonton sebuah video. 
  • Lebih disukai Google. Website Anda memiliki kesempatan lebih besar berada di ranking teratas Google, jika Anda menyematkan video di website. Apalagi kini YouTube adalah milik Google.
  • Digemari pengguna mobile gadget. YouTube mencatat bahwa konsumsi video mobile terus mengalami peningkatan 100% tiap tahunnya. Itu karena banyak orang suka menonton video di mana pun, di sela-sela aktivitasnya.
  • Video bisa menjelaskan banyak hal. Anda bisa menjelaskan mulai dari  fitur, harga, hingga cara pemakaian produk dan layanan Anda melalui video.

Aplikasi Edit Video untuk Tablet dan Smartphone 

Selain butuh strategi konten dan kreativitas dalam membuat video marketing, Anda juga membutuhkan aplikasi yang mumpuni. Tentu aplikasi yang dapat digunakan kapan pun d. Paling tidak, aplikasi tersebut harus memiliki keunggulan yang Anda butuhkan. 

Nah, di bawah ini beberapa aplikasi video marketing gratis yang bisa membantu Anda membuat video untuk promosi bisnis Anda.

1. VideoPad Video Editor

Aplikasi VideoPad Video Editor

VideoPad adalah salah satu aplikasi video marketing yang kemampuannya tidak biasa. Aplikasi ini seperti versi super dari Movie Maker! VideoPad memiliki tampilan yang sederhana dan memiliki fitur yang bisa sangat membantu pemula. 

Mirip dengan aplikasi Kdenlive (nomor 24), Videopad juga bisa digunakan di dua monitor sekaligus. Satu layar untuk melihat preview selected clips, yang satu lagi untuk melihat complete sequence. Anda juga menggunakan Videopad untuk membuat timeline, baik untuk track video maupun audio.

Setelah selesai mengedit, Anda tinggal klik tombol “Create Movie” di interface-nya, lalu mengexportnya dalam berbagai pilihan format. Kemudian, Anda bisa mengunggah hasil karya Anda langsung ke media sosial seperti Facebook dan YouTube.

Harga: Ada versi gratisnya, ada juga versi berbayar seperti: USD 60 untuk Home Edition, USD 99 untuk Master’s Edition. 

Keunggulan:

  • Memiliki banyak sekali special effect, fitur, dan filter.
  • Memiliki banyak pilihan untuk format file video. Sehingga Anda memiliki pilihan editing yang lebih luas.
  • Fitur drag and drop yang memudahkan Anda membuat timeline video. 
  • Men-support berbagai macam perangkat, seperti: Mac, PC, tablet, smartphone.

Kekurangan:

  • Tidak memiliki banyak fitur dan efek spesial seperti kompetitornya. 
  • Anda tidak bisa menyimpan video dalam format mp4 jika menggunakan versi gratis.

2. Animoto

Aplikasi Edit Video Animoto

Aplikasi edit video online yang satu ini cukup istimewa. Animoto bisa digunakan siapa pun dari vlogger, fotografer, hingga marketer. Dengan Animoto, Anda bisa membuat video dengan kualitas setara video profesional. Sehingga, tentu saja dapat membantu Anda mengembangkan bisnis.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat berbagai macam video. Dari video resep masakan, sampai video berita. Animoto memungkinkan Anda membuat video pendek dengan model slideshow. Tipe video pendek dengan model slideshow adalah yang paling populer di kalangan marketer.  

Harga: Mulai dari USD 8 per bulan.

Keunggulan: 

  • Animoto dapat membantu Anda membuat slideshow video untuk membuat portofolio Anda.
  • Menyediakan puluhan template storyboard bawaan yang bisa membantu membuat video marketing Anda.
  • Menawarkan opsi yang tak terbatas untuk font teks, warna, stok foto, musik, yang bisa Anda tambahkan ke video.
  • Anda bahkan bisa membuat logo bisnis Anda tampil sebagai watermark di video.
  • Tersedia di iOS.

Kekurangan:

  • Tidak memiliki versi gratis.
  • Interface yang mirip PowerPoint.
  • Tidak ada live preview.
  • Jika Anda ingin melihat pratinjaunya, Anda harus menunggu 15 detik agar server membuat versi video Anda dengan resolusi rendah.
  • Tidak cocok untuk Anda yang ingin melakukan banyak editan kecil di video.

3. Magisto

Aplikasi Edit Video Magisto

Magisto adalah aplikasi online yang populer akan kemampuannya menghasilkan video dan film yang bagus. Setelah mendaftar melalui akun Facebook atau Google, Anda bisa menambahkan foto dan video ke Magisto. 

Aplikasi video online ini juga memiliki berbagai template video yang bisa digunakan untuk macam-macam industri. Misalnya: industri wedding organizer, promosi, event organizer, periklanan, dan sebagainya.

Magisto banyak digunakan oleh pemilik bisnis kecil maupun menengah untuk menarik pemirsa menjadi klien mereka. Sebab, dengan Magisto, Anda bisa membuat film pendek yang dapat memberikan impresi yang dalam bagi para pemirsa. 

Anda bisa membagikan video hasil editan langsung ke media sosial. Namun, untuk mengunduhnya ke komputer, Anda harus melakukan upgrade atau mengajak teman untuk menggunakan Magisto.

Harga: Mulai dari USD 9.99 per bulan.

Keunggulan:

  • User friendly
  • Anda bisa menggunakan aplikasi Magisto di berbagai macam perangkat, seperti: tab, iPad, PC, ataupun laptop.

Kekurangan:

  • Tidak memiliki versi gratis.
  • Keterbatasan gerak dalam mengedit video di versi gratisnya.
  • Hasil akhir editan video (versi gratis) yang tidak bisa diunduh.

4. WeVideo

WeVideo adalah aplikasi edit video online yang memiliki beragam fungsi. Anda tidak hanya bisa mengunggah file video, foto, dari komputer Anda. Tapi juga dari Google Drive, Facebook, Instagram, Dropbox, ke Media panel WeVideo. Baru setelah itu, Anda bisa mengeditnya. 

Untuk Anda yang profesional dan membutuhkan fitur yang lebih baik, Anda bisa menggunakan aplikasi WeVideo versi berbayar. Karena berbayar, tentu fiturnya lebih komplit. Fitur premium meliputi green screen, voiceover, Slow motion, screencasting, sinkronisasi ke iOS, Android, platform web, dan masih banyak lagi.

Harga: Tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar, yaitu mulai dari USD 4.99 per bulan. 

Keunggulan:

  • WeVideo memungkinkan Anda menandai klip-klip tertentu. Atau, memberikan teks pada video, transisi, background graphic, overlay, atau frame.
  • Aplikasi ini bisa diunduh melalui iPhone, Android, atau komputer Windows 10 jika Anda ingin mengedit secara offline.

Kekurangan:

  • Butuh waktu untuk mempelajari cara kerja aplikasi ini.
  • Fitur transisi yang sulit.

Aplikasi Edit Video Online

Di era internet seperti saat ini, Anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi untuk bisa mengedit video. Anda hanya perlu menggunakan perangkat yang terkoneksi internet. Kemudian, mengakses aplikasi edit video online lengkap dengan layanan dan fiturnya secara maksimal. 

Dengan mengedit online, Anda juga tidak perlu khawatir soal minimnya storage. Karena Anda bisa mengunggahnya di server. 

Nah, apa saja aplikasi edit video online terbaik yang bisa Anda gunakan? Berikut daftarnya untuk Anda:

5. Movie Maker Online

Seperti namanya, Movie Maker Online memiliki spesialisasi membuat video dalam bentuk film. Aplikasi ini mampu membuat film sederhana dengan kumpulan foto, klip, musik. Dilengkapi fitur judul dan efek, katalog musik bebas royalti, dan banyak stok gambar.

Di top menu-nya, Anda bisa menambahkan teks, musik, bahkan efek seperti: HQ video pix dan tekstur hitam dan putih. Caranya hanya dengan meng-klik salah satu pilihannya.

Untuk mengedit video dengan aplikasi ini, Anda hanya perlu mengunggah video yang ingin diedit ke timeline project-nya. Di situ Anda bisa memotong klip, menambahkan filter, atau memberikan efek transisi. 

Aplikasi ini cocok digunakan oleh Anda yang pemula yang belum butuh banyak fitur dalam mengedit video marketing.

Harga: Tersedia versi gratis, dan versi berbayar: USD 39.5.

Keunggulan:

  • Anda bisa mengakses aplikasi ini di komputer apa pun. Anda juga tidak perlu khawatir tentang tempat penyimpanannya. Karena tempat penyimpanannya berada di cloud.
  • Jika Anda ingin mengembangkan video dengan menambahkan musik atau gambar. Anda bisa mengambilnya dari arsip Movie Maker. Semuanya gratis, dan bebas royalti. 

Kekurangan:

  • Interface yang membingungkan.
  • Anda harus menonaktifkan ad blocker untuk menggunakan aplikasi ini.
  • Hanya bisa mengexport video ke MP4.

6. Hippo Video

Aplikasi video marketing all-in-one yang bisa membuat video, mengedit, mengirim email video, dan memasang video di web, tentu saja Hippo Video. 

Selain itu, platform ini juga menyediakan layanan edit video. Anda bisa menambahkan file media dari komputer atau Google Drive. Meskipun begitu, video dari Hippo Video hanya tersedia dalam format MP4, mkv, flv, 3gp, dan mpg. Dengan file maksimum yang didukung yaitu 500MB. 

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi. Versi gratis dan profesional. Untuk yang gratis, Anda bisa menggunakan fitur dasarnya seperti: split, trim, crop, add text atau resize, add simple titles, emojis, dan callouts. Untuk mendapat versi profesional seperti merekam narasi dan menambahkannya ke video, Anda perlu melakukan upgrade atau melakukan rekomendasi ke teman.  

Harga: Tersedia dalam dua versi: versi gratis, dan berbayar yaitu sebesar USD 5 per bulan.

Keunggulan:

  • Selain meng-import video, Anda juga bisa menggunakan Hippo Video untuk merekam layar desktop Anda, webcam, dan voice over. 
  • Anda bisa membagikan video hasil editan secara langsung ke media sosial. Atau mengunduhnya ke komputer Anda.
  • Tanpa watermark.

Kekurangan:

  • Terkadang lambat ketika memproses video.
  • Opsi tool yang terbatas.

7. Powtoon

Jika Anda memerlukan video yang berfungsi sebagai panduan, maka Powtoon adalah jawabnya. Powtoon adalah aplikasi edit video online yang khusus untuk membuat video tutorial atau penjelasan (explanatory). Anda bisa membuat video tutorial atau infografis dengan gaya animasi lengkap dengan banyak pilihan karakter, properti, objek, dan teks. 

Untuk menggunakannya aplikasi ini secara online, Anda butuh sign in terlebih dahulu. Setelah masuk ke akun, Anda bisa memanfaatkan berbagai template yang tersedia untuk berbagai model video: explainer video, video marketing, video infografis, video iklan, maupun presentasi.

Keistimewaan Powtoon dibanding kompetitornya yaitu, aplikasi ini dapat menghasilkan video yang berkualitas sekaligus memikat. Itulah mengapa banyak perusahaan menggunakan Powtoon untuk mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan. 

Harga: Untuk Paket Pro, harga mulai dari USD 19 per bulan. Paket Pro+ USD 29 per bulan. Paket Agency USD 99 per bulan atau USD 1,188 per tahun.

Keunggulan:

  • Memungkinkan Anda membuat video dengan ratio 1:1, 16:9, 9:16. Anda juga bisa mengunggah rekaman video Anda sendiri atau menggunakan sumber video bawaan dari Story Block.
  • Anda dapat memilih salah satu dari banyak gambar orang dan objek dari PowToon. Untuk kemudian dapat Anda gunakan di kanvas kosong atau latar berwarna Anda.

Kekurangan:

  • Anda perlu melakukan upgrade untuk bisa mengunduh video hasil editan.
  • Aplikasi PowToon versi berbayarnya (per bulan) cukup mahal.

8. Video ToolBox

Apakah Anda pelajar yang butuh aplikasi edit video yang sederhana? Jika ya, Anda bisa mencoba Video Toolbox. Meskipun sederhana, aplikasi edit video gratis Toolbox terkenal punya fungsi tambahan yang tidak biasa. Dengan Toolbox, Anda tidak hanya bisa mengedit video, tapi juga mendapat informasi yang detail tentang bit rate, frame rate, codec, dan resolusinya. 

Untuk bisa mengakses aplikasi edit video online ini, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah melakukan aktivasi akun di email, Anda bisa log in untuk masuk ke menu utamanya. 

Harga: Gratis.

Keunggulan:

  • Dapat meng-convert file video Anda menjadi beberapa format populer seperti MKV, Mp4, MOV, dan AVI. 
  • Memungkinkan Anda mengunggah video dari komputer atau dari URL, bahkan hingga 1500MB.
  • Dengan ToolBox, Anda bisa melakukan merge, crop, dan cut pada file video Anda.
  • Tidak ada watermark. 
  • Kualitas video yang tetap bagus meskipun clip-nya dipotong.

Kekurangan:

  • Storage terbatas. 
  • Kebanyakan tool-nya tidak memiliki opsi pratinjau video.
  • Interface dan keseluruhan tampilannya tampak out of date.
  • Tidak memiliki efek video.

9.  Wave

Aeplikasi Edit Video Wave

Aplikasi Wave adalah aplikasi edit video yang bisa Anda gunakan hanya melalui browser Anda. Dengan beragam fiturnya, Wave akan memudahkan Anda mengedit video untuk platform apa pun. Baik itu YouTube, sosial media, maupun proyek di luar platform online. 

Wave membuat Anda dapat melakukan banyak hal seperti: memotong klip, menambahkan teks ke video, mengatur kecerahan video, menambahkan klip, memberikan efek transisi, me-resize video, dan banyak lagi.

Harga: Tersedia versi gratis dan berbayar. Versi berbayarnya terbagi dalam tiga paket: Paket Creator USD 8.25 per bulan, Paket Pro USD 33, dan Paket Agency seharga USD 49 per bulan. 

Keunggulan: 

  • Memiliki banyak stok images dan footage.
  • Menyediakan banyak templates, grafis, watermark, stiker.
  • Setelah Anda selesai mengedit video, Anda bisa mengunggah hasilnya ke YouTube, Facebook, Twitter, Vimeo, Google Drive, Dropbox.
  • Fitur visualizer audio track memudahkan Anda memasukkan musik ke video dengan lebih mudah.
  • Mudah digunakan.

Kekurangan:

  • Sulit membuat teks pada background hitam. Anda harus meletakkan teksnya di atas gambar atau video.
  • Anda tidak bisa mengunduh video hasil editan di versi gratisnya.
  • Versi gratisnya hanya memungkinkan Anda membuat video dengan durasi 15 detik.

10.  Kizoa

Aplikasi Edit Video Kizoa

Kizoa adalah aplikasi edit video online yang terkenal karena efek transisinya yang lebar. Sehingga dapat membantu Anda mengembangkan video dengan kualitas profesional dengan mudah. 

Dengan Kizoa, Anda bisa membuat video dengan foto, musik, dengan menambahkan teks, special effect, transisi. Aplikasi ini juga mendukung rekaman 4K UHD dan memberikan rasio aspek berbeda 16:9, 4:3, 3:2, 1:1, dan 9:16, 3:4, 2:3 untuk format portrait. Anda Anda juga bisa menambahkan foto atau video dari komputer atau sosial media. 

Harga: Tersedia dalam dua versi: versi gratis dan berbayar. Kizoa menyediakan empat paket untuk versi berbayar: Paket Starter seharga USD 29.99, Paket Creator seharga USD 49.99, Paket Professional seharga USD 99.99, dan Paket Business seharga USD 299.99. Harga keempat paket tersebut merupakan harga lifetime. Artinya, Anda hanya perlu bayar sekali untuk seumur hidup!

Keunggulan:

  • Library Kizoa dilengkapi banyak animasi dan efek yang bisa digunakan untuk keperluan khusus editing video.
  • Aplikasi ini memudahkan Anda mengedit video dengan beberapa detail seperti posisi, size, durasi, dan timing.
  • Anda tidak perlu melakukan registrasi untuk bisa mengakses fitur-fiturnya.
  • Cocok untuk pemula maupun profesional.

Kekurangan:

  • Sulit mengatur ulang durasi video secara manual. Kizoa secara otomatis menambahkan waktu ekstra ke video.
  • Beberapa problem seperti crash dan sering macet di fitur transisinya. 

11. Filmora

Aplikasi Edit Video Filmora

Filmora adalah aplikasi edit video online yang memberikan Anda kebebasan yang tidak bisa Anda dapatkan dari aplikasi lain. Setelah membeli lisensi paketnya, Anda bisa mendapat banyak sekali efek yang bisa digunakan untuk proyek video Anda. 

Anda bisa menghapus atau menambah watermark. Serta mendapatkan support teknikal selama 24/7. 

Dengan Filmora, Anda dapat menyesuaikan efek warna, kecerahan, kecepatan, rotasi, dan fitur pendukung lainnya. Bagi Anda yang baru ingin memulai mengedit video, aplikasi ini cocok karena ringan dan tidak mudah crash.

Harga: Filmora menyediakan tiga paket: Paket Annual Plan USD 39.99 per tahun, Paket Lifetime Plan seharga USD 69.99, dan Paket Annual Bundle Plan seharga USD 99.87 per tahun. 

Keunggulan:

  • Memiliki interface yang bisa membantu Anda membuat video yang interaktif.
  • Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat video yang menarik untuk mem-branding bisnis Anda,
  • Aplikasi ini bisa digunakan di Windows dan Mac dan tersedia di Android dan iOS dengan nama “FilmoraGo”.

Kekurangan:

  • Tidak semua fitur software-nya gratis.
  • Jika Anda mengedit di versi gratisnya, hasil video Anda akan memiliki watermark bawaan.
  • Performanya kadang lambat (lagging) apalagi jika prosesor atau RAM Anda terbatas. 

12. Clideo

Aplikasi Edit Video Clideo

Aplikasi edit video online yang satu ini super sederhana. Dengan Clideo, Anda dapat menggabungkan video dan image agar video lebih panjang. 

Karena aplikasi ini super sederhana, jadi Anda perlu menambahkan tool terpisah untuk memotong video, me-rotate, mengkompres, dan lain-lain. Dengan bantuan server penyimpanan seperti Google Drive dan Dropbox, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang memori hardisk Anda.

Berbeda dari aplikasi lainnya, aplikasi Clideo memiliki video player sendiri. Sehingga video hasil dari Clideo tidak bisa langsung dibagikan ke sosial media. Sebagai gantinya, Anda harus meng-copy linknya, dan membagikannya di sosial media seperti Facebook maupun Twitter.

Harga: USD 6 untuk berlangganan tiap bulan. USD 99 untuk paket lifetime.

Keunggulan: 

  • Sangat mudah digunakan dan cocok untuk pemula.
  • Harga yang murah. 
  • Dapat menambahkan video, images, dan background track.

Kekurangan:

  • Per proyeknya dibatasi hanya bisa sebesar 500MB. 
  • Tidak cocok untuk editing video yang membutuhkan banyak fitur.

13. Video Cutter

Aplikasi Edit Video Cutter

Jika Anda ingin aplikasi edit video online yang user-friendly, Anda bisa menggunakan Video Cutter. 

Aplikasi ini fokus pada layanan pemotongan video tanpa batas! Anda juga bisa mengunggah video dari komputer via Dropbox, Google Drive, atau langsung dari URL. 

Dengan aplikasi online ini, Anda bisa memutar video dari 90, 180, bahkan hingga 270. Tidak hanya itu, dengan Video Cutter Anda bisa juga mengaplikasikan beberapa  gaya editing untuk membuat hasil video yang keren. 

Namun, yang perlu Anda tahu, Video Cutter hanya bisa menangani file video berukuran maksimal 500MB.

Harga: Mulai USD 29 untuk penggunaan seumur hidup.

Keunggulan:

  • Gratis. Bahkan untuk fitur-fitur lanjutannya.
  • Tidak perlu mendaftar untuk menggunakan aplikasi online Video Cutter.
  • Tidak ada watermark. 

Kekurangan:

  • Fitur yang terbatas hanya pada trim, crop, dan rotate video.

14. Kapwing

Aplikasi Edit Video Kapwing

Aplikasi edit video online all-in-one lain yang patut Anda tahu adalah Kapwing. Kapwing menyediakan banyak sekali fasilitas yang mendukung aktivitas Anda mengedit video. Anda bisa lihat apa saja fasilitasnya di bagian keunggulan di bawah. 

Untuk melakukan edit video, Anda tinggal mengunggah file medianya dari komputer atau paste URL video untuk memulai. 

Jika Anda mengakses Kapwing tanpa sign in, maka akan ada watermark di hasil video editan Anda nantinya. Jadi, semisal Anda tidak ingin ada watermark yang muncul di video, Anda harus sign in dulu jika ingin mengedit video.

Harga: USD 20 per bulan.

Keunggulan:

  • Kapwing menyediakan berbagai fasilitas seperti: online meme generator, video maker, video resizer, video trimmer, subtitle, audio, loop video, dan sebagainya.  
  • Memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi ukuran video dengan rasio ukuran 1:1, 9:16, 16:9, 4:5, 5:4.
  • Anda bisa mengunduh video hasil editan ke komputer, atau membagikannya langsung ke sosial media.

Kekurangan:

  • Interface yang sulit.
  • Fitur-fitur yang susah ditemukan di layar.
  • Tidak mudah untuk me-resize teks karena tidak ada pilihan ukuran. Anda harus meng-klik dan menggeser kotak teksnya untuk menyesuaikan.

15. ClipChamp

Aplikasi ClipChamp

ClipChamp merupakan salah satu aplikasi edit video online yang digunakan banyak orang. Selain fungsi utama mengedit video, aplikasi ini juga menyediakan video compressor, converter, dan webcam recorder. 

Dengan seret dan lepas (drag and drop), Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memotong (crop), memangkas (trim), memutar (rotate), dan membalik (flip) video. ClipChamp juga menyediakan library untuk file video dan audio yang gratis maupun berbayar. Tinggal pilih mana yang sesuai kebutuhan Anda.  

Harga: Tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar ClipChamp menyediakan tiga paket: Paket Business USD 19 per bulan dan USD 156 per tahun, Paket Creator USD 9 per bulan dan USD 72 per tahun, Paket Business Platinum USD 39 per bulan dan USD 324 per tahun.

Keunggulan:

  • Platform ini memungkinkan pemula untuk dapat menyelesaikan editan videonya dengan cepat. Hasilnya pun dapat langsung disimpan di komputer atau Google Drive.
  • Anda bisa menambahkan teks, overlays, background, dan transisi. 
  • Anda juga bisa menyesuaikan brightness, saturation, dan contrast-nya dengan mudah.
  • Memiliki pilihan ratio untuk ukuran tampilan videonya. 1:1, 9:16, 4:3, atau 16:9. 

Kekurangan:

  • Butuh waktu untuk mempelajari cara kerja aplikasi ini.
  • Tidak ada cara mudah untuk menentukan panjang video. Anda harus melihat angka pada garis waktu untuk mengetahui panjang durasi klipnya.  

16. YouTube Online Video Editor

YouTube Online Video Editor

Tahukah Anda, kalau Anda bisa mengedit video di YouTube tanpa mempengaruhi view, komen, dan rangkingnya? Yup, Anda bisa memotong video Anda, menyimpan URL originalnya, kemudian akan di-index ulang oleh Google. Anda juga bisa membuat banyak versi hanya dari satu video. Tanpa harus menutup platformnya.

Dengan aplikasi YouTube Online Video Editor, Anda tidak perlu mempekerjakan orang untuk mengedit video Anda. Fitur dan fungsinya yang sederhana cukup untuk keperluan edit video yang basic. Meski gratis dan simpel, aplikasi ini cukup memuaskan karena hampir tidak pernah freeze atau crash. 

Harga: Gratis.

Keunggulan:

  • Menghemat waktu dan uang karena gratis dan mudah digunakan.
  • Memiliki kemampuan untuk me-remix dan me-reuse video klip.
  • Dapat menambah efek, transisi, gambar, dan mengkombinasikan video. 

Kekurangan:

  • Anda tidak bisa menambahkan musik Anda sendiri. Namun, Anda tetap bisa menggunakan audio trek dari kumpulan audio milik YouTube.
  • Hanya memiliki fitur basic.
  • Hanya bisa menambahkan teks dan grafis di awal dan akhir video

Aplikasi Edit Video Pemula

Bagi Anda yang masih merintis bisnis, tidak perlu gegabah mempekerjakan seorang videografer untuk menggarap konten video marketing Anda. Dengan bantuan aplikasi edit video pemula, Anda tentu bisa mengerjakan video marketing sendiri. 

Dua kunci penting dalam mengedit video bagi pemula adalah waktu dan semangat belajar! Setelah keduanya Anda miliki, langkah berikutnya adalah menentukan aplikasinya.

17. Avidemux

Aplikasi Edit Video Avidemux

Meskipun gratis, aplikasi video marketing Avidemux sudah cukup mumpuni untuk membuat video yang berkualitas. Cocok digunakan oleh Anda yang masih baru di dunia videografi. 

Dengan Avidemux, Anda bisa melakukan dasar-dasar editing video seperti:  simple cutting, encoding, filtering. Aplikasi ini juga mendukung berbagai format video seperti MPEG, DVD, AVI, dan MP4. 

Tidak perlu khawatir jika ingin mengedit video dengan ukuran besar. Avidemux memiliki fitur cutting dan selecting, serta bisa mengompres dan mengkonversi beberapa file video sekaligus.

Selain itu, Avidemux juga memiliki filter dengan fungsi yang berbeda, seperti me-rotate video, menambahkan subtitle, menyesuaikan warna, dan sebagainya. Sehingga, Anda dapat membuat konten video marketing yang menarik untuk target pasar Anda.  

Harga: Gratis.

Keunggulan: 

  • Bisa mengkonversi berbagai jenis file video. Dari satu format ke format lainnya.
  • Sederhana dan sangat mudah digunakan.
  • Bisa digunakan di berbagai sistem operasi: Windows, macOS, and Linux.

Kekurangan:

  • Fungsi dan fitur yang terbatas.
  • Terbatas pada video editing yang sederhana.

18. DaVinci Resolve

Davinci Resolve

Dengan kualitas kelas profesional, DaVinci Resolve hadir sebagai salah satu software editing video terbaik untuk pemula. 

DaVinci Resolve menyediakan aplikasi edit videonya dalam dua versi: versi gratis dan berbayar. Meski sebenarnya, yang versi gratis juga sudah cukup mumpuni untuk pemula. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan editing maupun pengujian audio dan video pasca produksi.

Aplikasi ini tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti mac OS, Linux, dan Windows. Untuk memperoleh fitur dan fungsi yang lebih lengkap, Anda perlu berlangganan versi berbayarnya yaitu DaVinci Resolve Studio.

Harga: Tersedia dalam versi gratis dan berbayar, yaitu DaVinci Resolve Studio seharga USD 299. 

Keunggulan:

  • Memiliki beragam fitur canggih untuk mengedit, mixing, dan memproduksi video berkualitas tinggi.
  • Memiliki fitur utama bawaan untuk penyimpanan data dan proyek kolaborasi.

Kekurangan:

  • Tidak semua fungsi dan fiturnya gratis.
  • Interface yang membingungkan.

19. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor

Meskipun aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows, tapi fungsinya cukup lengkap! VSDC Video editor menawarkan fitur-fitur yang powerful dan serbaguna dengan berbagai objek dan efek. Misalnya seperti: background remover, split screen, picture-in-picture, color correction, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, SDC Video editor mendukung file video dengan berbagai format. Plus, dilengkapi dengan instruksi yang mudah diikuti, aplikasi ini sangat memanjakan para pemula. Cocok untuk YouTuber, video gamer, pemilik kamera action.

Harga: Tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar, yaitu USD 19.99 untuk VSDC Video Editor Pro.

Keunggulan:

  • Sederhana dan mudah digunakan.
  • Interface berbentuk drag and drop.

Kekurangan:

  • Technical support-nya tidak gratis.
  • Hanya bisa digunakan di Windows.
  • Lebih cocok untuk presentasi.

20. Pinnacle Studio

Aplikasi Pinnacle Studio

Meskipun untuk pemula, aplikasi edit video ini mampu menciptakan hasil video dengan kualitas di atas rata-rata. Toolset Pinnacle yang kreatif membuatnya tampak lebih menonjol dibanding aplikasi edit video pemula yang lain. Dengan software ini, Anda bisa menangkap dan mengimpor materi dari berbagai sumber. Kemudian memasukkan efek stop-motion dan melakukan editing360.  

Aplikasi Pinnacle Studio memungkinkan penggunanya untuk membuat konten video dalam bentuk Video CD, DVD-Video, AVCHD, atau format Blu-Ray. Selain itu, Anda bisa juga menambahkan menu komplementer dan melakukan burn CD.

Harga: Tersedia dalam tiga level paket: Studio seharga USD 59.95, Studio Plus seharga USD 99.95, dan Studio Ultimate seharga USD 129.95.

Keunggulan:

  • Mudah digunakan. 
  • Dilengkapi dengan fitur drag and drop dan snippet untuk audio dan video.
  • Memiliki kapasitas dan fungsionalitas yang mirip dengan software profesional.

Kekurangan:

  • Harga yang cukup mahal.
  • Tidak bisa dioperasikan di Mac.
  • Versi gratisnya tidak support untuk konten 4K.

21. iMovie

Aplikasi Edit Video iMovie

Aplikasi video editor untuk pengguna Mac ini hadir sebagai salah satu aplikasi edit video dengan rating terbaik. Dengan iMovie, Anda dapat membuat video seperti trailer film Hollywood. Karena aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat video dengan gaya storytelling, lengkap dengan logo dan credits roll.

Meskipun software ini dibuat khusus Mac, tapi iMovie dapat menerima materi hasil editan dari gawai lain selain produk Apple. Sehingga memungkinkan Anda tetap bisa melanjutkan editing video di Mac Anda. Oya, dengan aplikasi ini Anda bisa membuat klip, trailer, film dengan resolusi 4k. 

Harga: Tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar, yaitu USD 14.99.

Keunggulan:

  • Interface yang user friendly  
  • Memiliki fitur green-screen untuk membuat special effect.

Kekurangan:

  • Memiliki fitur yang terbatas.
  • Waktu rendering yang cukup lambat.

Aplikasi Edit Video untuk Profesional

Sebagai seorang videografer yang profesional, tentu Anda memerlukan fitur-fitur tambahan dengan fungsi yang lebih mumpuni. Anda mungkin tidak terlalu peduli harus mengeluarkan biaya berapa. Selama keunggulan dan kualitas yang diberikan sebanding dengan harganya, kenapa tidak? 

Nah, pas sekali! Di bawah ini, kami menyajikan beberapa aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan sekaligus kemampuan Anda dalam mengedit video.

22. Final Cut Pro X

Aplikasi Final Cut Pro X

Jika Anda videografer profesional pengguna Mac OS X. Aplikasi edit video ini untuk Anda. Aplikasi ini adalah aplikasi standar video editing pasca produksi untuk Mac OS X. Dengan fitur yang terus update, software ini semakin inovatif. 

Di aplikasi ini, Anda dapat menemukan beberapa fungsi seperti: encoding suite dan compressor, yang dapat menghasilkan video yang berkualitas tinggi tanpa hambatan. Namun, untuk bisa mengoperasikan aplikasi ini Anda memerlukan minimal RAM 4GB, OpenCL-Graphic card, dan 256MB untuk video RAM.

Berbeda dengan aplikasi lain yang hanya menyediakan trial paling lama seminggu, Final Cut Pro X menyediakan trial gratis selama 30 hari!

Harga: Tersedia dalam dua paket: Final Cut Pro X seharga USD 299.99, dan Logic Pro X seharga USD 199.99.  

Keunggulan:

  • Memiliki fitur  footage 360 dan kualitas HDR. 
  • Dilengkapi efek 3D dan banyak opsi multi-kamera.  
  • Pengoperasian yang mudah.

Kekurangan:

  • Butuh waktu untuk belajar dan bisa mengoperasikan aplikasi ini.
  • Pengaturan manajemen file yang tidak bisa disesuaikan.
  • Beberapa filter untuk audio dan visualnya tidak berkualitas tinggi.

23. Vegas Pro

Vegas Pro

Sebagai aplikasi edit video yang dikembangkan Sony dan diambil alih Magix, Vegas Pro adalah salah satu software yang patut diperhitungkan. Aplikasi ini sudah dipakai oleh banyak profesional di industri film, televisi, dan lain-lain. 

Vegas Pro terkenal sebagai aplikasi yang fleksibel dan efisien karena memiliki workflow dan tool yang dapat meningkatkan kecepatan produksi.

Dengan Vegas Pro, Anda dapat mengedit klip dengan timeline dan mengaplikasikan efek dan elemen menarik di video. Misalnya seperti memperlambat kecepatan playback di frame tertentu. 

Anda juga bisa menggunakan aplikasi video editing ini untuk membuat special effect seperti judul 3D. Atau, menggunakan Vegas Pro untuk membuat hak cipta karya Anda.

Harga: USD399 untuk lisensi, dan USD199 untuk upgrade softwarenya.

Keunggulan:

  • Sangat cocok untuk membuat montase (mengedit dan menggabungkan potongan film) yang berkualitas. 
  • Software yang selalu up to date.

Kekurangan:

  • Opsi transisi yang terbatas untuk versi gratisnya.
  • Waktu rendering yang cukup lama.
  • Harganya cukup mahal.

24. Kdenlive

Kdenlive

Dulu Kdenlive mungkin aplikasi video marketing yang populer di kalangan pengguna Linux. Namun, sekarang developer telah meluncurkan aplikasi ini untuk pengguna Mac dan Windows! 

Aplikasi video marketing Kdenlive memiliki fungsi unggulan yaitu multi-track timeline, dilengkapi dengan banyak efek dan transisi.

Aplikasi ini mendukung video dalam format AVCHD, DV, maupun HDV. Tidak kalah hebat dengan aplikasi video marketing yang lain. 

Aplikasi Kdenlive support untuk digunakan di dua monitor, untuk multi-track timeline, clip list, customizable layout, dan efek dasar. Selain itu, Kdenlive merupakan aplikasi video marketing yang hampir tidak pernah mengalami crash lho!

Harga: Gratis.

Keunggulan:

  • Memiliki tool analisis termasuk histograms, audio meter, waveform, vectorscopes, dan masih banyak lagi.
  • Interface yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Tidak dibutuhkan instalasi yang rumit. Cukup unzip file-nya lalu jalankan programnya. 

Kekurangan:

  • Update-annya lambat.
  • Tidak memiliki video efek yang bagus.
  • Tidak cocok untuk pemula.

25. Lightworks

Aplikasi Edit video Lightworks

Lightworks adalah software khusus video editing untuk videografer berpengalaman. Lightworks telah digunakan oleh banyak program televisi dan film yang memenangkan penghargaan. 

Aplikasi ini termasuk aplikasi edit video kelas top yang mampu mengoreksi  warna, motion graphic, dan memiliki kemampuan komposisi (composting)

Aplikasi ini membutuhkan tingkat pengetahuan tinggi dalam pengoperasiannya. Itulah mengapa, hanya profesional videografer yang cocok mengoperasikannya. 

Anda bisa menggunakan versi gratisnya terlebih dahulu jika ingin mencoba fungsi dan dan fitur basicnya. Jika Anda puas, Anda bisa mulai berlangganan versi berbayarnya.

Harga: Tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar, Anda harus menyiapkan USD 24.99 per bulan, USD 2,099 per tahun, USD 5,255 untuk lifetime.

Keunggulan:

  • Interface yang mudah dan sederhana.
  • Dilengkapi toolbar yang menyediakan banyak hal. Akses ke alat perekam video atau audio stream. Mengimport windows (video, sound, atau image). Dan mengekspor windows.
  • Support untuk video 2K, 4K, PAL, NTSC, dan HD.

Kekurangan:

  • Fasilitas 4K UHD untuk YouTube hanya tersedia di versi software yang berbayar. 
  • Tidak jelas di mana data disimpan.

26. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere pro

Aplikasi edit video yang satu ini adalah yang terbaik di kelasnya. Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak tool lanjutan (advanced) yang bisa membantumu menghasilkan video yang berkualitas. 

Versi CS6 Adobe Premiere Pro menampilkan desain ulang secara signifikan serta integrasi dengan dua produk Adobe yang lain. Seperti Adobe Prelude untuk pencatatan dan perekaman video, serta Adobe SpeedGrade untuk koreksi warna.

Selain itu, Adobe Premiere Pro juga menawarkan Adobe After Effects untuk motion graphic, visual effect, dan composting. Ada juga Adobe Audition untuk mengerjakan multi-track audio. Semua fungsi dan fiturnya tentu akan sempurna bagi videografer profesional seperti Anda. 

Harga: Memiliki versi gratis dan berbayar. USD 19.99 per bulan untuk Adobe Premiere Pro. USD 39.98 per bulan untuk Adobe Premiere Pro +1 aplikasi creative cloud. USD 49.99 dan USD 74.99 per bulan untuk Full Adobe Creative Cloud

Keunggulan: 

  • Memungkinkan Anda melakukan akses langsung lewat sumber database video.
  • Sangat responsif, stabil, dan memiliki semua tool profesional yang Anda butuhkan.

Kekurangan:

  • Tidak support untuk video 4K.
  • Anda hanya bisa menginput video lebih kecil dari 5 GB. 
  • Harga yang cukup mahal. 

Sudah Bisa Pilih Aplikasi Edit Video Mana yang Cocok?

Tidak perlu bingung. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Jika Anda bingung mau menentukan aplikasi edit video yang mana, mulai saja dari memilih empat kategori di atas. Setelah memilih salah satu dari keempat kategori tadi, selanjutnya Anda tinggal melihat keunggulan, dan kekurangannya. Atau, Anda bisa juga lihat tabel di bawah ini untuk bahan pertimbangan tambahan.

Untuk mengikuti tren pasar yang mulai beralih ke konten video, Anda perlu membuat konten video yang semenarik mungkin! Tentu tujuannya agar promosi bisnis Anda bisa sukses dan mendatangkan banyak pelanggan. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Oh ya, agar Anda lebih mudah melakukan promosi bisnis, ada baiknya baca juga artikel kami lainnya yang terkait. Seperti misalnya: Panduan Lengkap Membuat Video Marketing dan Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Akhir kata, selamat membuat konten video marketing!

0
Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]