Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

13+ Website untuk Download Berbagai Font Keren!

7 min read

Font memiliki peran penting dalam desain website. Sebab, dengan menggunakan font keren, website Anda akan lebih sedap dipandang. Tapi.. Masalahnya Anda belum tahu di mana website untuk download berbagai font menarik.

Tak perlu khawatir, karena di artikel ini kami akan membahas 13+ website rekomendasi yang bisa Anda kunjungi untuk download font keren!

Namun sebelum masuk ke pembahasan utama, yuk tengok dulu apa yang perlu diperhatikan sebelum mengunduh font di berbagai website penyedia font.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengunduh Font 

Tipografi merupakan hasil karya seseorang yang dilindungi oleh hak kekayaan intelektual (HKI). Maka, akan ada lisensi atau persetujuan yang muncul dan harus dituruti ketika Anda akan mengunduh font tersebut. 

Misalnya, beberapa font mungkin bisa dipakai untuk proyek komersial. Namun, beberapa yang lain mungkin hanya bisa digunakan untuk proyek personal saja.

Penggunaan untuk proyek komersial, contohnya: Anda menggunakan font untuk keperluan bisnis pribadi atau perusahaan. Sedangkan untuk proyek personal, biasanya tidak berhubungan dengan bisnis. Contohnya seperti mendesain website portofolio pribadi.  

Yang terpenting, usahakan untuk selalu mengecek lisensi sebelum Anda memutuskan untuk mengunduh sebuah font terbaik. Tujuannya agar Anda tidak tersandung kasus persoalan hak cipta, atau HKI tadi. 

Di akhir artikel, kami telah merangkum mana saja website yang menyediakan font untuk proyek personal maupun komersial. Sekaligus apa-apa saja yang istimewa dari tiap situs penyedia font tersebut. Jadi, simak sampai akhir ya!

Baca Juga: Kombinasi Font Sempurna untuk Website Anda

13 Website untuk Download Berbagai Font Keren

Nah, sekarang mari kita lihat berbagai website yang memungkinkan Anda untuk download font keren!

1. Font Squirrel

contoh website penyedia font keren adalah font squirrel

Font Squirrel adalah website yang menyediakan berbagai font high quality untuk Anda download. Kebanyakan font yang ada di situs ini muncul dengan lisensi komersial sehingga tidak gratis. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa dengan mudah mengecek lisensi setiap font sebelum mendownloadnya, kok.

Yang istimewa dari situs penyedia font online terbaik ini adalah ia menyediakan pilihan multibahasa dan tools keren bermanfaat. Dua tool andalannya adalah Webfont Generator dan Font Identifier.  Dengan Webfont Generator, Anda bisa menciptakan web font sendiri sesuai keinginan dan gaya Anda. Lalu, untuk mendeteksi dan mencari font berdasar image, tool Font identifier bisa membantu Anda.  

2. Google Fonts

website google fonts untuk download berbagai font

Google Fonts adalah salah satu penyedia font keren populer dengan library yang berisi lebih dari 800 font families. Berbagai jenis font, dari Sans Serif, font tulisan tangan, font monospace, dan masih banyak lagi. 

Bagian terbaiknya, semua font tersebut tersedia dan bisa Anda download secara gratis! 

Selain itu, website penyedia font keren ini memiliki tampilan yang bersih, minimalis, dan cepat. Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengakses font-fontnya.

Itu juga yang jadi alasan mengapa banyak web desainer lebih mengandalkan Google Fonts ketimbang situs lainnya. Para web desainer bahkan tidak perlu mendownloadnya. Mereka bisa langsung menyalin dan menempel kode font-nya di website mereka. 

3. FontSpace

salah satu website penyedia font keren adalah font space

Jika dirasa persediaan font di Google Fonts masih kurang lengkap untuk Anda, cobalah FontSpace! Situs ini menyediakan koleksi yang sangat besar. Ada sekitar 68.000 font gratis dari ribuan desainer. Banyak banget, kan? FontSpace bahkan memiliki member yang kini jumlahnya kurang lebih 746.000.

Di situs ini, Anda tidak hanya bisa mencari font gratis untuk proyek personal. Namun juga mencari styles, mencari nama desainernya, membaca tulisan menarik di blognya, dan mengecek lisensi font sebelum mendownload.  

Nah, jika mendaftar jadi member, Anda bahkan akan dapat benefit lebih dari itu. Anda bisa membuat koleksi font favorit, menghubungi langsung desainernya, dan ikut berdonasi.

4. Abstract Fonts

website abstract fonts untuk download berbagai font

Abstract Fonts adalah website yang memungkinkan Anda untuk download berbagai font dengan kualitas tinggi. Jumlah font yang dimiliki situs ini yaitu lebih dari 14.000! Kebanyakan font yang tersedia di koleksinya bisa Anda gunakan gratis. Baik untuk proyek personal maupun komersial.

Namun Anda tetap harus mengecek lisensinya terlebih dahulu sebelum mendownload ya.

Seperti yang bisa Anda lihat di atas, Abstract Fonts memiliki tampilan website yang sederhana dan mudah digunakan.

Ia memiliki fitur sistem kategori yang memudahkan Anda mencari font berdasarkan kategorinya. Seperti new and popular, alphabetical, dan by designer. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengkustom previewnya dan mengupload font di situs Abstract Fonts. 

5. FontStruct

salah satu website penyedia font keren adalah fontstruck

FontStruct sebenarnya adalah tool untuk membuat font. Namun Anda juga bisa download font dengan jumlah yang banyak di website ini. Ada lebih dari 43.000 font gratis. Kebanyakan font yang tersedia di situs ini adalah buatan orang-orang yang juga menggunakan tool font bulding-nya.

Jadi jika dirangkum, situs FontStruct ini akan memberikan 3 benefit untuk Anda, antara lain: 

  • Anda bisa mencari font dan mendownloadnya secara gratis. 
  • Anda bisa membuat font sendiri dengan bentuk yang geometris. 
  • Anda bisa mengkloning font buatan desainer lain, kemudian mengkreasikannya kembali. Sesuai dengan keinginan Anda.    

6. 1001 Fonts

contoh website penyedia font keren adalah 1001 fonts

1001 Free Fonts adalah website penyedia font gratis yang usianya paling lama. Meskipun namanya 1001 fonts, situs ini menyediakan lebih dari 9.000 font lho! Keistimewaan situs ini ada pada koleksi font high quality-nya yang update dan fresh. Kebanyakan dari koleksi tersebut tersedia untuk kebutuhan komersial.

Sama seperti kebanyakan situs penyedia font. Di 1001 fonts, Anda bisa mencari font dari berbagai kategori. Misalnya, ukuran, style, dan font weight-nya. 

Oya, jangan lupa untuk mengecek lisensi tiap fontnya sebelum mendownload ya! Agar Anda terhindar dari masalah legal.

7. 7NTypes

website 7ntypes untuk download berbagai font

Anda bisa download font untuk desain dengan karakter cantik nan gemas di website 7NTypes! Website ini menyediakan font untuk proyek personal maupun komersial. 

Untuk font gratis lisensi personal, Anda bisa cek di kategori freebies di kolom sebelah kiri. Banyak juga font seharga $1 yang disediakan 7NTypes di kategori $1 Discount Deals

Ingin lebih hemat? Coba produk bundle-nya. Dengan produk bundle, Anda bisa mendapat beberapa font dengan harga yang lebih murah. Pada kategori Create Bundles, Anda bisa membuat bundle sendiri sesuai dengan pilihan font-font yang Anda butuhkan. Atau beli paket bundle yang sudah ditentukan fontnya di kategori Bundles. 

download template promosi bisnis niagahoster

Download Template Promosi Bisnis, GRATIS!!

Dapatkan template Facebook Ads, Instagram Ads dan Google Ads yang bisa Anda gunakan untuk keperluan promosi.

Download Sekarang Di Sini



8. UrbanFonts

website urbanfonts untuk download berbagai font

Urban Fonts adalah website penyedia font keren gratis lainnya yang bisa jadi pilihan. Berbeda dengan situs penyedia font lainnya, Urban Fonts memberikan fitur yang lebih detail. Anda bisa melihat semua karakter tiap font, sekaligus melakukan test drive sebelum mendownloadnya.

Melalui Urban Fonts, Anda juga dapat mencari font sesuai dengan kategori tema, abjad, dan kategori lainnya. Dan jika Anda membuat akun di situs ini, Anda punya benefit lain yaitu menyimpan font untuk keperluan proyek mendatang. 

9. Befonts

website befonts untuk download berbagai font

Website lain yang memiliki banyak stok font terbaik gratis adalah Befont. Font yang disediakan Befonts didesain oleh para desainer profesional dan pekerja kreatif dari berbagai belahan dunia. Itu juga yang jadi alasan kenapa kebanyakan font milik Befonts merupakan sampel gratis dari versi premiumnya.  

Yang istimewa dari Befonts adalah ia memiliki menu menu identification. Di menu ini, Anda bisa menanyakan nama sebuah font yang ingin Anda tahu dengan melakukan add topic.

Oya, Anda bisa menggunakan font-font yang ada di Befonts untuk proyek komersial maupun personal lho!

10. FontSpring

website fontspring untuk download berbagai font

Anda seorang desainer pro? Butuh situs penyedia font premium untuk proyek komersial? Mungkin FontSpring bisa jadi pilihan. FontSpring adalah marketplace yang spesialisasinya menyediakan font premium. Meskipun begitu, Anda bisa juga mendownload banyak font secara gratis di situs ini.

Di situs FontSpring, Anda bisa melakukan pencarian font dengan mudah karena klasifikasinya di sisi kanan. Misalnya tags, font styles, lisensi, dan bahkan kategori bahasanya. Selain itu, FontSpring menyediakan informasi mendetail tentang lisensi font di tiap page fontnya.

11. Awwwards

website awwwards untuk download berbagai font

Awwward merupakan website yang cukup populer di kalangan desainer web. Website ini menyediakan koleksi font gratis terbaik dari berbagai desainer di seluruh dunia. Bisa dikatakan, Awwwards tidak hanya situs yang bisa memberi Anda font apik pilihan. Tapi juga memfasilitasi desainer untuk berbagai font karya mereka. 

Dengan Awwwards, Anda bisa saja memperoleh font yang paling unik dan tidak biasa yang pernah Anda lihat. Perhatikan saja tampilan websitenya, menarik dan memanjakan mata bukan?

Oya, kebanyakan dari fontnya adalah untuk kebutuhan personal. Jadi jika Anda mencari font untuk proyek komersial, situs ini bukan situs yang tepat

12. Fontsly

website fontsly untuk download berbagai font

Fontsly adalah situs penyedia font gratis berikutnya yang bisa jadi pilihan. Ia menyediakan koleksi yang banyak sekali dari berbagai style font. Namun, kebanyakan dari font gratis di Fontly hanya tersedia untuk kebutuhan personal. 

Kategori font yang Fontsly sediakan pun cukup banyak. Antara lain: Basic, Bitmap, Dingbats, Fancy, Foreign look, Gothic, Holiday, Script, dan Techno.

Selain itu, tampilan websitenya yang sederhana tentu akan memudahkan Anda dalam navigasi. 

13. Dafont

website dafont untuk download berbagai font

Untuk Anda yang butuh font hanya untuk keperluan pribadi, Dafont bisa jadi pilihan. Sebab, sebagian besar font di situs ini memang tersedia untuk proyek personal. Meskipun begitu, situs ini tetap memiliki sejumlah font dengan lisensi komersial.

Yang spesial dari Dafont adalah ia memiliki fitur category system. Dengan fitur ini, Anda bisa mencari koleksi fontnya sesuai dengan kategorinya. Misalnya font tema video game, horror, Valentines, dan masih banyak lagi. Sehingga, Anda bisa lebih mudah mencari font untuk setiap proyek Anda yang berbeda.   

14. MyFonts

website myfonts untuk download berbagai font

My Font adalah situs lain yang menyediakan font keren berbayar dan gratis. Jadi di antara berbagai font family, Anda punya pilihan mau menggunakan fontnya yang berbayar atau gratis. Meskipun berbayar, harga font yang ditawarkan MyFonts cukup murah. Banyak di antaranya bahkan didiskon.

Nah, jika Anda sudah menentukan pilihan. Jangan lupa untuk memilih jenis lisensi yang tepat. Baik untuk desktop (logo produk, atau dicetak di cover buku), atau untuk webfont Anda (self-hosted font untuk website Anda). 

5+ Rekomendasi Font Keren Gratis yang Bisa Anda Coba

Apakah Anda bingung ingin menggunakan font apa di website-website font di atas? Tak perlu khawatir, kami punya rekomendasi font keren gratis yang bisa Anda coba.

1. Cormorant

ilustrasi font cormorant
Sumber gambar: Catharsis Fonts

Diciptakan oleh Christian Thalmann, Cormorant bisa dikatakan merupakan salah satu font formal gratis yang paling elegan. Desain Cormorant terinspirasi dari font yang digunakan pada abad ke-16 dengan sentuhan modern.

2. Libertinus Serif

ilustrasi font libertinus serif
Sumber gambar: Font Squirell

Apakah Anda sedang mencari font gratis yang berkelas? Gunakan saja Libertinus Serif! Libertinus Serif merupakan font bergaya klasik hasil dari kombinasi font Linux Libertine dan Linux Biolinum yang disempurnakan.

3. Archive Grotesk

ilustrasi font archive grotesk
Sumber gambar: Tomas Clarkson

Diciptakan oleh Tomas Clarkson, Archive Grotesk adalah font jenis sans yang sangat minimalis. Hebatnya, walaupun gratisan, tapi Archive Grotesk sangat lengkap. Mulai dari huruf kapital, huruf kecil, hingga angka. Alhasil, font ini sangat cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan.

4. Nimitz

ilustrasi font nimitz
Sumber gambar: Bart Wesolek

Nimitz adalah font gratis yang berjenis all-capitals ciptaan Bart Wesolek bertema retro. Nimitz memiliki tiga style, yakni rough, clean, dan textured. Sehingga penggunaanya bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

5. Paralines

ilustrasi font paralines
Sumber Gambar: Lewis Latham

Seperti namanya, Paralines adalah font yang memiliki bentuk selayaknya garis-garis paralel. Uniknya, font ini memancarkan kesan retro dengan sentuhan tipografi modern. Sangat cocok untuk kebutuhan bertema tahun 1970-an atau 1980-an.

6. The Cat Has a Hat

ilustrasi font the cat has a hat
Sumber gambar: Lukee Thornhill

Terinspirasi dari buku anak-anak klasik karangan Dr. Seuss, the Cat Has a Hat adalah font bernuansa ceria dan santai. Bisa dikatakan kalau The Cat Has a Hat adalah salah satu font keren gratis terbaik yang bisa menonjolkan identitas brand Anda. 

Manakah Website Download Font yang Paling Menarik untuk Anda? 

Itu tadi 13 website yang bisa Anda kunjungi untuk download font keren terbaik. Seperti janji kami di awal. Kami telah merangkum ketiga belas website penyedia font tadi untuk membantu Anda mencari font terbaik.

Nama FontCocok untukKelebihanMemiliki Font gratis?
Font SquirrelProyek komersial.Multibahasa. Memiliki tool Webfont Generator dan Font Identifier.Ya, sedikit.
Google FontsProyek komersial maupun personal.Anda bisa menyalin dan menempel kode font ke website Anda.Ya, semuanya gratis.
FontSpaceProyek personal maupun komersial.Dapat membuat koleksi font favorit, menghubungi desainer, berdonasi.Ya, banyak.
Abstract FontsProyek personal maupun komersial.Anda bisa mengkustom previewnya dan mengupload font di situs Abstract Fonts. Ya, banyak.
FontStructProyek personal maupun komersial.Bisa membuat dan mengkloning font.Ya, banyak.
1001 FontsProyek personal maupun komersial.Memiliki  koleksi font high quality-nya yang update dan fresh.Ya, banyak.
7NTypesProyek personal maupun komersial.Memiliki pilihan font bundles dan create bundle.Ya, banyak.

Urban Fonts
Proyek personal maupun komersial.Anda bisa melihat semua karakter tiap font, sekaligus melakukan test drive sebelum mendownloadnya.Ya, banyak.
BefontsProyek personal maupun komersial.Anda bisa menanyakan nama sebuah font yang ingin Anda tahu dengan cara mengupload gambarnya. Ya, banyak.
FontSpringProyek komersial.FontSpring menyediakan informasi mendetail tentang lisensi font di tiap page fontnya.Ya, cukup banyak.
AwwwardsProyek personal.Anda bisa saja memperoleh font yang paling unik dan tidak biasa yang pernah Anda lihat.Ya, banyak.
Fontsly Proyek personal.Kategori font banyak, tampilan website sederhana.Ya, banyak.
DafontProyek personal.Memiliki fitur category system.Ya, banyak.
MyFontsProyek personal maupun komersial.Bisa digunakan untuk font desktop atau self-hosted font.Ya, cukup banyak.

Nah, semoga review di atas ini bisa membantu proyek personal maupun komersial Anda ya! Sukses selalu!  





Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *