Putri Aprilia an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

7 Website Template Video Terbaik 2020

5 min read

Website Template Video Terbaik

Pada bahasan sebelumnya, Anda sudah belajar tentang video marketing. Namun, membuat video pemasaran sendiri ternyata tidaklah mudah. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menggunakan template video. 

Saat ini, banyak website penyedia template video gratis. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Sayangnya, banyaknya pilihan kadang justru membuat Anda bingung, kan?

Tak perlu khawatir. Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi template video terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan tips membuat video yang baik untuk pemasaran bisnis Anda. 

Langsung saja simak penjelasannya berikut ini. 

7 Website Template Video yang Bisa Anda Coba

Berikut ini beberapa rekomendasi website template video terbaik dari kami:

1. Biteable

template video Biteable

Biteable merupakan website template video yang cukup kami rekomendasikan. Alasannya, tampilan website mereka sangat user-friendly. Pengelompokkan template berdasar tema juga akan memudahkan Anda mendapatkan template yang dibutuhkan. 

Tidak hanya itu, Anda bisa menemukan template video khusus untuk platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menjalankan social media marketing dengan lebih efektif. 

Biteable tak akan membuat Anda kehabisan ide. Ada lebih dari 85.000 gambar dan animasi yang bisa Anda pakai untuk membuat video. Setiap animasi berdurasi 3-5 detik, cukup untuk menampilkan pesan promosi dengan efektif. Bahkan, Anda bisa mengedit font, warna, durasi, dan konten sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin membuat video footage, tak perlu khawatir. Ada sekitar 800.000 klip footage tersedia dengan beragam kategori. Apalagi jika ditambahkan audio keren yang disediakan, tentu akan lebih menarik perhatian audiens.

2. Storyblocks

Storyblocks

Selain Biteable, Storyblocks juga merupakan website ideal untuk mencari template video untuk bisnis. Kenapa demikian? 

Yang utama, koleksi template Storyblocks cukup lengkap. Tak kurang dari 835.000 video, 125.000 file audio, dan 427.000 gambar bisa Anda gunakan. Jadi, Anda tak akan kehabisan ide konten untuk video marketing Anda. 

Selain itu, Anda bisa leluasa memilih resolusi video sesuai kebutuhan promosi. Mulai dari kualitas HD hingga kualitas 4K. 

Bukan itu saja, Storyblocks memudahkan Anda untuk memilih footage atau video dengan durasi tertentu. Artinya, Anda tak perlu repot melakukan upaya lanjutan seperti trim video, kan?

Bahkan, Anda juga dapat memilih video dengan frame rate sesuai kebutuhan Anda, mulai dari 24 fps sampai 60 fps. Pemilihan frame rate yang tepat akan membuat video Anda lebih nyaman untuk ditonton. 

3. Videezy

Template video Videezy

Ingin membuat video marketing untuk website atau YouTube? Videezy bisa menjadi pilihan. Bahkan, untuk iklan di TV atau channel broadcasting lain, website template video ini bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik. 

Videezy menyediakan banyak template dengan kualitas gambar yang bagus. Anda tak perlu bingung untuk menemukan template yang dibutuhkan. Semua template ditata dalam kategori tema yang intuitif. Baik berdasar aplikasi editing yang digunakan seperti After Effect, atau berdasar tema seperti alam, binatang, langit, dan perkotaan. 

Bahkan, Videezy juga menyediakan footage yang direkam menggunakan drone. Ini tentu cocok untuk Anda yang ingin membuat video promosi dengan tema company profile. Tanpa perlu melakukan upaya yang rumit, video marketing Anda bisa dibuat dalam waktu cepat.

4. Canva

Canva

Anda ingin membuat video promosi khusus untuk media sosial? Canva bisa jadi pilihannya. Website ini menyediakan banyak template video khusus untuk media sosial. Misalnya Instagram story, Facebook videos, dan YouTube video ads. 

Pilihan templatenya pun cukup lengkap apapun jenis bisnis Anda. Mulai dari bisnis kuliner, wisata, desain hingga pendidikan.

Tak hanya itu, Canva juga menyediakan template untuk intro dan outro video Youtube. Jadi, jika Anda sudah memiliki video marketing dan ingin menguploadnya ke YouTube, tinggal tambahkan intro dan outro yang sesuai. 

Tak perlu khawatir video Anda akan terlihat ketinggalan tren. Sebab, Anda bisa memilih intro yang trending di YouTube.

5. Elements.Envato

Elements Envato

Element Envato merupakan salah satu website penyedia template yang bisa Anda kunjungi. Koleksinya cukup lengkap dan tidak hanya template video saja. Ada template foto, template untuk presentasi, fonts, dan lainnya.

Template yang disediakan telah dikelompokkan sesuai jenisnya. Jadi, akan memudahkan Anda ketika membutuhkan template khusus, misalnya untuk opening, title, template logo, dan masih banyak lagi. 

Element Envato juga menyediakan template untuk berbagai aplikasi edit video seperti After Effect, Premiere Pro, Apple Motion, dan Final Cut Pro. Pilihlah template sesuai aplikasi favorit Anda, dan tak perlu khawatir template tidak dapat terbaca. Proses pembuatan video pun akan jadi lebih mudah, bukan?

Jika tampilan visual saja belum cukup, Anda bisa mendapatkan beragam efek suara yang disediakan. Mulai dari suara alam, perkotaan, manusia, musik tradisional, dan masih banyak lagi. Jadi, Anda bisa membuat video yang utuh dengan mudah dan cepat.

6. Editorsdepot

Editorsdepot

Editorsdepot bisa jadi pilihan Anda untuk mengedit video. Anda tak perlu repot menyesuaikan penggunaannya. Cukup pilih template dari aplikasi video editing yang Anda gunakan, seperti After Effects, Blender, Sony Vegas, atau Cinema4D

Kalau Anda sudah memiliki video mentahnya, cukup edit saja. Anda tinggal menambahkan intro atau outro yang telah disediakan website ini. Intro atau outro video yang disediakan terdiri dari video 2D dan 3D. Jadi, semakin banyak pilihan jenis konten video yang bisa dibuat. 

Selain itu, Editorsdepot juga menyediakan template video tipografi dengan pilihan yang keren. Inilah yang tidak dimiliki oleh beberapa website yang sudah kami sebutkan. Kualitas video tema tipografi yang dimiliki Editorsdepot bisa dikatakan sangat unggul. 

7. Velosofy

Velosofy

Velosofy merupakan website yang menyediakan banyak pilihan template video. Ada lebih dari 3800 template yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Anda tak akan kebingungan dalam memilih template karena desain tampilan sangat intuitif. 

Keunggulan lainnya, Velosofy juga menyediakan template yang sangat cocok untuk kebutuhan video untuk YouTube. Misalnya, template thumbnail video, banner, dan lainnya. 

Ingin membuat video marketing dengan audio visualizer? Bisa. Bahkan ada ribuan template keren yang bisa Anda manfaatkan agar promosi produk semakin menarik. 

Velosofy juga kaya akan template minimalis. Jenis video yang simple tentu akan lebih terlihat profesional dengan pesan yang jelas. Anda bebas menjelajahi website ini untuk menemukan template video yang pas. Bahkan, Anda bisa mengedit template sesuai kebutuhan promosi yang dijalankan.

Baca Juga: Belajar SEO: Panduan Terbaru Raih Peringkat Satu 

3+ Tips Membuat Video Marketing yang Menarik 

Nah, setelah mendapatkan template video yang dibutuhkan, Anda bisa mulai membuat video bisnis dengan beberapa tips berikut: 

1. Tentukan Tujuan Video Anda

Sebelum membuat video, Anda perlu menentukan tujuan pembuatannya. Misalnya, untuk meningkatkan brand awareness atau penjualan. 

Selain itu, Anda juga perlu menentukan target audiens. Apakah pemilik bisnis, pekerja, bahkan mahasiswa? Dengan mengetahui target audiens, Anda bisa membuat konten yang sesuai target. Misalnya, dalam menentukan jenis musik yang digunakan, bahasa pesan yang digunakan, dan lainnya. 

Jenis konten juga perlu Anda tentukan di awal. Misalnya, konten promosi, edukasi, tutorial, atau testimonial. Jenis konten seperti apa yang tepat? Anda bisa melakukan riset konten melalui media sosial untuk memahami target pasar Anda. 

Sebagai contoh, untuk konten testimonial, Anda akan lebih fokus pada konsumen dan menggunakan template lower third. Atau, untuk edukasi, Anda bisa menggunakan jenis video dengan template animasi.

Bahkan, Anda bisa juga melihat video kompetitor untuk mendapatkan ide konten yang menarik. 

2. Buat Rancangan Video dengan Storyboard

Setelah menentukan tujuan video, Anda bisa mulai membuat rancangan video dengan storyboard. 

Apa itu storyboard? Storyboard merupakan skrip cerita yang berbentuk gambar. Fungsinya untuk memberikan bagaimana gambaran pembuatan video per adegan. Dengan storyboard, Anda jadi bisa membuat proses pembuatan video sesuai rencana dan efisien. 

Nah, supaya Anda punya bayangan tentang storyboard, Anda bisa melihat contoh di bawah ini.

Storyboard Video Marketing

Singkatnya, dengan menggunakan storyboard, Anda lebih mudah mencari template yang tepat dan proses pembuatan video jadi lebih efisien. 

Hal ini pun bisa Anda terapkan pada berbagai jenis konten. Misalnya, untuk video dengan fokus tipografi. Anda bisa menentukan adegan per pesan promosi dan tata letak yang akan ditampilkan. 

3. Edit Video dengan Elemen yang menarik 

Tips selanjutnya, tambahkan efek atau elemen sesuai kebutuhan untuk menunjang visual video. Elemen dapat berupa, teks, gambar, efek tertentu seperti shadow, dan lainnya. 

Anda bisa menggunakan template dari berbagai website di atas dan melakukan editing minimal. Namun, jika dirasa masih kurang, Anda bisa menggunakan aplikasi edit video untuk proses editing yang lebih kompleks. Apalagi tiap aplikasi memiliki koleksi elemen yang berbeda. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Untuk membuat video yang menarik, hindari menambahkan elemen yang tidak terlalu penting. Jangan sampai penonton Anda justru tidak fokus pada poin utama video Anda.

4.  Promosikan Video di Media Sosial 

Apa artinya video yang keren tanpa banyak yang melihat? Nah, itulah pentingnya upaya promosi. Anda bisa menggunakan berbagai platform media sosial bisnis Anda, seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Dengan langkah ini, video Anda akan lebih mudah menjangkau banyak audiens. 

Ada salah satu trik agar video Anda lebih mudah menjadi viral, yaitu menggunakan YouTube. Kenapa demikian? Sebab, YouTube memiliki keunggulan dalam kemudahan berbagi antar platform. Baik ke Facebook, Twitter, blog hingga forum seperti Reddit.

Semakin sering video Anda dibagikan, semakin besar kemungkinan jumlah viewersnya, bukan?

Nah, salah satu upayanya, Anda bisa melakukan optimasi SEO YouTube. Dengan langkah SEO yang benar, video Anda akan mudah menduduki peringkat atas hasil pencarian. 

Lebih Mudah Bikin Video Marketing Pakai Template Video!

Nah, itu tadi rekomendasi website template video online yang bisa Anda pilih. Dengan menggunakan template video yang tepat akan memudahkan Anda membuat video marketing.

Masing-masing website punya kelebihan tersendiri. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan tampilan yang intuitif, Biteable bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk video template sesuai aplikasi editing, Elements Envato tentu lebih unggul.

Namun, karena menggunakan template saja tidak cukup, kami juga sudah memberikan tips membuat video marketing yang bagus. Mulai dari membuat ide cerita yang menarik, membuat storyboard, hingga mempromosikan video ke media sosial. 

Oh iya, jika Anda ingin lebih mudah dalam membuat iklan online, Anda juga bisa pakai template. Kami memiliki template iklan terbaik yang bisa Anda download gratis. 

0
Putri Aprilia an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.
[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]