VPS

Mengenal Apa itu KVM VPS dan Keunggulannya

KVM atau Kernel-based Virtual Machine adalah salah satu teknologi yang paling populer digunakan untuk virtualisasi VPS saat ini. Faktanya, sebanyak 94 persen pengelola server ternyata menggunakan KVM dalam virtualisasinya. 

Namun, tahukah Anda apa itu KVM secara detail? Apa saja sih keunggulan teknologi virtualisasi KVM ini sehingga digandrungi banyak orang?

Nah, jawabannya akan Anda dapatkan di artikel ini. Tenang saja, kami akan membahasnya secara detail dan mudah dipahami. Jadi, langsung saja yuk simak pembahasannya! 

Apa itu KVM?

Kernel-based Virtual Machine atau KVM adalah sebuah teknologi virtualisasi yang digunakan untuk membagi server fisik secara virtual menjadi beberapa resource dedicated. Nah, resource dedicated inilah yang biasa Anda sebut VPS

Sesuai namanya, KVM ini berupa mesin virtual yang akan berjalan di kernel server sistem operasi Linux.  Dengan kernel server Linux, KVM mampu memiliki performa dan kemampuan upgrade kapasitas (skalabilitas) yang lebih baik. Di mana ketika ada lonjakan trafik, server bisa tetap stabil. 

Setiap KVM VPS yang dihasilkan akan memiliki kernel independen. Artinya, masing-masing VPS dapat memodifikasi kernelnya dan bebas menggunakan sistem operasi apa saja, baik Linux atau Windows. Dengan begitu, Anda bisa lebih fleksibel mengoperasikan VPS dengan sistem operasi sesuai kebutuhan Anda. 

Adanya kernel independen membuat Anda juga dapat memiliki 100% sumber daya dan RAM yang dedicated. Jelas saja performa KVM VPS dapat semakin tinggi! 

Berbeda dengan virtualisasi lainnya, seperti OpenVZ yang menggunakan shared kernel bersamaan dengan VPS-nya. Jadi, Anda tak bisa leluasa menggunakan OS lain. 

Sumber daya yang Anda miliki di OpenVZ pun terbagi dengan pengguna VPS lainnya. Sehingga jika pengguna lain menggunakan sumber daya tersebut melebihi kapasitas, kemungkinan website Anda bisa overload. 

Nah, dengan teknologi virtualisasi KVM VPS ini. Anda bisa menggunakan server layaknya dedicated, tetapi dengan harga yang terjangkau. 

Supaya lebih paham, sekarang coba simak analogi berikut:

Kalau ibarat lingkup perumahan, maka komplek adalah server fisik, lalu setiap rumah yang ditempati adalah VPS, dan pengembang komplek adalah KVM. 

Setiap pengembang komplek akan membagi perumahan menjadi beberapa rumah dengan fasilitasnya masing-masing. Misalnya seperti tempat parkir, taman, teras, ruang tamu, ruang tidur, dapur, kamar mandi, dan sebagainya.  

Nah, setiap pengembang tentu punya standar kualitas bangunannya sendiri. Semakin baik pengembang perumahan itu tentu rumah yang ditawarkan semakin bagus. Mulai dari material yang berkualitas, desain yang menarik, lebih kokoh, dan daerahnya yang aman.  

Sama halnya dengan KVM, semakin bagus kualitas data center, infrastruktur server, hingga keamanannya, semakin berkualitas VPS yang Anda dapatkan. 

Baca juga: Pengertian KVM, OpenVZ, dan XEN dalam Virtualisasi VPS

5 Keunggulan Teknologi Virtualisasi KVM

Berikut beberapa keunggulan teknologi virtualisasi KVM yang perlu Anda ketahui! 

1. Dapat Digunakan di Berbagai OS

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, VPS KVM memiliki lingkungannya sendiri yang terpisah dari kernel KVM. Sehingga memungkinkan Anda menggunakan sistem operasi yang Anda kuasai untuk konfigurasi, baik Linux atau Windows. 

Hal ini berbeda dengan teknologi virtualisasi lainnya, seperti OpenVZ yang hanya bisa dijalankan di OS Linux. 

2. Lebih Efisien

Keunggulan lainnya, kinerja KVM dianggap lebih efisien, sebab KVM berjalan di dalam kernel Linux. Di mana kernel Linux tersebut sudah memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan hypervisor (server induk). 

Jadi, KVM tak perlu lagi untuk memodifikasi dan menulis semua komponen sistem operasinya lagi. 

3. Didukung RAM dan CPU Tersendiri

Virtualisasi KVM memungkinkan Anda memiliki RAM dan CPU sendiri. Yap, literally sendiri. Artinya, pengguna lain tak bisa “nyomot” resource yang ada pada RAM dan CPU Anda. Begitu juga sebaliknya. 

Sebab. Setiap server berdiri sendiri dalam sebuah kernel yang mampu membuat resource lebih besar dan dedicated. Jadi, performa website Anda akan selalu stabil dan optimal. 

4. Sanggup Menampung Trafik Tinggi

KVM VPS mampu menampung website dengan trafik yang sangat tinggi sekalipun. Alasannya sederhana, sebab Anda memiliki resource dedicated yang tak akan terpengaruh oleh kinerja dari website lain. 

Semisal, trafik website lain dalam dalam satu server fisik memiliki jumlah trafik yang membludak. Maka, lonjakan tersebut tak akan berpengaruh apa-apa pada website Anda. 

5. Mampu Menghandle Website dengan Resource Tinggi

Selain mampu menampung trafik yang tinggi, KVM juga dapat menghandle website dengan resource tinggi. Misalnya seperti website toko online yang harus mengupload banyak gambar, menampung data pelanggan, dan lainnya. 

Seluruh resource Anda baik CPU, RAM, dan storage dijamin tetap dedicated sehingga website lebih stabil. 

Semisal, Anda memiliki server dengan CPU 1 Core dan RAM 1 GB. Pengguna VPS KVM lain tidak bisa menggunakan sumber daya server Anda atau yang lainnya. Pun, jika pengguna lain menggunakan resourcenya secara maksimal, hal ini tak akan mempengaruhi website Anda. 

6. Tersedia Data Center di Indonesia

Hal yang tak kalah penting adalah data center KVM VPS ternyata juga terdapat di Indonesia. Artinya, jika target pengunjung website Anda sebagian besar berada di Indonesia, akses website bisa lebih cepat. 

Baca juga: Fungsi VPS: Ketahui Hal ini Sebelum Menggunakan VPS

Jadi, KVM VPS adalah…

KVM atau Kernel-based Virtual Machine adalah teknologi virtualisasi VPS berbasis Linux yang memungkinkan Anda memiliki server dedicated.

Dengan berbasis kernel dan resource yang mandiri, tak heran VPS KVM memiliki banyak keunggulan dibanding virtualisasi lainnya. Beberapa di antaranya seperti: 

  • Dapat digunakan di berbagai OS;
  • Lebih Efisien;
  • Didukung RAM dan CPU Tersendiri;
  • Mampu menghandle website resource tinggi;
  • Mampu menampung trafik yang tinggi;
  • Tersedia Data Center di Indonesia.

Jelas saja KVM VPS lebih digandrungi banyak orang, kan?

Semua manfaat VPS KVM itu sekarang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau hanya di Niagahoster. Mulai dari Rp90-ribuan aja per bulan, Anda bisa memilih satu dari beberapa paket VPS KVM Niagahoster. Murah banget, bukan? 

Layanan VPS KVM yang kami tawarkan ini sistemnya unmanaged. Meski begitu, kami juga akan selalu memastikan kondisi server Anda dalam kondisi baik dengan layanan server monitoring. Jadi, kemungkinan server Anda mengalami downtime dapat diminimalkan. 

Setelah mengetahui apa itu KVM, Anda tertarik pakai layanan VPS KVM? Langsung cek dulu paket yang tersedia di laman berikut.

Putri Aprilia

Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Tutorial Nextcloud: Fitur, Keunggulan dan Cara Install Nextcloud di Cloud VPS

Anda sampai di artikel ini karena ingin tahu cara install Nextcloud di VPS? Selamat, Anda berada di halaman yang tepat!…

18 hours ago

Panduan Deploy Website Berbasis Python di cPanel

Banyak website yang dibangun menggunakan Python, contohnya Google. Selain menawarkan performa yang baik, pilihan cara deploy website berbasis Python juga…

2 days ago

Iptables: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Anda khawatir server Anda akan mendapat serangan kejahatan online? Jika iya, cobalah menggunakan iptables firewall untuk meningkatkan keamanan server tersebut.…

3 days ago

Gambar Tidak Muncul di Web? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Sudah habis banyak waktu untuk upload gambar, eh malah gambar tidak muncul di web. Belum lagi, tampilan website pun jadi…

4 days ago

Apa itu Pitch Deck? Trik Membuat Pitch Deck untuk Menarik Investor

Apakah Anda tahu bahwa 29% startup gagal karena kekurangan modal? Jangan sampai startup Anda tumbang karena sebab yang sama. Solusi…

5 days ago

Cara Menerapkan Referral Marketing untuk Bisnis Online

Referral marketing adalah salah satu strategi word of mouth terampuh untuk menghasilkan konsumen baru. Bagaimana caranya? Simak disini!

5 days ago