Categories: VPS

Cara Install ionCube Loader di Ubuntu

ionCube adalah tools yang digunakan untuk melindungi software yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP. Tujuannya adalah agar kode program PHP tidak dilihat, diubah, dan dijalankan pada komputer yang tidak berlisensi. Tool ini berfungsi untuk mengenkripsi kode program PHP agar tidak mudah diretas atau dirusak oleh para pembajak software yang tidak memiliki lisensi software.

Apabila Anda sedang mengembangkan aplikasi atau website development, Anda bisa menggunakan ionCube untuk meng-encrypt kode penting agar tidak terjadi pembajakan aplikasi. Pada panduan ini akan memberikan tutorial cara install ionCube Loader di VPS Ubuntu.

Cara Install ionCube Loader

Berikut ini adalah langkah-langkah proses instalasi ionCube Loader di VPS dengan sistem operasi Ubuntu.

Langkah 1 Install Apache

Pertama,  install Apache pada Ubuntu menggunakan perintah berikut :

~# sudo apt-get install apache2 libapache2-mod-php

Setelah proses instalasi Apache selesai, Anda perlu mengecek apakah instalasi berhasil atau tidak. Anda bisa mengeceknya dengan membuka IP server Anda seperti ini:

http://IP-Server-Anda

Jika muncul gambar seperti di bawah ini, artinya proses instalasi Apache telah berhasil.

Langkah 2 Install PHP

Selanjutnya adalah proses instalasi PHP. Untuk menginstall PHP, Anda bisa masukkan perintah berikut:

# sudo apt-get install php libapache2-mod-php php-common php-mbstring php-xmlrpc php-soap php-gd php-xml php-mysql php-cli php-mcrypt php-zip php-fpm

Untuk memastikan proses instalasi PHP berhasil, Anda bisa melakukan pengecekan dengan empat langkah berikut:

1. Masuk Direktori html

Masuk ke  direktori HTML pada web server menggunakan perintah berikut:

# cd /var/www/html

2. Buat File Info php

Selanjutnya, buat file info.php menggunakan perintah berikut:

# touch info.php

3. Masukkan Program

Setelah  selesai membuat file info.php,  masuk ke file info.php menggunakan perintah berikut:

# nano info.php

Kemudian masukkan kode di bawah ini dengan cara copy dan paste menggunakan klik kanan:

<?php 

phpinfo(); 

?>

Kemudian save dengan klik CTRL+X lalu tekan y dan ENTER.

4. Akses IP Server

Jika file info.php sudah ditambahkan,  masukkan perintah berikut di web browser Anda untuk cek apakah  instalasi PHP berhasil atau tidak.

http://IP-Server/info.php

Gambar di atas adalah gambar informasi versi php yang diinstall di web server Anda. Jika muncul tampilan di atas, artinya instalasi PHP Anda berhasil.

Langkah 3 Install ionCube Loader

Berikut ini adalah langkah-langkah instalasi ionCube Loader di VPS Ubuntu:

1. Download File ionCube Loader

Kunjungi halaman download ionCube dan temukan link download yang sesuai berdasarkan sistem operasi Anda. Dalam panduan ini kami menggunakan versi linux x64bit. Masukkan perintah berikut ke dalam command line Anda untuk men-download package ionCube Loader.

wget https://downloads.ioncube.com/loader_downloads/ioncube_loaders_lin_x86-64.zip

2. Ekstrak File ionCube

Setelah proses download selesai, ekstrak file ionCube Loader menggunakan perintah di bawah ini:

unzip ioncube_loaders_lin_x86-64.zip

Perintah di atas akan menghasilkan output dari direktori ionCube yang berisi file untuk berbagai versi PHP. Pilih folder yang tepat untuk versi PHP Anda. Dalam panduan ini kami menggunakan file versi PHP 7.0.

3. Pindahkan File ionCube

Langkah selanjutnya adalah Anda harus menyalin file ioncube_loader_lin_7.0.so ke folder ekstensi PHP. Untuk cek lokasi folder ekstensi PHP, Anda bisa cek pada halaman info PHP. Lalu cari pada tabel extension_dir seperti contoh di bawah ini.

Setelah menemukan lokasi folder ekstensi PHP, pindahkan file ioncube_loader_lin_7.0.so ke dalam folder ekstensi PHP menggunakan perintah berikut:

sudo cp ioncube/ioncube_loader_lin_7.0.so /usr/lib/php/20151012/

4. Konfigurasi Ekstensi PHP

Selanjutnya, agar proses PHP dapat memuat ekstensi dengan baik, Anda perlu menambahkan konfigurasinya ke file php.ini. Untuk menghindari error saat proses konfigurasi php.ini, kami menyarankan untuk membuat file konfigurasi php.ini terpisah dengan file asli php.ini.

Untuk mengetahui lokasi file konfigurasi, Anda bisa cek lokasi file pada halaman info PHP. Informasi tersebut ada pada bagian tabel Scan this dir for additional .ini files seperti di contoh di bawah ini

Jadi pada tutorial ini kami akan membuat file bernama 00-ioncube.ini di dalam direktori /etc/php/7.0/apache2/conf.d. Gunakan perintah di bawah ini untuk membuat file 00-ioncube.ini.

sudo nano /etc/php/7.0/apache2/conf.d/00-ioncube.ini

Kemudian, masukkan kode di bawah ini ke dalam file 00-ioncube.ini dan simpan menggunakan perintah Ctrl+X >> Y >> ENTER.

zend_extension = "/usr/lib/php/20151012/ioncube_loader_lin_7.0.so"

Setelah  menyimpan file 00-ioncube.ini, restart apache menggunakan perintah di bawah ini.

sudo systemctl restart apache2.service

Dilanjutkan dengan restart konfigurasi PHP menggunakan perintah berikut:

sudo systemctl restart php7.0-fpm.service

Langkah 4 Cek Instalasi ionCube

Setelah proses instalasi ionCube selesai, Anda perlu memastikan instalasinya berhasil. Anda bisa mengeceknya di halaman info PHP. Jika Anda menemukan text ionCube pada halaman info PHP seperti di bawah ini, artinya instalasi Anda berhasil.

Kesimpulan

Setelah Anda menginstall ionCube di VPS Anda semoga Anda dapat mengamankan kode program Aplikasi Anda. Dengan begitu, aplikasi Anda akan terhindar dari pembajakan aplikasi atau cloning aplikasi.

Demikian artikel panduan cara install ionCube Loader di VPS Ubuntu. Jika Anda mempunyai pertanyaan silahkan untuk meninggalkan komentar melalui kolom di bawah ini. Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan informasi terkait bisnis, digital marketing, dan teknologi dari kami.

David Kurniawan

A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Share
Published by
David Kurniawan

Recent Posts

11+ Website Inspirasi Footer Design Terbaik (2021)

Tahukah Anda bahwa footer design termasuk bagian website yang mendapat perhatian paling banyak oleh pengunjung? Ketika membuka website, memang header…

1 day ago

Cara Menambahkan Custom Pagination WordPress Tanpa Ribet!

Anda sedang mencari cara menambahkan fitur pagination WordPress? Wah, Anda sudah menemukan artikel yang tepat nih! Kali ini kami akan…

2 days ago

Cara Membuat Blog dengan Laravel untuk Pemula (Terlengkap!)

Laravel merupakan salah satu framework terbaik untuk membuat blog. Dengan framework gratis ini, Anda bisa lebih mudah mengembangkan blog dengan…

3 days ago

Startup Itu Apa Sih? Pelajari Selengkapnya Sebelum Memulai

Jas Merah! (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah). Sebelum membangun startup, flashback dulu yuk ke sejarah hingga perkembangannya.

4 days ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

“Tunggu dulu, ya! Permintaan Anda sedang kami proses.” :-\ Jika website Anda bisa berbicara, kalimat inilah yang akan diucapkan kepada…

5 days ago

Tips Membuat Nama Perusahaan yang Bagus dan Unik

"Wuih, kece banget nih nama perusahaannya. Kepoin ah.." Mau bisnis Anda dilirik konsumen? Mulailah dengan membuat nama perusahaan yang bagus…

6 days ago