Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Google Rilis Update Algoritma Spam, Apa Dampaknya bagi Website?

2 min read

Update Algoritma Google Terbaru

Google meluncurkan update algoritma spam pada tanggal 19 Oktober 2022 lalu. Rilisan algoritma baru ini dipercaya dapat memberikan hasil pencarian yang lebih baik dengan langkah memberantas website spam.

Lantas, seperti apa detail Google algoritma spam edisi Oktober 2022 ini? Apa dampaknya bagi ranking website Anda di hasil pencarian?

Langsung saja, ini dia informasi selengkapnya!

Ini Dia Update Algoritma Spam Terbaru Google

google spam update oktober 2022

Algoritma spam update mulai berjalan dari tanggal 19 Oktober 2022 dan selesai pada 21 Oktober 2022. Rilisan pembaruan ini berlaku secara global dan mempengaruhi hasil pencarian di semua bahasa.

Menurut Google, spam adalah konten website yang bertujuan untuk menipu pengguna atau memanipulasi sistem pencarian Google. Memunculkan website seperti ini hanya akan mengurangi kenyamanan pengguna mereka.

Nah, dengan spam update ini, kemampuan sistem dalam menghalau konten spam jadi semakin meningkat.

Sayangnya, Google enggan menjelaskan secara detail apa saja perubahan pada spam update versi Oktober 2022 ini. Mereka hanya mengindikasikan SpamBrain, tool anti spam berbasis AI mampu mendeteksi aneka spam jenis baru dengan lebih baik.

Update ini penting karena para spammers makin kreatif dalam membuat konten yang tidak berkualitas, tapi masih lolos dari kebijakan spam Google.

google spambrain

Spam update Oktober 2022 berbeda dengan update algoritma spam edisi Juli 2021. Sebab, kala itu Google fokus dalam menanggulangi link spam.

Lantas, apa sih dampak update algoritma spam Google edisi Oktober 2022 bagi website? Temukan jawabannya di poin selanjutnya!

Baca juga: Google Core Update

Apa Dampak Google Algoritma Spam bagi Website?

Update algoritma spam ini bisa membuat website Anda turun peringkat kalau dianggap melakukan tindakan spam. 

Nah, jika website Anda mengalami penurunan tersebut, periksa hal-hal ini:

  • Apakah website Anda yang memaksa pengunjung untuk menginputkan informasi pribadi dan sensitif?
  • Apakah website Anda menampilkan konten yang berbeda dari apa yang ia janjikan di hasil pencarian?
  • Apakah website Anda berpura-pura sebagai website lain yang populer serta menduduki ranking yang tinggi?
  • Apakah website Anda berisi malware, virus, maupun bentuk cyber crime lain yang membahayakan pengunjung?

Selain karena faktor kesengajaan, sebagian pemilik website justru tidak sadar kalau websitenya telah menjadi target spam berjenis malware atau virus. 

Untuk menghindarinya, usahakan selalu mencari cara mengamankan website, misalnya memakai layanan hosting yang aman.

Sekali website Anda melanggar aturan Google, konten yang dianggap spam tersebut bisa dihilangkan dari hasil pencarian. Atau yang lebih parah, website Anda dihapus dari daftar indeks Google.

Otomatis, Anda harus melakukan perbaikan jika ingin website Anda dapat diindeks lagi oleh Google, lalu muncul lagi di hasil pencarian. Nah, proses perbaikan ini bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Jika website Anda masih bertahan di posisi sebelumnya di hasil pencarian, itu artinya Anda sudah mematuhi kebijakan Google. 

Nah untuk hasil yang lebih optimal, akan lebih baik jika Anda terus menerapkan strategi SEO yang tepat untuk website. Apa sajakah itu? Yuk scroll ke poin di bawah ini!

Baca juga: Pengaruh Hosting bagi SEO

Pentingnya Menerapkan Strategi SEO yang Tepat

Google rutin melakukan perbaikan pada algoritmanya agar hasil pencarian sesuai dengan kebutuhan pengguna. Salah satunya, dengan merilis update algoritma spam edisi Oktober 2022.

Apabila website Anda tidak terdampak update yang satu ini, selamat! Namun jika sebaliknya, Anda wajib memeriksa kembali apakah ada tanda-tanda spam di website Anda. 

Tentunya performa website di mesin pencari tidak hanya terkait spam update ini saja. Ada banyak rilisan algoritma Google terbaru lainnya. Selama strategi SEO di website Anda yang tepat, Anda tidak perlu risau. 

Nah, ingin tahu apa saja strategi SEO cocok untuk website Anda agar performnya di Google optimal? Temukan jawabannya di panduan Checklist Strategi SEO untuk Berbagai Industri.

Yuk download ebooknya sekarang juga, gratis!

strategi seo untuk berbagai industri
Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *