Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Memblokir Email Melalui cPanel

1 min read

Cara Memblokir Email Melalui cPanel

Terkadang email spam dapat lolos dari aplikasi penyaring dan masuk ke dalam inbox email Anda. Apabila spam tersebut muncul kembali di kemudian hari, Anda dapat memblokirnya melalui cPanel. Berikut adalah tutorial cara memblokir email spam melalui cPanel.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke akun cPanel Anda.
  • Memiliki Alamat email yang sudah dibuat di cPanel.

Langkah 1: Buka Menu Apache SpamAssassin

Pertama-tama, Anda perlu login ke cPanel. Silakan buka menu Apache SpamAssassin pada kolom Email, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Memblokir Email

Klik tombol Configure Apache SpamAssassin.

Cara Memblokir Email cpanel

Langkah 2: Cara Memblokir Email Spam

Setelah berada di halaman konfigurasi Apache SpamAssassin, akan terlihat beberapa cara blokir email masuk yang berupaspam. Agar lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini.

cara blacklist email

  1. Anda dapat memblokir email tertentu, sebagai contoh email@exampleA.com. Dengan cara ini semua email yang dikirim dari email@exampleA.com akan diblokir sedangkan pesan selain dari email tersebut akan tetap masuk ke inbox.
  2. Anda juga dapat memblokir semua email yang masuk dari nama domain tertentu. Pada contoh ini, semua email dengan akhiran @exampleB.com akan diblokir.

Setelah Anda memasukkan email yang ingin diblokir, silakan klik tombol Save pada bagian bawah halaman.

menyimpan email blokir

Apabila Anda telah memasukkan alamat email dengan format benar, Anda akan melihat pesan konfirmasi berhasil seperti pada gambar di bawah ini.

menyimpan email blokir berhasil

Mulai sekarang, semua email yang masuk dari alamat email yang terdaftar dalam daftar blacklist akan diblokir.

Semisal Anda mendapatkan spam dari akun email maupun nama domain berbeda, Anda juga dapat meningkatkan nilai pada kolom required_score. Penyaringan email dengan cara ini akan lebih ketat. Penambahan nilai yang lebih besar malah akan meningkatkan peluang ‘salah baca’, email yang sebenarnya valid namun dianggap spam. Karenanya, kami tetap menyarankan Anda untuk mengisi angka default yaitu 5.

Kesimpulan

Kini Anda telah belajar cara memblokir email spam melalui cPanel menggunakan fitur Apache SpamAssassin. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat memblokir pesan dari alamat email tertentu, maupun semua email dari domain tertentu.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Ayo gabung di diskusi kami dalam kolom komentar sekarang 😊

0
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

2 Replies to “Cara Memblokir Email Melalui cPanel”

  1. Dear admin,
    Gimana caranya untuk blok email kirim di c panel, contoh si a nga bisa kirim email ke b

    tutorial di atas hanya untuk blok terima email dari salah satu alamat email.

    tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =