Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Blokir Website Berdasarkan Negara dengan File .htaccess

1 min read

Cara Blokir Website Berdasarkan Negara dengan File .htaccess

Jika Anda mendapatkan pemberitahuan bahwa website Anda sedang diserang atau ingin memblokir akses website dari negara tertentu, Anda dapat menggunakan file .htaccess. Tutorial ini akan menjelaskan cara blokir website berdasarkan negara tertentu dengan file .htaccess.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Akses ke cPanel atau akun FTP

Berikut ini adalah cara blokir website berdasarkan negara tertentu …

Langkah 1: Buka file .htaccess

Untuk membuka file .htaccess dapat melalui direktori public_html. Anda dapat membukanya menggunakan File Manager yang ada di cPanel akun hosting Anda. Selain itu juga Anda dapat menggunakan FTP klien, dapat mengikuti tutorial Cara Menggunakan FileZilla.

Bagaimana jika ternyata file .htaccess belum tersedia? Gampang, silakan buat file tersebut dengan menengok panduan file default .htaccess CodeIgniter.

Baca juga: Setting Force HTTPS Htaccess

Langkah 2: Dapatkan IP Negara tertentu

Anda bisa mendapatkan daftar alamat IP berdasarkan Negara melalui website berikut ini.

cara blokir website
  1. Pilih negara yang ingin Anda blokir atau ingin Anda beri hak akses.
  2. Pilih .htaccess Deny untuk memblokir dan .htaccess Allow untuk ijin hak akses
  3. Kemudian klik tombol Create ACL.

Baca juga: Memperbaiki File Htaccess WordPress

Langkah 3: Salin IP yang dihasilkan ke dalam file .htaccess

cara blokir website

Untuk menyalin daftar IP yang dihasilkan klik di dalam list negara dan tekan Ctrl+A untuk memilih semua data dan CTRL+C untuk mencopynya. Setelah itu Anda tinggal mengcopynya ke dalam file .htaccess dengan menekan tombol CTRL+V.

PENTING: Jika setelahnya Anda tidak dapat mengakses website Anda sendiri, pastikan alamat IP Anda tidak berada dalam daftar IP yang diblokir. Untuk mengeceknya Anda dapat mengakses  whatismyipaddress.com

Baca Juga: Htaccess Redirect

Kesimpulan

Tutorial ini menjelaskan bagaimana memblokir akses ke web berdasarkan negara tertentu melalui file .htaccess. Selain memblokir IP berdasarkan negara, ketika membuat website Anda juga bisa mengaturnya agar tak bisa diakses, kecuali oleh Anda sendiri. Silakan ikuti langkah yang ada pada tutorial cara membatasi akses website htaccess.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukan yang berhubungan dengan artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang ada di bawah. Selain itu, jika Anda ingin berlangganan artikel-artikel terbaru dari blog Niagahoster, silakan untuk melakukan Subscribe pada kolom yang tersedia. Kami akan mengirimkan artikel terbaru langsung ke alamat email Anda.

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *