Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

5 Cara Gratis Buat Logo Online untuk Website Bisnis

9 min read

Featured image buat logo online

Apakah Anda ingin dapat membuat logo sendiri? Jangan khawatir. Anda dapat menggunakan tool di internet untuk buat logo online.

Logo tidak dapat dilepaskan dari branding bisnis. Bisa dibilang, perusahaan Anda tidak memiliki identitas jika belum memilikinya.

Namun, keterbatasan modal bukan alasan untuk tidak memiliki logo. Kini Anda dapat membuatnya sendiri dengan lima tool gratis yang akan dibahas di artikel ini.

Untuk memudahkan Anda, kami juga akan memandu Anda agar dapat menggunakan kelimanya.

Sudah siap? Ayo mulai!

5 Tool Gratis untuk Buat Logo Online

Aplikasi seperti Adobe Illustrator atau CorelDraw biasanya digunakan untuk membuat logo.

Namun, tidak semua orang terlatih untuk menggunakan kedua tool tersebut. Jika ingin menggunakannya, mempelajarinya akan memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Nah, tools online yang akan kami bahas sangat mudah untuk digunakan. Tidak perlu waktu lama bagi Anda untuk memahami penggunaannya. Berikut adalah daftar tool-nya:

  • Constant Contact
  • Tailor Brands
  • Looka
  • Hatchful
  • Canva

Kelimanya kurang lebih menawarkan fungsi yang sama. Namun, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Agar Anda dapat langsung mengetahui tool yang sesuai kebutuhan, Anda dapat menyimak daftar fitur di infografik berikut:

Infografik daftar fitur 5 tool gratis buat logo online

1. Constant Contact

Tool buat logo online - Constant Contact

Constant Contact merupakan tool email marketing yang bersifat premium. Namun, aplikasi web ini juga menawarkan fasilitas untuk buat logo online secara gratis.

Setelah mengakses situsnya, klik tombol Create Your Free Logo yang ada di tengah halaman utamanya.

Langkah 1: Ketikkan Nama Bisnis

Anda akan langsung dibawa menuju halaman editor logo. Di sini, Anda diminta untuk mengetikkan nama bisnis pada kolom yang tersedia di sebelah kiri layar. Jika berkenan, Anda juga dapat menyertakan slogannya.

Constant Contact 1

Logo Maker milik Constant Contact menawarkan berbagai macam desain logo. Uniknya, konon tool ini menggunakan kecerdasan buatan untuk menebak niche bisnis Anda berdasarkan namanya. Tool tersebut kemudian memberikan berbagai opsi desain kepada Anda.

Akan tetapi, sepertinya fitur kecerdasan buatan tersebut hanya bekerja apabila Anda menggunakan kosakata bahasa Inggris.

Meski demikian, pilihan desain yang ditawarkan ada banyak dan terlihat bagus. Anda tinggal meng-klik tombol More di bagian bawah halaman untuk menemukan yang sesuai keinginan.

Jika sudah memutuskan, klik pilihan Anda.

Constant Contact 2

Meskipun opsi desain logo Anda dibuat oleh kecerdasan buatan, Anda masih dapat mengkustomisasinya.

Namun, Anda harus membuat akun sebelum dapat mengatur desain logo yang Anda pilih tadi. Formulir sign up akan muncul setelah Anda meng-klik salah satu desain.

Constant Contact 3

Setelah membuat akun, Anda dibawa menuju Dashboard Logo Maker Constant Contact. Ini adalah tempat di mana semua desain Anda disimpan. Anda dapat melihat, mengedit, atau menghapus desain-desain tersebut.

Untuk mengedit logo yang baru saja Anda pilih, arahkan kursor ke desain tersebut dan klik ikon berbentuk pensil. Agar lebih jelas, kami menunjuknya dengan anak panah merah pada gambar di bawah ini.

Constant Contact 4

Nah, Anda akan menemui banyak menu di halaman editor Constant Contact. Namun, sebenarnya menu-menu ini dapat dikategorikan dalam tiga bagian. Supaya tidak bingung, mari kenali ketiga bagian tersebut.

Di bagian kiri, Anda memiliki menu untuk mengatur ukuran, penempatan, dan warna teks.

Constant Contact 5

Di bagian ini pula Anda dapat mengganti simbol atau gambar yang dipilihkan kecerdasan buatan Constant Contact untuk logo Anda tadi.

Penasaran, bukan? Anda tinggal klik Symbol > Replace symbol, lalu ketikkan nama objek yang diinginkan. Sayangnya, Anda hanya dapat menggunakan kosakata bahasa Inggris untuk mencari logo.

Constant Contact 6

Di bagian kanan, Anda dapat memilih model font atau tulisan. Jika belum menemukan yang Anda inginkan, Anda tinggal scroll ke bawah dan klik tombol More.

Constant Contact 7

Yang terakhir, di bagian atas ada tombol undo, redo, preview, dan save. Jadi, Anda dapat mengoreksi pengaturan Anda dan menyimpan desain logo dengan mengakses tombol-tombol ini.

Constant Contact 8

Setelah selesai mengatur desain, Anda dapat meng-klik tombol Preview di bagian atas halaman. Di sini, Anda bisa melihat tampilan logo di berbagai objek, mulai dari header website hingga kaos.

Constant Contact 9

Apabila sudah cocok, Anda tinggal kembali ke halaman editor dan klik tombol Save di sebelah tombol preview tadi.

Kemudian, klik tombol Download di pojok kanan atas. Hasil jadi akan langsung diunduh ke komputer Anda dalam file .zip. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki aplikasi seperti WinRAR agar dapat membuka dan melakukan dekompresi file tersebut.

Di dalamnya, Anda akan menemukan dua file logo. Yang satu berekstensi PNG, sedangkan yang kedua berekstensi SVG.

Baca Juga: Cara Aman Mengaktifkan Dukungan SVG di WordPress

2. Tailor Brands

Tool buat logo online - Tailor Brands

Tailor Brands adalah salah satu tool gratis untuk buat logo online yang paling terkenal. 

Namun, perlu diketahui bahwa tool ini mengharuskan Anda untuk menjadi member premium (mulai dari $3.99 per bulan) agar dapat mengunduh desain yang Anda buat. Setidaknya versi dengan resolusi penuh.

Sebagai pengguna gratis, Anda tetap dapat mengunduh hasil jadi logonya dalam resolusi rendah.

Meski demikian, tidak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan tool ini untuk mulai merancang tampilan logo bisnis. Apalagi, Tailor Brands terkenal akan kemudahannya.

Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya.

Langkah 1: Ketikkan Nama Bisnis

Untuk memulai, ketikkan nama bisnis Anda pada kolom di halaman utama Tailor Brands. Anda juga dapat membubuhkan slogan, meskipun opsional.

Apabila sudah, klik tombol Design! yang terletak di sebelah kanan kolom.

Tailor Brands 1

Berikutnya Anda akan diminta untuk menjelaskan sedikit tentang bisnis yang Anda miliki dan industrinya. Ini tidak wajib. Jika Anda tidak berkenan, klik saja tombol Skip di bawah formulirnya.

Tailor Brands 2

Seperti yang telah tadi telah disebutkan, Tailor Brands terkenal dengan kemudahannya. Setelah menuliskan penjelasan singkat tentang bisnis Anda, tool ini menawarkan tiga jenis logo:

  • Icon based — menampilkan ikon atau simbol yang merepresentasikan bisnis Anda.
  • Name based — menampilkan nama bisnis Anda saja.
  • Initial based — menampilkan inisial dari nama bisnis Anda.
Tailor Brands 3

Akan tetapi, Anda juga dapat melewati tahap ini jika ingin membuat desain dari nol. Apabila ya, klik Skip lagi.

Sebagai contoh, kami memilih Icon Based. Selanjutnya ada dua pilihan menu lagi, yaitu Abstract Shape dan Search For Icon.

Apabila memilih Abstract Shape, tool ini akan membuat desain secara otomatis. Sedangkan opsi kedua memugkinkan Anda untuk memilih sendiri simbol yang diinginkan.

Tailor Brands 4

Pada halaman daftar ikon sudah ada sederet opsi yang ditampilkan berdasarkan nama bisnis Anda. Namun, Anda juga dapat menggunakan search bar yang ada untuk mencari objek yang lebih sesuai.

Tailor Brands 5

Setelah memilih ikon, klik Next untuk ke tahap selanjutnya. Di sini, Anda disuruh memilih tipografi tulisan pada logo.

Pada dasarnya, Tailor Brands akan membuatkan desain logo yang sesuai dengan preferensi Anda. Oleh karena itu, pada tahap ini Anda diminta untuk meng-klik beberapa jenis font.

Di bawah opsi ada tombol yang dapat berguna bagi Anda dalam tahap ini:

  • I dislike both — klik ini jika Anda tidak menyukai kedua pilihan yang ditampilkan
  • Restart — klik ini untuk mengulangi proses pemilihan dari awal

Ikuti saja tahap ini hingga selesai untuk mendapatkan desain logo Anda.

Tailor Brands 6

Langkah 3: Atur Desain Logo

Desain  logo Anda sudah jadi, tapi Anda akan diminta untuk membuat akun gratis terlebih dahulu. Baru setelahnya Anda dapat mengatur desainnya.

Tailor Brands 7

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman preview logo. Di sebelah kiri ada sejumlah desain yang disarankan. Jika menginginkannya, Anda tinggal klik di gambarnya.

Di sebelah kanan halaman Anda dapat melihat tampilan logo di akun media sosial, kemasan produk, dan lain-lain.

Tailor Brands 8

Ketika sudah menentukan desain yang Anda inginkan, Anda dapat klik tombol Customize untuk mengkustomisasinya. Di samping itu, Anda juga dapat langsung mengunduh desain dengan meng-klik tombol Love it!

Kami akan memandu Anda untuk mengatur desainnya terlebih dahulu. Halaman editor Tailor Brands lebih sederhana dari milik Constant Contact. Halaman ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian kiri adalah letak semua menu pengaturan logo, sedangkan di kanan adalah previewnya.

Tailor Brands 9

Jika ingin mengoreksi pengaturan yang telah dibuat, Anda dapat meng-klik ikon anak panah melingkar yang ditandai pada gambar di bawah ini:

Tailor Brands 10

Nah, setelah selesai, Anda tinggal klik tombol Finish di pojok kanan atas. Pada pop-up yang muncul, klik I’m Finished.

Tailor Brands 11

Terakhir, Anda tinggal mengunduh desain logo yang telah dibuat. Pertama, temukan logo Anda di Dashboard Tailor Brands dan klik pada tombol Download.

Tailor Brands 12

Sebagai pengguna gratis, opsi download Anda tidak banyak. Namun, setidaknya Anda dapat mengunduh logo dalam lima ukuran:

  • Untuk akun Pinterest — 165 x 165 pixel
  • Ikon aplikasi Google Play Store — 192 x 192 pixel
  • Ikon aplikasi Apple App Store — 152 x 152 pixel
  • Favicon — 192 x 192 pixel
  • Untuk email — 480 x 80 pixel
Tailor Brands 13

3. Looka

Tool buat logo online - Looka

Ingin alternatif buat logo online selain Tailor Brands? Looka adalah salah satunya.

Tool ini tidak jauh berbeda dari kedua aplikasi web yang telah kami bahas. Akan tetapi, Looka lebih tepat disebut sebagai fasilitas untuk merancang desain logo saja. Untuk dapat mengunduh desain, Anda harus menjadi member premium.

Namun demikian, Looka tetap menjadi salah satu tool gratis yang berguna jika Anda ingin merancang sebuah logo dan meminta desainer untuk membuatnya.

Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya.

Langkah 1: Ketikkan Nama Bisnis

Pertama-tama, ketikkan nama bisnis Anda pada kolom yang tersedia di halaman utama Looka dan klik Get started.

Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta menyebutkan industri dari bisnis tersebut. Klik Continue untuk berlanjut.

Looka 1

Langkah 2: Pilih Desain Logo

Looka juga menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan saran untuk logo Anda. Oleh karena itu, tool ini akan menyodorkan sejumlah contoh logo. Anda harus memilih minimal lima dari contoh-contoh tersebut.

Looka 2

Berikutnya akan ada tiga pertanyaan pilihan lagi. Namun, Anda juga dapat melewati pertanyaan-pertanyaan ini dengan klik Skip this step di bagian bawah halaman. Pertama, Anda disuruh memilih di antara sembilan warna.

Looka 3

Kedua, ketikkan slogan dari bisnis Anda.

Looka 4

Terakhir, pilih symbol yang Anda inginkan di dalam logo.

Looka 5

Setelah Anda melewati langkah-langkah di atas, Looka akan memberikan beberapa rekomendasi desain logo.

Akan tetapi, Anda perlu membuat akun dahulu sebelum dapat mengkustomisasi desain yang disukai.

Looka 6

Nah, untuk mengkustomisasi sebuah desain, arahkan kursor ke logo tersebut dan klik Customize.

Looka 7

Langkah 3: Atur Desain Logo

Halaman editor logo milik Looka sama seperti kedua tool sebelumnya. Sebelah kiri halaman berisi menu-menu pengaturannya, dan sebelah kanan adalah preview logo.

Looka 8

Tidak lupa, tombol Undo dan Redo dapat Anda temukan di bagian atas halaman.

Looka 9

Tergantung dengan panjang nama bisnis dan desain logo yang Anda pilih, ada kemungkinan namanya akan terbagi dalam dua baris seperti pada contoh yang kami buat.

Untuk menjadikannya satu baris, klik menu Name.

Looka 10

Kemudian, klik kolom nama bisnis di atas, hapus kolom baris kedua, lalu masukkan kembali nama pada kolom baris pertama. Setelah selesai, klik Update.

Looka 11

Sangat mudah, bukan? Anda kemudian dapat mengambil tangkap layar dari logo tersebut dan membawanya kepada desainer sebagai referensi.

4. Hatchful

Tool buat logo online - Hatchful

Berbeda dari Tailor Brands dan Looka, Hatchful adalah tool untuk membuat logo online yang sepenuhnya gratis. Anda tidak perlu membayar untuk dapat mengunduh hasil jadinya. Yuk, simak cara menggunakannya di bawah ini.

Langkah 1: Pilih Industri Anda

Pertama-tama, klik tombol Get Started pada halaman utama situs Hatchful. Pada halaman selanjutnya Anda perlu meng-klik kategori industri yang digeluti bisnis Anda.

Hatchful 1

Di Hatchful, Anda dapat memilih sendiri model desain logo. Ada berbagai pilihan gaya yang ditawarkan, mulai dari bold hingga vintage.

Hatchful 2

Langkah 3: Ketikkan Nama Bisnis

Masukkan nama bisnis Anda pada kolom yang tersedia di halaman berikutnya. Selain itu, Anda juga dapat menyebutkan slogan bisnis.

Hatchful 3

Selanjutnya, Anda diminta untuk menyebutkan media yang ingin diberi logo. Anda dapat memilih lebih dari satu opsi.

Hatchful 4

Hatchful membuat beberapa rekomendasi desain untuk Anda berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tadi. Sekarang, Anda tinggal memilih yang paling Anda sukai.

Sebagai catatan, beberapa desain yang dibuat Hatchful memang tidak dapat disisipi slogan. Apabila Anda masih menginginkan slogan di logo Anda, pilihlah desain yang mendukungnya. Nanti Anda dapat mengganti desain melalui halaman editor.

Hatchful 5

Pengaturan yang ditawarkan pada halaman editor Hatchful terbilang minimalis jika dibandingkan milik ketiga tools sebelumnya.

Tidak ada menu untuk mengubah ukuran font dan penempatan objek-objek di logo Anda. Jadi, Anda hanya dapat menentukan jenis font, warna logo secara keseluruhan, dan ikon-nya.

Selain itu, editor Hatchful tidak memiliki tombol undo atau redo untuk mengkoreksi pengaturan yang Anda buat.

Hatchful 6

Jika sudah selesai, Anda tinggal klik tombol Next yang ada di bawah halaman.

Kini Anda tinggal mengundul desain yang telah dibuat. Asyiknya, Hatchful tidak hanya memberikan versi resolusi penuh dari logo Anda, tetapi sekaligus versi yang sudah di-resize ke berbagai ukuran.

Hatchful 7

Apabila Anda belum memiliki akun, meng-klik tombol Download Logo akan menampilkan formulir sign-up.

Setelah mendaftar, semua file logo Anda akan dikirimkan ke alamat email yang digunakan untuk membuat akun Hatchful.

5. Canva

Tool buat logo online - Canva

Canva memungkinkan Anda untuk membuat desain grafis secara online dan gratis. Nah, salah satunya adalah membuat logo.

Untuk dapat menggunakan Canva, Anda harus membuat Akun terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan meng-klik tombol Sign up yang tersedia di halaman utamanya.

Langkah 1: Pilih Format Desain

Setelah membuat akun, Anda akan masuk ke Dashboard Canva. Untuk membuat logo, klik ikon-nya pada bagian Create a design seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Canva 1

Langkah 2: Pilih Template

Tidak seperti tools lainnya yang dibahas di artikel ini, Canva memungkinkan Anda untuk langsung memilih template atau contoh desain.

Klik menu Template yang ada di sebelah kiri layar dan carilah desain yang Anda kehendaki.

Canva 2

Menariknya, koleksi template Canva sudah dikelompokkan dalam beberapa kategori. Ini memudahkan Anda untuk segera menemukan contoh logo yang sesuai dengan industri Anda.

Untuk melihat semua template dalam sebuah kategori, klik See all.

Langkah 3: Atur Desain Logo

Kustomisasi logo di Canva sedikit beda dari tools sebelumnya. Untuk mengedit suatu objek, Anda perlu meng-kliknya. Kemudian, sebuah toolbar akan muncul di atas preview logo.

Di toolbar ini Anda dapat mengubah berbagai hal, termasuk jenis font, ukuran teks, format, dan lainnya.

Canva 3

Apabila ingin meng-undo pengaturan, Anda dapat meng-klik tombolnya pada bagian atas halaman.

Canva 4

Langkah 4: Unduh Desain Logo

Langkah terakhir setelah mengedit logo Anda adalah mengunduhnya. Klik tombol download di pojok kanan atas untuk memilih tipe file yang diinginkan, kemudian klik Download.

Sebagai catatan, ukuran logo yang Anda unduh hanya 500 x 500 pixel. Anda perlu menjadi member premium agar dapat men-download desain dalam resolusi yang lebih besar.

Canva 5

Baca Juga: Cara Menggunakan Canva: Tutorial Membuat Desain Gratis

3+ Tips Buat Logo Online untuk Website Anda

Tadi Anda telah diajak untuk mengenali lima tools gratis yang dapat digunakan untuk membuat logo. Namun, sebenarnya bagaimana cara membuat logo perusahaan yang baik? Nah, sebelum mulai mendesainnya, Anda perlu mengetahui tips-tips berikut ini.

1. Buat Desain Sederhana

Pernahkah Anda melihat brand terkenal yang logonya terlihat rumit? Tidak, kan? 

Dalam merancang desain logo, sebaiknya Anda membuatnya sesederhana mungkin. Semakin simpel justru semakin baik.

Alasannya mudah: logo yang terlihat sederhana gampang dikenali dan diingat oleh khalayak umum. Tak hanya itu, dalam ukuran kecil pun logo Anda tetap jelas.

2. Sesuaikan Warna dengan Brand

Konsistensi adalah hal penting dalam branding. Dari segi visual, ini diterapkan dengan warna yang seragam, baik itu di logo, website, dan outlet (jika Anda memiliki toko konvensional).

Oleh karena itu, pertimbangkan dulu warna yang dapat merepresentasikan bisnis Anda. Jangan sampai Anda membuat logo dengan warna yang tidak senada dengan online presence Anda.

3. Pastikan Desain Anda Unik

Barangkali Anda ingin memulai bisnis dalam industri yang padat persaingan, seperti kuliner, fashion, dan event organizer.

Agar brand Anda beda dari yang lain, tentunya Anda tidak boleh membuat logo yang mirip dengan milik kompetitor.

Daripada membuat desain logo yang sudah umum, coba pikirkan sebuah keunggulan brand Anda. Kemudian, representasikan keunggulan tersebut dalam bentuk visual. Dijamin ide logo Anda terlihat beda dengan kiat ini.

4. Gunakan Jenis File SVG

Kami tidak melarang Anda untuk menggunakan file PNG sebagai output desain logo. Namun, file SVG lebih direkomendasikan karena mudah untuk di-resize.

Baik diperkecil maupun diperbesar, logo dengan jenis SVG tidak akan pecah. Ini akan bermanfaat ketika Anda ingin mencetak logo tersebut di media yang ukurannya beragam.

Baca Juga: 9 Website untuk Membuat Logo Online Gratis

Siap Buat Logo Online?

Buat logo online mudah, bukan? Dengan tools yang telah dibahas di artikel ini, Anda pun dapat menghasilkan desain logo yang berkualitas dalam beberapa kali klik.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah artikel ini.

3
Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − eight =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]