FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Verifikasi Kepemilikan Domain ICANN

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Verifikasi Kepemilikan Domain ICANN

Diperbarui pada 20 April 2022

 

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) adalah utama lembaga pemerintahan Internet global yang bertanggungjawab untuk mengelola infrastruktur Internet inti (alamat IP, nama domain, dan root server). ICANN berwenang mengatur pendaftaran domain di dunia dan mewajibkan seluruh pemilik domain melakukan verifikasi atas alasan keamanan.

Setelah membeli dan memiliki domain, Anda dapat melakukan verifikasi kepemilikan domain. Silakan mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain ICANN.

 

Langkah-Langkah Verifikasi Domain ICANN

1. Anda harus mengaktifkan domain untuk melakukan verifikasi. Setelah itu, Anda akan menerima email yang berisi verifikasi pendaftaran domain baru tersebut. Pastikan Anda melakukan klik pada tautan verifikasi yang diberikan.

2. Domain akan secara otomatis dinonaktifkan apabila Anda tidak melakukan verifikasi dalam jangka waktu 15 hari. Jika saat ini domain Anda tidak dapat diakses karena tidak melakukan klik verifikasi. 

3. Anda turut dapat meminta bantuan kepada tim Support untuk mengirim ulang link verifikasi tersebut. Setelah itu, Anda bisa klik pada link atau tautan yang telah dikirim ulang tersebut, sehingga domain akan diaktifkan kembali. Silakan menunggu hingga maksimal 1x24 jam setelah verifikasi dilakukan untuk mengakses kembali domain Anda.

4. Berikut adalah contoh email verifikasi yang dikirim oleh cs@niagahoster.co.id

  • Silakan klik tautan yang disediakan untuk melakukan verifikasi domain.
  • Anda turut dapat memastikan bahwa domain yang akan diverifikasi telah sesuai.

1 Capture Email Verifikasi (Edit)

 

Cara Kirim Ulang Verifikasi Email

Jika Anda lupa atau tidak menemukan email verifikasi tersebut, maka Anda dapat mengirimkannya melalui Member Area Niagahoster.

1. Masuk ke Member Area Niagahoster. Pilih menu Layanan Anda pada bagian kiri, kemudian klik sub menu Domain.


2. Klik tombol Kelola Domain pada domain yang ingin Anda verifikasi kepemilikan.

 

3. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman Detail Akun Domain Anda. Silakan cek Status Registrar akun domain Anda di sana. Jika terdapat tombol Resend Email Verification, maka artinya Anda harus melakukan verifikasi email ICANN. Silakan klik tombol tersebut.

2 resend verifikasi email (Edit)

 

4. Silakan buka dan akses email Anda. Cek dan pastikan email verifikasi dari Niagahoster telah Anda terima. Klik tautan yang telah tersedia untuk melakukan verifikasi domain. Pada bagian bawah, Anda turut dapat memastikan bahwa domain yang akan diverifikasi telah sesuai. Perhatikan gambar contoh berikut.

3 Capture Email Verifikasi (Edit)

 

5. Setelah Anda klik tautan verifikasi di email. Silakan cek ulang Status domain seperti langkah ke-1. Jika Status Registrar telah berwarna hijau dengan tulisan Active seperti contoh berikut, maka artinya domain Anda telah diverifikasi kepemilikannya pada ICANN.

4 Capture Akun Domain (Edit)


Artikel Terkait Verifikasi Kepemilikan Domain ICANN

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?