Panduan Domain

Status Pendaftaran dan Transfer Nama Domain Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Status Pendaftaran dan Transfer Nama Domain Niagahoster

Diperbarui pada 5 Juni 2020


Setelah mendaftarkan nama domain, Anda dapat melihat status domain Anda pada Client Area Niagahoster

Terdapat berbagai macam status domain berbeda. Status akan berubah sesuai keadaan nama domain Anda. Misalnya, status aktif menandakan nama domain Anda siap digunakan. Sebaliknya, status Expired menandakan domain Anda habis masa aktif dan memerlukan perpanjangan.


Cara Melihat Status Domain pada Client Area Niagahoster


Untuk melihat status nama domain Anda pada Client Area Niagahoster, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Masuk ke Client Area Niagahoster.

2. Pada bagian Layanan Anda, Anda akan menemukan tab Domain. Tab ini berisi nama domain Anda yang terdaftar pada layanan Niagahoster.

Client Area Niagahoster Hosting


3. Klik tombol Kelola Domain pada nama domain Anda ingin lihat statusnya.

Kelola domain


4. Pada bagian Akun Domain Anda, Anda akan menemukan Status Order dan Status Registrar

Akun domain anda status order


Penjelasan Status Nama Domain pada Client Area Niagahoster


Ada berbagai macam status nama domain berbeda pada Client Area Niagahoster. Status nama domain ini dapat muncul pada bagian Status Order dan Status Registrar.

Apabila status registrar domain tidak muncul atau kosong, maka nama domain tidak terdaftar di layanan Niagahoster.

Sistem Niagahoster mengenal empat kategori status nama domain: Status Domain, Status Client Code, Status Transfer gTLD Domain, dan Status Pendaftaran Domain Indonesia. Kategori ini dibedakan berdasarkan registrar serta jenis Top Level Domain yang Anda gunakan.

Penjelasan lengkap tiap-tiap status nama domain pada Client Area Niagahoster dapat Anda lihat di bawah ini.


Status Domain

Status Domain merupakan status nama domain yang didaftarkan di Niagahoster. Hanya saja, status yang berada dalam kategori ini tidak termasuk transfer domain.

  • Renewal Grace Period. Status ini menandakan domain Anda memasuki masa tenggang perpanjangan setelah masa kontraknya habis (expired). Nama domain masih bisa diperpanjang dengan harga perpanjangan normal.
  • Redemption Grace Period. Status ini menandakan domain Anda telah melewati masa tenggang perpanjangan (Renewal Grace Period). Nama domain yang berada dalam Redemption Grace Period secara manual telah dihapus oleh registrar. Pada periode ini, domain hanya bisa dikembalikan dengan biaya lebih mahal, hingga 10 kali lipat biaya perpanjangan normal atau pendaftaran domain baru. Redemption Grace Period umumnya terjadi selama 30 hari.
  • Pending Delete. Status ini menandakan domain Anda berada dalam masa persiapan untuk tersedia ke umum Nama domain sudah tidak dapat diperpanjang atau dikembalikan lagi oleh pemilik awal. Masa pending delete terjadi selama 5 hari. Jika ingin memiliki kembali, maka harus melewati masa Pending Delete.


Status Client Code

Status Client Code merupakan status domain gTLD (Generic Top-Level Domain) yang diberikan oleh pihak registrar. Anda dapat mengecek status ini melalui WHOIS.

  • clientHold. Pihak domain registry dapat menonaktifkan DNS domain Anda apabila terjadi permasalahan seperti pembayaran atau verifikasi email. Biasanya status ini menyebabkan domain tidak dapat diakses.
  • clientRenewProhibited. Status ini menginformasikan pihak domain registry untuk menolak semua permintaan perpanjangan domain. Secara umum, penyebabnya adalah terjadinya persoalan atau domain sedang dalam masa penghapusan.
  • clientDeleteProhibited. Status ini menginformasikan pihak domain registry untuk menolak permintaan penghapusan nama domain. Domain dapat dihapus apabila domain telah melewati masa aktif (expired).
  • clientUpdateProhibited. Mirip dengan clientRenewProhibited, status ini menginformasikan kepada pihak registry untuk menolak semua permintaan perpanjangan domain.
  • clientTransferProhibited. Status domain ini menginformasikan kepada pihak domain registry untuk menolak semua permintaan transfer domain dari registrar saat ini ke registrar lain.


Status Pendaftaran Domain Indonesia

Status Pendaftaran Domain Indonesia merupakan status domain dari registrar Indonesia atau ccTLD (Country Code Top-Level Domain). Beberapa contoh ekstensi domain yang termasuk dalam kategori ini adalah .ID, .CO.ID, .OR.ID, .WEB.ID, dan lain-lain.

  • Pending Setup. Order telah diterima namun tagihan belum dibayarkan atau belum ada konfirmasi pembayaran.
  • Active Verifying. Dokumen persyaratan telah diunggah dan akan diverifikasi.
  • Verifying. Dokumen persyaratan telah diunggah dan akan diverifikasi.
  • Validating. Dokumen persyaratan sedang divalidasi.
  • Active. Domain Anda telah aktif pada layanan Niagahoster dan dapat digunakan.
  • Awaiting Documents. Domain telah aktif namun belum berkas persyaratannya belum lengkap.
  • Awaiting Documents. Status ini menandakan Anda harus melengkapi persyaratan nama domain Indonesia. Lihat contoh persyaratan domain Indonesia.
  • Canceled. Order telah dihapus karena hingga 30 hari tidak diperpanjang atau tidak dapat melengkapi persyaratan domain.
  • Suspended. Order dinonaktifkan karena adanya pelanggaran aturan domain atau tidak aktif sementara karena persyaratan domain belum lengkap setelah 3 hari domain aktif.
  • Pending registrar approval. Proses transfer domain menunggu persetujuan registrar domain saat ini.


Status Transfer Domain gTLD (Generic Top-Level Domain)

Status Transfer Domain gTLD merupakan status transfer domain gTLD yang dipindahkan dari layanan lain ke Niagahoster. Beberapa contoh ekstensi domain yang berada dalam kategori ini adalah .COM, .NET, .INFO, .XYZ, .STORE, dan lain-lain. 

  • Pending Payment Review. Niagahoster telah menerima pembayaran Anda dan tengah melakukan validasi pembayaran. Domain akan segera aktif setelah proses validasi selesai.
  • Inactive - Waiting For Registrant Approval. Status ini menandakan adanya perubahan kontak atau informasi WHOIS (nama, perusahaan, email dan lain-lain) pada domain Anda. Anda perlu mengecek email yang Anda gunakan sesuai dengan WHOIS dan mengonfirmasi perubahannya. Hal ini juga berlaku ketika Anda melakukan transfer domain, terutama jika informasi kontak Anda berbeda dengan sebelumnya.
  • Inactive - Transfer waiting for Registrant Contact Approval. Status ini menandakan Anda belum mengklik tautan autentikasi transfer yang dikirimkan melalui email. Email autentikasi dikirimkan ketika perubahan WHOIS selesai dilakukan (setelah status Waiting For Registrant Approval berakhir. Tautan di dalamnya hanya berlaku selama 5 hari sejak email terkirim.
  • Inactive - Transfer waiting for Losing Registrar Approval. Status ini menandakan Anda telah mengonfirmasi transfer domain. Domain Anda akan secara otomatis dipindahkan ke layanan Niagahoster dalam kurun waktu 5-7 hari kerja jika layanan lama Anda tidak membatalkannya. Untuk itu, silakan tunggu prosesnya. Anda dapat mengecek status transfer domain Anda kapan saja melalui Client Area Niagahoster.
  • Active. Domain Anda telah aktif di layanan Niagahoster dan dapat digunakan. Segera hubungi tim CSA (Customer Support Agent) Niagahoster jika memiliki permasalahan terkait nama domain.
  • Expired. Domain Anda telah melewati masa aktif dan secara otomatis tidak dapat digunakan. Status habis masa aktif suatu domain berlangsung selama 30-40 hari. Dalam periode tersebut, Anda dapat melakukan perpanjangan dengan biaya normal.

Artikel Terkait Status Pendaftaran dan Transfer Nama Domain Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.
whatsapp