FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Server Niagahoster Support HTTP/3

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Server Niagahoster Support HTTP/3


Niagahoster selalu meningkatkan pelayanan bagi pelanggan. Saat ini pengguna layanan web hosting Niagahoster dapat menikmati manfaat dari HTTP/3, seluruh server Niagahoster telah support untuk akses HTTP/3

Apa Itu HTTP/3?

HTTP/3 adalah versi ketiga dari HTTP(hypertext transfer protocol) yang memungkinkan adanya pengiriman data dari satu komputer ke perangkat lainnya dengan standar internet yang dikenal sebagai HTTP-over-QUIC yang mengadopsi UDP sebagai protokol transfer data menggantikan TCP yang telah digunakan sejak versi HTTP pertama. QUIC dirancang untuk menjadi lebih cepat dengan latensi yang lebih rendah dari TCP. QUIC mampu mengurangi overhead saat membuat koneksi dan transfer data menjadi lebih cepat melalui koneksi tersebut. QUIC juga mencakup dukungan bawaan untuk Transport Layer Security (TLS), bagian perlindungan dari HTTPS.

Beberapa perusahaan internet seperti Cloudflare, Google dan Mozilla mulai memberi dukungan pada protokol HTTP versi 3 (HTTP/3).

Apa Saja Manfaat HTTP/3?

  •  Akses Terhadap Sebuah Situs atau Streaming Data lebih Cepat
  •  Proses Transfer File Tidak Tersendat
  •  Mengunduh Data Tanpa Interupsi
  •  Keamanan yang Lebih Baik Dari HTTP/2, dilengkapi juga dengan dukungan Transport Layer Security (TLS) yang merupakan bagian keamanan dari HTTPS sehingga menjadikannya lebih aman.

Saat ini berbagai browser telah didukung HTTP/3 diantaranya Safari, Firefox, Chrome yang meskipun masih by default disable sehingga perlu di-enable terlebih dahulu. 

Selengkapnya bisa Anda cek di https://caniuse.com/#feat=http3


Bagaimana Cara Mengaktifkan HTTP/3?

Untuk mengaktifkan dukungan HTTP/3 pada website Anda yaitu cukup dengan mengaktifkan HTTPS atau SSL pada website Anda.

Jika website Anda belum terinstall SSL dan Anda menginginkan aktifasi SSL gratis yang disediakan Niagahoster maka dapat mengikuti panduan berikut ini 

https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-mendapatkan-ssl-gratis-selamanya.

Atau jika Anda sudah mempunyai layanan SSL sendiri dan ingin menginstall pada website Anda maka dapat mengikuti panduan berikut ini

https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-install-ssl-di-cpanel-niagahoster

Catatan: Jika browser yang digunakan masih belum mendukung HTTP/3 maka nantinya akan secara otomatis menggunakan HTTP/2.


Bagaimana cara Mengecek Apakah Website Anda Sudah Mendukung HTTP/3?

Untuk memeriksa apakah situs Anda sudah menggunakan HTTP/3, Anda bisa menggunakan tool online seperti HTTP3Check (https://www.http3check.net/).

http3check

Dengan tool tersebut, Anda tinggal memasukkan alamat atau URL website Anda, lalu klik pada tombol “search”. Jika situs Anda sudah mendukung HTTP/3, hasilnya akan seperti berikut:

http3check result

Demikian sekilas informasi singkat mengenai HTTP/3. Untuk informasi selengkapnya mengenai HTTP/3 dapat menyimak di https://en.wikipedia.org/wiki/HTTP/3


Semoga membantu :)

 



Artikel Terkait Server Niagahoster Support HTTP/3

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

whatsapp

Hai di sana

Pilih jawaban dan klik Tidak, hubungi support jika tidak membantu

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?