FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Perbedaan Domain dan Hosting

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Perbedaan Domain dan Hosting

Pengertian Domain

Domain diibaratkan sebagai alamat. Tiap-tiap komputer yang berhubungan satu sama lain akan memiliki alamat IP (IP Address). Namun, alamat IP yang berbentuk deretan angka sulit untuk dihafalkan. Karenanya, muncul nama domain.

Domain atau nama domain adalah alamat website yang dituliskan pengguna Internet di kolom bar URL. Contohnya:

  • niagahoster.co.id
  • hostinger.co.id

Klik di sini untuk mendapatkan domain di Niagahoster.

Jika domain diibaratkan alamat, maka hosting adalah rumah yang kita miliki. Misalnya adalah website.

Seperti yang kita lihat, namadomain.com pasti memiliki website yang bisa dibuka. Website itulah yang disebut dengan Hosting. Untuk memiliki domain, Anda harus mendaftarkan nama domain ke domain registrar, contohnya Hostinger.

Pengertian Hosting

Hosting diibaratkan sebuah lahan dimana Anda dapat membangun "rumah" di atasnya. JIka Anda memiliki nama domain namun tidak memiliki hosting, hal itu tampak seperti Anda memiliki alamat tanpa rumah. Anda dapat menarik pengunjung lewat nama domain, namun pengunjung takkan melihat apapun di sana.

Dalam website tersebut, Anda dapat menyimpan informasi, file, atau bahkan database (baik berupa tulisan, gambar, script, video, dll) yang ingin ditampilkan.

Untuk mendapatkan hosting Niagahoster, klik di sini.


Artikel Terkait Perbedaan Domain dan Hosting