Panduan Cloud VPS

Panduan VestaCP

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Panduan VestaCP

Berikut ini adalah panduan step by step untuk menggunakan Vesta Control Panel (VestaCP) untuk VPS dengan CentOS 7 di Niagahoster:

1. Install VestaCP VPS CentOS 7

Vesta Control Panel (VestaCP) merupakan control panel untuk VPS yang memudahkan klien untuk mengelola email, website, dan DNS.

2. Akses Panel VestaCP

Untuk mengakses Panel VestaCP, Anda dapat mengetikkan alamat IP Anda diikuti dengan port 8083 dan https di depannya.

3. Membuat Nameserver VestaCP

Untuk membuat nameserver VestaCP, Anda harus mendaftarkan nameserver untuk domain Anda terlebih dahulu.

4. Addon Domain di VestaCP

Anda dapat menambahkan domain atau Addon Domain pada VestaCP. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu masuk ke halaman Login VestaCP saja.

5. Buat Email di VestaCP

Untuk membuat email melalui VestaCP, Anda dapat menambah akun baru dan menuliskan sendiri kuota email Anda.

6. Membuat Database MySQL di VestaCP

Menambahkan Database MySQL di VestaCP sangat mudah. Anda hanya perlu menuliskan nama database, user database, dan password database Anda.

7. Membuat Akun FTP VestaCP

FTP VestaCP ditambahkan berdasarkan masing-masing website Anda. Jika ingin menambahkan FTP dari website Anda yang lain, Anda harus menambahkan Additional FTP dengan mengulangi langkah yang sama.

8. Upload File Website Melalui FileZilla

Karena path FTP VestaCP memberikan restriction hanya untuk satu website per FTP, maka Anda harus login dengan akun FTP berbeda jika ingin mengupload file untuk website yang berbeda pula.

9. Ubah Port SSH VPS VestaCP

Default port SSH adalah 22. Untuk meningkatkan keamanan SSH Anda, Anda perlu mengubah port SSH dari default 22 agar port SSH Anda hanya diketahui oleh diri Anda sendiri.

10. Cara Mengubah URL PhpMyAdmin VestaCP

Default URL /phpmyadmin tidak aman karena URL dapat diketahui oleh semua orang. Hal ini dapat menambah kemungkinan hacking dengan menggunakan metode bruteforce login. Untuk itu, Anda perlu mengubah URL PhpMyAdmin Anda.


11. Cara Migrasi cPanel ke VestaCP

Panduan ini berisi cara untuk migrasi dari shared hosting ke VPS dengan menggunakan VestaCP.


Artikel Terkait Panduan VestaCP