Panduan Developer Club

Panduan Penggunaan Niagahoster Developer Club

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Panduan Penggunaan Niagahoster Developer Club

Prosedur Login

  • Login melalui Member Area Niagahoster
  1. Masuk ke halaman https://www.niagahoster.co.id
  2. Klik Member Area yang ada di bagian pojok kanan atas, isikan email dan password, lalu klik login.

  1. Klik ikon Anda dan pilih Pengaturan Profil.

  1. Pada panel Developer Club, klik Login Reseller.

  1. Anda akan dibawa ke halaman dashboard developer/reseller.

  • Login melalui login page Reseller

image

  • Login melalui login page Child Developer (untuk login ke Member Area klien Anda)

image


Fungsi Menu-menu pada Dashboard


  • Dashboard Developer/Reseller

Pada dashboard Developer Club terdapat navigasi utama antara lain:

1. Setting

Pada menu Setting, Anda dapat melakukan pengaturan sistem, tagihan (invoice), dan email untuk pelanggan Anda.

image

a. Setting Sistem

Menu Setting Sistem berfungsi untuk mengatur sistem dashboard mulai dari Nama Profil, Email yang digunakan, Nomor Rekening untuk transaksi, sampai Logo/Identitas Perusahaan Anda. Untuk melakukan pengaturan pada sistem, klik 'Kelola'.

image

Menu Setting System ini berisi informasi seperti:

  • Nama akun Developer Club Anda.
  • Email yang valid untuk berkomunikasi dengan klien Anda.
  • Website URL aktif sebagai identitas online.
  • Alamat tempat tinggal Anda.
  • Nomor telepon Anda yang aktif.
  • Signature yang akan muncul pada setiap akhir email yang dikirimkan pada klien Anda.
  • Nameserver 1 dan Nameserver 2 yang dapat di-custom sendiri.
  • Logo sebagai identitas usaha atau perusahaan Anda.

image

image

Setelah melakukan perubahan atau pengaturan pada sistem, klik 'Update Sistem' agar perubahan tersebut tersimpan.

Pada menu Setting System juga terdapat pilihan bank yang ingin digunakan sebagai media transaksi. Anda dapat memasukkan nomor rekening valid yang berguna untuk mempermudah pembayaran. Nomor rekening ini akan tampil pada email dan invoice untuk klien Anda.

image

b. Setting Invoice

Dengan menu ini, Anda dapat mengatur sistem invoice (tagihan) yang akan diberikan kepada klien Anda. Mulai dari jatuh tempo invoice, nomer seri invoice, invoice kedaluwarsa, dan lain sebagainya. Klik 'Kelola'untuk mengatur.

image

c. Setting Email

Menu Setting Email memungkinkan Anda untuk mengatur sistem Email Invoice/Tagihan yang akan diberikan kepada klien Anda setiap kali melakukan transaksi order. Mulai dari template email pemberitahuan bahwa akun klien telah berhasil dibuat, email pemberitahuan invoice/tagihan, dan lainnya. Klik 'Kelola' seperti gambar di bawah ini.

image

2. Product

Menu product berisi daftar produk, setup produk, dan markup harga yang Anda miliki. Untuk mengaturnya, klik 'Kelola'.

image

Berikut adalah tampilan menu kelola produk. Anda dapat mengganti deskripsi Nama Paket, dapat memilih statusnya 'Enabled' atau 'Disabled', dapat menampilkan (Show) atau menyembunyikannya (Hidden), serta dapat memberi Deskripsi singkat mengenai produk.

image

Untuk membuat produk, klik 'Buat Produk' lalu pilih produk yang ingin dibuat dan klik 'Create'.

image

3. Klien

Berisi menu klien dan daftar klien yang telah bergabung lewat Anda. Anda dapat mengontrol dan melihat aktivitas klien dari menu ini. Pada menu ini dapat dilihat berapa jumlah klien yang aktif, klien yang di-suspend, klien yang di-cancel, dan total klien yang telah bergabung.

image

Untuk melihat detail klien, klik 'Kelola' seperti pada gambar di atas. Anda dapat melihat dashboard klien dengan meng-klik 'Login to client area'.

image

Selain itu juga terdapat menu Edit, Order, Tagihan, dan Emails di mana Anda dapat mengatur semua hal yang berkaitan dengan klien Anda dengan leluasa.

Pada menu ini, Anda juga dapat menambahkan klien baru dengan cara meng-klik 'Tambah Klien' seperti di bawah:

image

Lalu isikan biodata klien dan klik 'Simpan'.

image

4. Tagihan

Menu ini berisi daftar tagihan yang harus Anda bayarkan ke Niagahoster dan daftar harga yang harus dibayarkan klien Anda kepada Anda.

image

Di menu Tagihan ini juga dapat dilihat tagihan yang belum dibayar (Unpaid Invoices), tagihan refund, tagihan yang telah dibayarkan, dan total invoices. Berikut tampilan apabila meng-klik 'Kelola'.

image

Gambar di atas adalah tampilan menu 'Detail' di mana terdapat tombol 'Mark as paid' dan 'Delete'. 

image

Setelah tagihan dibayarkan, developer bisa mengubah status tagihan menjadi Paid.

  1. Klik menu Tagihan dan pilih tagihan yang sudah dibayarkan klien.
  2. Klik Kelola.

  1. Klik Mark as paid yang ada di bagian bawah detail tagihan klien.

Tampilan menu 'Client credentials'.

image

Tampilan menu 'Reseller credentials'.

image


5. Orders

Berisi seluruh order dari klien yang sudah terdaftar melalui Anda. Menu ini tidak hanya untuk melihat detail order, tetapi juga bisa untuk melakukan order. Pada menu ini dapat dilihat order yang pending, order yang aktif, order yang di-suspended, dan total order yang ada. Untuk melakukan pengaturan pada menu Order, klik 'Kelola' (seperti di bawah ini).

image

Tampilan menu 'Detail'. Terdapat tombol 'Renew'.

image

Tampilan menu 'Edit Order'. Pada menu ini Anda dapat merubah status order klien Anda berupa Pending Setup, Setup Failed, Active, Suspended, Canceled, ataupun Not Exist. Selain itu Anda juga dapat merubah tanggal kedaluwarsa produk yang diorder klien Anda secara manual (misalnya ketika terjadi masalah tanggal kedaluwarsa yang tidak sesuai).

image

Tampilan menu 'Service Management'.

image

Tampilan menu 'Tagihan'.

image

Selain untuk melihat detail order, menu Orders ini juga berfungsi untuk membuat order. Untuk membuat order yang diminta klien, klik 'New'.

image

Pilih nama klien yang telah dibuat, pilih paket produk yang diinginkan oleh klien, dan terakhir klik 'Order'untuk membuat pesanan.

image

Note! Pada saat membuat order, Anda harus mengetikkan nama klien yang mengorder terlebih dahulu (secara otomatis akan muncul pilihan nama klien tersebut). Jadi order tidak dapat dilakukan apabila klien belum didaftarkan atau ditambahkan. Cara menambahkan atau mendaftarkan klien: Klik menu 'Klien' lalu klik 'Tambah Klien'.

6. Emails

Menu Emails ini dapat digunakan untuk mengatur email yang masuk ke alamat klien mengenai aktivitas di Developer Club Niagahoster.

image

  • Dashboard Klien/Child Developer

Child Developer atau klien dari Developer yang bergabung dengan Developer Club Niagahoster juga akan mendapatkan Member Area sendiri. Klien yang bergabung lewat developer akan memiliki login page sendiri di http://developer.niagahoster.co.id/login

Setelah masuk, klien akan langsung masuk ke Member Area Child Developer seperti di bawah ini.

Menu utama di Member Area Child Developer berisi produk yang di order oleh klien kepada developer, serta tagihan yang dibuat sesuai dengan order produk.

1. Hosting

Pada menu Hosting di Member Area Child Developer, klien bisa melihat paket hosting yang sudah di order kepada developer. Jika ingin melihat detail paket hosting, klien bisa klik Kelola pada nama paket Hosting.

Pada tab detail, terdapat pula URL login cPanel serta username & password cPanel klien. Pada tab detail, user juga bisa melihat name server yang akan dipakai klien untuk mengarahkan hosting ke domain sendiri.

2. Website Instant

Pada menu Website Instant, klien bisa melihat order Website Instant kepada Developer Club serta melihat detail dengan mengklik Kelola.

3. Domain

Pada menu Domain, klien bisa melihat order domain yang dibuat kepada developer.

Pada menu Kelola, klien bisa melihat detail domain yang diorder, beserta status dan jatuh tempo untuk memperpanjang order.

4. Cloud VPS Server

Pada menu Cloud VPS Server, user bisa mengecek serta mengelola VPS yang telah diorder lewat developer.

5. Tagihan

Pada menu Tagihan terdapat dua tab, yakni Unpaid dan Paid. Menu Tagihan berisi seluruh tagihan order yang telah dibuat klien kepada Anda.

Unpaid

Pada tab Unpaid Tagihan, terdapat tanggal tagihan dibuat serta tanggal jatuh tempo dimana klien harus membayarkan tagihan tersebut. Jika sampai tanggal jatuh tempo klien belum juga membayar tagihan, order akan di-cancel/dibatalkan.

Paid

Pada tab Paid Tagihan, terdapat daftar tagihan order yang telah dibayar. Tanggal jatuh tempo di tab Paid menunjukkan tanggal tagihan order tersebut dibayarkan oleh klien kepada Anda.

Klien juga bisa melihat detail invoice yang dikirim sesuai dengan tagihan. Termasuk alamat developer, alamat klien, detail tagihan, dan cara pembayaran melalui rekening bank yang Anda pilih.



Artikel Terkait Panduan Penggunaan Niagahoster Developer Club