Panduan Cloud VPS

Panduan Panel VPS Webuzo

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Panduan Panel VPS Webuzo

Berikut ini adalah panduan step by step untuk menggunakan Panel Webuzo untuk VPS dengan CentOS 7 64bit Minimal di Niagahoster:

1. Instalasi Webuzo pada CentOS 7

Untuk menginstall panel Webuzo pada VPS dengan CentOS 7, Anda harus mengubah OS yang digunakan terlebih dahulu sebelum memulai instalasi melalui Terminal Shell (gunakan PuTTY jika Anda menggunakan Windows). Ikuti panduan untuk mengubah OS dan menginstal panel VPS Webuzo.

2. Cara Akses Webuzo

Setelah menginstall panel VPS Webuzo, Anda dapat mengecek cara untuk mengakses panel VPS Webuzo di sini.

3. Membuat Nameserver

Nameserver adalah sebuah nama dari web server yang digunakan untuk mengarahkan domain. Agar domain Anda dapat mengarah ke website Anda, Anda harus mengupdate nameserver tersebut. Sebelum mengupdate nameserver, Anda dapat membuat nameserver tersebut dengan mengikuti langkah-langkah pada panduan ini.

4. Addon Domain

Setelah Anda login di panel Webuzo Anda, maka Anda dapat menambahkan atau melakukan Addon Domain di VPS Anda. Ikuti panduan mudahnya di sini.

5. Membuat Akun Email

Anda dapat membuat membuat akun email di Webuzo dengan mudah melalui menu Email pada Panel Webuzo Anda.

6. Membuat Database MySQL

Sebelum mengatur database, Anda tentunya harus lebih dahulu membuat database serta menambahkan database user di Webuzo. Selain membuat database, Anda juga dapat menemukan cara untuk mengedit dan menghapus database Anda.

7. Instalasi WordPress di Webuzo

Untuk instalasi WordPress yang ada di panel VPS Webuzo, Anda harus memastikan bahwa script WordPress telah aktif pada dashboard panel VPS Webuzo Anda. Ikuti panduan untuk mengupdate dan menginstal WordPress pada panel VPS Webuzo.

8. WebMail Lite Sebagai Alternatif Selain SquirrelMail

Jika Anda membuat akun email melalui panel VPS Webuzo, Anda dapat langsung login menuju ke SquirrelMail. Namun, tidak semua user menyukai tampilan dari SquirreMail. Untuk itu, Anda dapat mencoba WebMail Lite.

9. Mengubah Port SSH

Ada dua cara untuk mengubah port SSH pada panel VPS Webuzo. Yakni dengan mengubah Port SSH melalui PuTTY (jika Anda menggunakan Windows), dan melalui Control Panel Webuzo langsung.

10. Mengubah Password Login

Meski user Webuzo tidak dapat diubah, namun Anda dapat mengubah password login panel VPS Webuzo Anda. Untuk melakukannya, ikuti panduan step by step dengan tutorial ini.

11. Membuat Akun FTP dan Melakukan Koneksi dengan FileZilla

Untuk membuat akun FTP pada panel VPS Webuzo, Anda dapat mulai dengan login ke panel Webuzo Anda. Setelahnya, koneksikan konfigurasi tersebut ke aplikasi FileZilla.

12. Install Versi Php (5.4 - 7.1) dan Cara Mengubahnya

Anda dapat mengubah versi php di panel VPS Webuzo dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi lain. Anda dapat mengubah versi PHP tersebut dari versi 5.4 hingga 7.1 dengan mengikuti langkah-langkah di panduan ini.

13. Install SSL Gratis Let's Encrypt

Anda juga dapat menambahkan SSL gratis melalui panel VPS Webuzo. Caranya sangat mudah, yakni Anda hanya perlu klik Let's Encrypt saja.

14. Install SSL Berbayar Comodo Positive

Tak hanya SSL gratis, Anda juga dapat menambahkan SSL berbayar Comodo Positive yang lebih aman dan bergaransi di panel Webuzo Anda. Ikuti panduannya di sini.

15. Install Firewall CSF

CSF adalah firewall dengan konfigurasi yang lebih anyak dibandingkan dengan firewall lain. Meski begitu, CSF mudah di install dan dikonfigurasikan.

16. Migrasi dari cPanel ke Webuzo

Hal ini sangat berguna apabila Anda ingin beralih ke paket VPS tanpa kesulitan memindahkan data dari Shared Hosting ke VPS Anda.


Artikel Terkait Panduan Panel VPS Webuzo