Serba-Serbi

Panduan instalasi Lastpass untuk mengamankan password

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Panduan instalasi Lastpass untuk mengamankan password

Lastpass merupakan program aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan detail informasi login dan password website maupun email yang anda miliki sehingga lebih aman dan terstruktur. Anda hanya perlu mengingat satu password utama untuk aplikasi Lastpass anda saja untuk memiliki akses login ke seluruh website dan email yang anda miliki.

Untuk melakukan instalasi Lastpass, silahkan ikuti panduan berikut ini :

1. Pada panduan ini kita menggunakan browser Google chrome, Untuk Mozilla Firefox anda dapat menyesuaikan.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengakses menu “costumize & Control Google Chrome” yang berada di pojok kanan atas browser Google Chrome anda. Kemudian pilih “More Tools → Extensions”  atau bisa langsung mengkases url : https://chrome.google.com/webstore/category/extensions?hl=en-US

 

Cara menginstall lastpass


2. Anda akan diarahkan ke Chrome Webstore. Pada kolom pencarian di sebelah kiri silahkan anda inputkan “lastpass”, maka akan muncul Extensions bernama “Lastpass : Free Password Manager”  Silahkan tekan tombol “add to Chrome” untuk menginstallnya.

Install Lastpass di Chrome Store



3. Setelah Instalasi selesai, maka akan ada notifikasi Added pada Aplikasi lastpass yang baru saja anda install dan icon lastpass di toolbar browser anda.




sukses install lastpass



4. Anda juga akan diredirect ke halaman Log in / Sign Up Lastpass, Silahkan inputkan email anda dan tekan tombol  “Create Account

Membuat akun lastpass


5. Selanjutnya silahkan membuat master password dan Reminder untuk Akun Lastpass anda. ( Ingat baik - baik kedua informasi ini, data ini dipergunakan untuk login dan reminder berfungsi untuk mereset password lastpass anda jika anda lupa ), lalu tekan "Unlock my Vault".


Membuat password Lastpass


6. Setelah anda menekan tombol Unlock my Vault, maka anda akan diarahkan ke halaman Vault yang berfungsi untuk menampung informasi login dan password seluruh website maupun email yang anda miliki. Anda juga bisa menambahkan informasi login website secara manual dengan menekan tombol “Add Site”.


menambahkan website di lastpass


7. Berikut ini halaman yang berfungsi untuk menambahkan informasi akun secara manual, Anda dapat mengkategorikan detail login dengan membuat folder, dan juga menambahkan deskripsi untuk website yang anda tambahkan.



menambahkan website lastpass secara manual



8. Anda juga dapat menambahkan informasi detail login website secara otomatis. Caranya silahkan mencoba login ke salah satu website yang anda miliki dengan username dan password anda, maka akan muncul notifikasi “Should Lastpass remember this password?” untuk menyimpan detail informasi login tersebut. Silahkan tekan “Yes” untuk menyimpannya.


Menambahkan password lastpass secara otomatis


9. Seluruh data informasi login seperti url halaman, username hingga password akan terisi secara otomatis, anda bisa menyimpannya langsung.



mengisi password lastpass secara otomatis



10. Setiap anda menginjungi website yang telah terinstall Lastpass, maka anda akan mendapatkan notifikasi berwarna merah pada icon lastpass anda.

 

Notifikasi pada lastpass



11. Jika anda mensetting Autologin maka browser akan meloginkan secara otomatis, jika anda hanya menyimpannya saja maka anda bisa mengisikan password secara otomatis dengan menekan Icon lastpass, pilih “Show Matching Sites” kemudian pilih “autofill”.


Autofill Lastpass

login otomatis lastpass

Demikan Panduan instalasi Lastpass untuk mengamankan password yang bisa anda praktekkan untuk mengamankan seluruh informasi login dan password website serta email anda, Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait Panduan instalasi Lastpass untuk mengamankan password