Panduan Cloud VPS

Panduan cPanel / WHM

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Panduan cPanel / WHM

Berikut ini adalah panduan step by step untuk menggunakan cPanel / WHM (Web Host Manager) untuk VPS dengan CentOS 7 64bit Minimal di Niagahoster:


1. Install cPanel / WHM pada CentOS 7 di VPS

cPanel adalah control panel paling familiar yang digunakan untuk web hosting. Tak hanya dapat digunakan di Shared Hosting, VPS juga dapat menggunakan WHM (Web Host Manager) yang membuat pengelolaan hosting Anda semakin mudah.


2. Cara Akses cPanel / WHM

Setelah menginstall cPanel / WHM, Anda dapat mengecek cara untuk mengakses WHM di sini.


3. Ubah Port SSH pada cPanel VPS

Mengubah port SSH digunakan untuk mengamankan koneksi ke server Anda. Hal ini dikarenakan port default 22 diketahui semua orang, sehingga siapapun dapat berusaha login ke server Anda. Sejatinya, mengganti Port SSH pada VPS melalui SSH sama saja baik itu dengan panel Webuzo, VestaCP, maupun cPanel/WHM.


4. Membuat Nameserver pada cPanel VPS

Setelah menginstall dan mengakses cPanel / WHM dan mengubah port SSH yang akan Anda gunakan, kini saatnya Anda membuat nameserver. Nameserver berfungsi agar saat Anda mengakses domain Anda, sistem akan mengarahkan langsung ke website VPS yang sudah Anda konfigurasikan.


5. Membuat Akun cPanel

Sebelum menginstall WordPress, Anda perlu memiliki akun cPanel terlebih dulu pada WHM Anda. Untuk membuat akun cPanel pada WHM sangatlah mudah.


6. Addon Domain pada cPanel VPS

Pada dasarnya, cara membuat addon domain pada cPanel untuk Shared Hosting dan VPS sama saja.


7. Membuat Database pada cPanel VPS

Pada dasarnya, cara membuat database MySQL pada cPanel untuk Shared Hosting dan VPS sama saja.


8. Membuat Email pada cPanel VPS

Pada dasarnya, cara membuat dan mengkonfigurasikan email pada cPanel untuk Shared Hosting dan VPS sama saja.


9. Cara Install WordPress pada cPanel VPS

Untuk menginstall WordPress pada cPanel / WHM, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan instalasi WordPress pada cPanel Shared Hosting dan cPanel VPS berbeda.


10. Cara Install CSF Firewall pada cPanel VPS

Tool keamanan ini akan melindungi server Anda dari serangan seperti brute force dan meningkatkan keamanan server secara menyeluruh. Aplikasi ini bekerja sebagai plugin WHM dan Anda bisa menadapatkannya secara gratis.


11. Migrasi cPanel Shared Hosting ke cPanel VPS

Sebelum melakukan migrasi cPanel dari Shared Hosting ke cPanel VPS, Anda perlu melakukan Full Backup pada akun cPanel Shared Hosting Anda. Selanjutnya, ikuti langkah-langkahnya di sini.



Artikel Terkait Panduan cPanel / WHM

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.