FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Mencegah dan Membersihkan Malware di Niagahoster (Hack)

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Mencegah dan Membersihkan Malware di Niagahoster (Hack)


Panduan Video


Tutorial Manual

Mencegah dan membersihkan Malware di Niagahoster

Malware atau malicious software merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang bertujuan untuk tindak kejahatan seperti pencurian data, spam, dan lain-lain. Banyak hal yang menyebabkan sebuah website terinfeksi oleh malware, di antaranya adalah script yang telah kedaluwarsa atau adanya celah keamanan pada website tersebut. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan website Anda terinfeksi oleh malware.

Scripts yang Outdate / Kedaluwarsa

Scripts yang telah kedaluwarsa sering sekali menjadi sasaran hacker untuk menyisipkan malware khususnya untuk scripts WordPress, Joomla, Drupal, dan Opencart. Hal ini karena hampir semua pengguna internet menggunakan script tersebut. 

Solusi

Pastikan semua scripts termasuk core (seperti WordPress, Joomla, dan lain-lain), theme dan plugin selalu terupdate. Untuk WordPress, Anda dapat dengan mudah melakukan update semua theme, plugins, dan core WordPress melalui dashboard > updates. Perhatikan screenshot berikut untuk lebih jelasnya:

Anda juga dapat menggunakan plugin Easy Updates Manager . Instal dan aktifkan plugin tersebut. Setelah itu, login pada dashboard WordPress Anda, pilih opsi Update Options :

Atau Anda juga dapat menggunakan plugin auto upgrade di WordPress jika Anda memiliki referensi yang lainnya untuk plugin tersebut.


Scripts Nulled/bajakan/dari sumber yang tidak dapat dipercaya

Salah satu hal yang banyak menyebabkan malware masuk ke dalam website adalah penggunaan script atau plugin atau theme dari sumber yang tidak dapat dipercaya atau bajakan. Hal ini karena umumnya scripts tersebut sudah disisipi malware di dalamnya sehingga ketika diupload ke website atau akun hosting Anda, maka secara otomatis akan bekerja dan merusak website Anda.

Untuk itu, mohon memastikan untuk tidak menggunakan scripts nulled atau bajakan atau dari sumber yang tidak dapat dipercaya karena pasti akan sangat tidak aman untuk website Anda.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Membersihkan Malware 

Website yang mengandung malware di dalamnya dapat menyebabkan server overload dan melakukan mass email karena akan otomatis berjalan sendiri tanpa diketahui oleh pengunggahnya atau pemilik website tersebut sehingga sistem keamanan Niagahoster akan secara otomatis menghentikan script tersebut dan menghapusnya jika menemukannya, menonaktifkan layanan email jika terjadi mass email dan suspend secara permanen jika tidak ada perbaikan.

Kami juga menyarankan agar Anda melakukan pembersihan akun dan website Anda dari malware dengan melakukan scan melalui menu Anti virus yang kami sediakan di cPanel Anda dan pastikan untuk membersihkannya jika sistem menemukan malware di dalamnya:


Niagahoster menggunakan engine clamav dengan beberapa tambahan signature database dari maldet dan juga signature database versi Niagahoster.

Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait Mencegah dan Membersihkan Malware di Niagahoster (Hack)