Panduan Hosting cPanel

Membuat Staging pada Softaculous Apps Installer

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Membuat Staging pada Softaculous Apps Installer

Staging sangat berguna apabila Anda ingin mengecek (mengetes) perubahan yang Anda lakukan pada website Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengecek ada atau tidaknya kendala sebelum memutuskan untuk membuat perubahan itu live dan dapat dilihat oleh seluruh pengunjung website.

Cara membuat Staging sendiri sangat mudah, karena sudah langsung disediakan oleh Softaculous Apps Installer melalui cPanel. Untuk membuat Staging, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara Membuat Staging di Softaculous Apps Installer pada cPanel

NOTE: Tutorial di bawah ini menggunakan contoh WordPress dalam sub direktori staging.

1. Login ke akun Niagahoster Anda dengan mengakses https://panel.niagahoster.co.id/login


2. Pada sidebar, klik menu Layanan Anda > Hosting > Kelola



3. Anda akan langsung dibawa ke halaman cPanel. Untuk membuka seluruh menu cPanel, klik All Feature



4. Kemudian, cari menu Software > Softaculous Apps Installer untuk membuka panel Enduser Softaculous


5. Klik icon All Installation seperti screenshot di bawah ini untuk memilih instalasi mana yang akan ditambahkan staging-nya


6. Pada contoh kali ini, kita akan membuat staging WordPress. Klik icon kertas seperti pada screenshot di bawah ini untuk membuat staging


7. Anda dapat membiarkan kolom terisi secara default, kemudian klik Create Staging



8. Tunggu hingga instalasi Staging selesai. Waktunya berbeda-beda, tergantung berat atau tidaknya ukuran instalasi Anda.


9. Selesai. Username dan password login untuk staging akan sama dengan username dan password login WordPress Anda. Untuk menuju ke halaman staging, klik Administrative URL yang terdapat atau akses http://domainanda.com/staging/wp-admin.


10. Setelah melakukan update website staging selesai, Anda dapat klik ikon push untuk memindahkan segala yang Anda edit ke website asli (menjadikannya live). 


note: pastikan Anda telah melakukan backup sebelum mengatur perubahan dari website Staging ke website asli, sehingga apabila terjadi error Anda dapat melakukan restore dan menghapus versi terbaru dari website Staging.



Artikel Terkait Membuat Staging pada Softaculous Apps Installer

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

whatsapp

Hai di sana

Pilih jawaban dan klik Tidak, hubungi support jika tidak membantu

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?