Untuk masuk ke dashboard Niagahoster Partner, Anda harus menyetel fitur 'White Label' menjadi 'enable' terlebih dahulu. Caranya adalah:
Setelah selesai, Anda bisa menggunakan Password tersebut untuk login di halaman Reseller Area Niagahoster Partner. Anda bisa langsung masuk di halaman berikut: https://partner.niagahoster.co.id/reseller
Anda juga bisa masuk halaman Reseller Area Niagahoster Partner melalui member area. Pada menu Partner, Anda bisa langsung masuk dengan Klik tombol "Login Reseller".
Pada halaman Partner ini, Anda bisa merubah password halaman Reseller Area Anda.
Berikut ini adalah Halaman Utama Anda sebagai Niagahoster Partner.
Sebagai partner/reseller, Anda bisa mengubah URL Member Area Anda sendiri. Secara default, URL login setelah Anda mengaktifkan konfigurasi White Label adalah URL login di sini untuk admin dan di sini ntuk klien Anda.
Lalu bagaimana mengubah URL tersebut menjadi URL domain Anda? Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengarahkan URL domain dengan metode CNAME ke URL partner.niagahoster.co.id.
Misalnya: custom.niagahoster.org diarahkan ke CNAME partner.niagahoster.co.id,
Setelah selesai, Anda dapat mulai login dengan URL baru tersebut. Dalam hal ini berarti URL login Anda akan berubah menjadi https://custom.niagahoster.org/reseller untuk Anda sebagai reseller dan https://custom.niagahoster.org/ untuk klien Anda.
Saat ini, kami mewajibkan Partner untuk menggunakan Cloudflare dan mengaktifkan SSL di Custom URL ini. Penggunaan Cloudflare dan SSL pada custom URL bertujuan untuk memberikan keamanan pada layanan pelanggan. Panduannya bisa Anda lihat pada halaman berikut: https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-membuat-ssl-di-cname-niagahoster-partner-menggunakan-cloudflare
Pada dasarnya dengan URL Login dari halaman partner.niagahoster.co.id akan menggunakan informasi Logo, Background dan Favicon default.
Namun, ketika Anda sudah memiliki URL Login dengan alamat sendiri maka Anda bisa merubah Logo, Background dan Favicon sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda dapat melihat caranya pada panduan di bawah ini.
Untuk membuat nameserver sendiri yang dapat digunakan di Niagahoster, Anda dapat melakukannya dengan membuat custom childname dengan mengarahkan ke IP nameserver Niagahoster.
Contoh:
ns1.niagahoster.org poin childname record 153.92.15.253
ns2.niagahoster.org poin childname record 156.67.223.253
Setelah itu, nameserver tersebut (ns1.niagahoster.org dan ns2.niagahoster.org) dapat Anda gunakan sebagai ganti ns1.niagahoster.com dan ns2.niagahoster.com.
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melengkapi detail usaha Anda yaitu informasi nama usaha, informasi tagihan, dan informasi email. Semua informasi tersebut harus diubah dengan baik sesuai dengan usaha Anda sehingga terlihat profesional karena klien Anda nantinya akan melihat informasi tersebut.
Menu Setting Sistem berfungsi untuk mengatur sistem dashboard mulai dari Nama Profil, Email yang digunakan, No Rekening untuk transaksi, sampai Logo/Identitas Perusahaan Anda.
Untuk melakukan pengaturan pada sistem, klik 'Kelola'.
Menu Setting System ini berisi informasi seperti:
Private Nameserver yang Anda masukan pada halaman ini akan ditampilkan pada detail order hosting di halaman client area milik pelanggan Anda.
Pada menu Setting System juga terdapat pilihan bank yang ingin digunakan sebagai media transaksi. Anda dapat memasukkan nomor rekening valid yang berguna untuk mempermudah pembayaran. Nomor rekening ini akan tampil pada email dan invoice untuk klien Anda.
Anda dapat mengatur sistem invoice (tagihan) yang akan diberikan kepada klien Anda. Mulai dari jatuh tempo invoice, nomer seri invoice, invoice kedaluwarsa, dan lain sebagainya. Klik 'Kelola' untuk mengatur.
Menu Setting Email memungkinkan Anda untuk mengatur sistem Email Invoice/Tagihan yang akan diberikan kepada klien Anda setiap kali melakukan transaksi order.
Mulai dari template email pemberitahuan bahwa akun klien telah berhasil dibuat, email pemberitahuan invoice/tagihan, dan lainnya. Klik 'Kelola' seperti gambar di bawah ini.
Anda dapat mengganti nama produk hosting Niagahoster dengan produk Anda sendiri termasuk juga dengan markup harga produk Anda.
Menu product berisi daftar produk, setup produk, dan markup harga yang Anda miliki. Untuk mengaturnya, klik 'Kelola'.
Berikut adalah tampilan menu kelola produk. Anda dapat mengganti deskripsi Nama Paket, dapat memilih status-nya 'Enabled' atau 'Disabled', dapat menampilkan (Show) atau menyembunyikannya (Hidden), serta dapat memberi Deskripsi singkat mengenai produk.
Untuk membuat produk, klik 'Buat Produk' lalu pilih produk yang ingin dibuat dan klik 'Create'.
Klien Anda akan mendapatkan email jika telah selesai.
Pada menu ini dapat dilihat order yang pending, order yang aktif, order yang dinon-aktifkan, dan total order yang ada. Untuk melakukan pengaturan pada menu Order, klik 'Kelola' (seperti di bawah ini).
Tampilan menu 'Detail'. Terdapat tombol 'Renew'.
Tampilan menu 'Edit Order'. Pada menu ini Anda dapat merubah status order klien Anda berupa Pending Setup, Setup Failed, Active, Suspended, Canceled, ataupun Not Exist.
Selain itu Anda juga dapat merubah tanggal kedaluwarsa produk yang diorder klien Anda secara manual (misalnya ketika terjadi masalah tanggal kedaluwarsa yang tidak sesuai).
Tampilan menu 'Service Management'.
Tampilan menu 'Tagihan'.
Selain untuk melihat detail order, menu Orders ini juga berfungsi untuk membuat order. Untuk membuat order yang diminta klien, klik 'New'.
Pilih nama klien yang telah dibuat, pilih paket produk yang diinginkan oleh klien, dan terakhir klik 'Order' untuk membuat pesanan.
Note! Pada saat membuat order, Anda harus mengetikkan nama klien yang mengorder terlebih dahulu (secara otomatis akan muncul pilihan nama klien tersebut). Jadi order tidak dapat dilakukan apabila klien belum didaftarkan atau ditambahkan. Cara menambahkan atau mendaftarkan klien: Klik menu 'Klien' lalu klik 'Tambah Klien'.
Apakah artikel ini membantu?