Panduan Developer Club

Konfigurasi White Label Developer Club

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Konfigurasi White Label Developer Club


Keunggulan White Label Developer Club

  • White Label - Anda akan menggunakan identitas sendiri sehingga klien hanya akan berhubungan dengan Anda dan tidak akan mengetahui jika hostingnya diorder di Niagahoster.
  • Markup Harga - Anda dapat membuat paket hosting sendiri (mengubah nama paket hosting Niagahoster) dan mengubah harganya untuk klien Anda. Niagahoster hanya akan men-charge harga normal Niagahoster saja.
  • Client Management - Anda dapat dengan mudah mengelola klien Anda seperti shortcut atau jump ke member area klien, notifikasi renewal otomatis ke klien, dan banyak lagi.
  • Prioritas Bantuan - Secara otomatis, Anda akan menjadi prioritas kami saat mengirimkan tiket bantuan melalui member area.
  • Free Server Management - Anda hanya cukup berfokus dalam development website dan mencari klien karena tim Admin Niagahoster akan memastikan uptime server.


Cara Mengaktifkan White Label Developer Club

Untuk masuk ke dashboard Developer Club, Anda harus menyetel fitur 'White Label' menjadi 'enable' terlebih dahulu. Caranya adalah:

  1. Masuk ke Member Area dan klik ikon user di pojok kanan atas. Pilih 'Pengaturan Profil'.

  1. Klik panel 'Developer Club' (User hanya mendapatkan panel ini jika sudah mendaftar menjadi anggota).

  1. Isikan seluruh informasi yang dibutuhkan, lalu klik 'Create'.

PENTING!! Tidak boleh ada informasi yang kosong!

Setelah selesai, user akan segera dibawa ke dashboard Developer Club. Anda bisa mulai menarik klien Anda.


Cara Mengubah URL Login Admin dan Client Developer Club

Sebagai developer/reseller, Anda bisa mengubah URL Member Area Anda sendiri. Secara default, URL login setelah Anda mengaktifkan konfigurasi White Label adalah URL login di sini untuk admin dan di sini ntuk klien Anda.

Lalu bagaimana mengubah URL tersebut menjadi URL domain Anda (developer)? Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengarahkan URL domain dengan metode CNAME ke URL developer.niagahoster.co.id.

Misalnya: custom.niagahoster.org diarahkan ke CNAME developer.niagahoster.co.id,

Setelah selesai, Anda dapat mulai login dengan URL baru tersebut. Dalam hal ini berarti URL login Anda akan berubah menjadi http://custom.niagahoster.org/reseller dan http://custom.niagahoster.org/ untuk klien developer.


Buat Nameserver Sendiri

Untuk membuat nameserver sendiri yang dapat digunakan di Niagahoster, Anda dapat melakukannya dengan membuat custom childname dengan mengarahkan ke IP nameserver Niagahoster.

Contoh:

ns1.niagahoster.org poin childname record 153.92.15.253

ns2.niagahoster.org poin childname record 156.67.223.253

Setelah itu, nameserver tersebut (ns1.niagahoster.org dan ns2.niagahoster.org) dapat Anda gunakan sebagai ganti ns1.niagahoster.com dan ns2.niagahoster.com.


Lengkapi Detail Usaha Anda

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melengkapi detail usaha Anda yaitu informasi nama usaha, informasi tagihan, dan informasi email. Semua informasi tersebut harus diubah dengan baik sesuai dengan usaha Anda sehingga terlihat profesional karena klien Anda nantinya akan melihat informasi tersebut.

1. Informasi Nama Usaha

Menu Setting Sistem berfungsi untuk mengatur sistem dashboard mulai dari Nama Profil, Email yang digunakan, No Rekening untuk transaksi, sampai Logo/Identitas Perusahaan Anda.

Untuk melakukan pengaturan pada sistem, klik 'Kelola'.


image


Menu Setting System ini berisi informasi seperti:


  • Nama akun Developer Club Anda.
  • Email yang valid untuk berkomunikasi dengan klien Anda.
  • Website URL aktif sebagai identitas online.
  • Alamat tempat tinggal Anda.
  • Nomor telepon Anda yang aktif.
  • Signature yang akan muncul pada setiap akhir email yang dikirimkan pada klien Anda.
  • Nameserver 1 dan Nameserver 2 yang dapat di-custom sendiri.
  • Logo sebagai identitas usaha atau perusahaan Anda.


image


image


Setelah melakukan perubahan atau pengaturan pada sistem, klik 'Update Sistem' agar perubahan tersebut tersimpan.


Pada menu Setting System juga terdapat pilihan bank yang ingin digunakan sebagai media transaksi. Anda dapat memasukkan nomor rekening valid yang berguna untuk mempermudah pembayaran. Nomor rekening ini akan tampil pada email dan invoice untuk klien Anda.


image

2. Kelola Tagihan untuk Klien

Anda dapat mengatur sistem invoice (tagihan) yang akan diberikan kepada klien Anda. Mulai dari jatuh tempo invoice, nomer seri invoice, invoice kedaluwarsa, dan lain sebagainya. Klik 'Kelola' untuk mengatur.

image

3. Setting Template Email

Menu Setting Email memungkinkan Anda untuk mengatur sistem Email Invoice/Tagihan yang akan diberikan kepada klien Anda setiap kali melakukan transaksi order.

Mulai dari template email pemberitahuan bahwa akun klien telah berhasil dibuat, email pemberitahuan invoice/tagihan, dan lainnya. Klik 'Kelola' seperti gambar di bawah ini.

image

4. Setup Produk dan Markup Harga

Anda dapat mengganti nama produk hosting Niagahoster dengan produk Anda sendiri termasuk juga dengan markup harga produk Anda.

Menu product berisi daftar produk, setup produk, dan markup harga yang Anda miliki. Untuk mengaturnya, klik 'Kelola'.

image

Berikut adalah tampilan menu kelola produk. Anda dapat mengganti deskripsi Nama Paket, dapat memilih status-nya 'Enabled' atau 'Disabled', dapat menampilkan (Show) atau menyembunyikannya (Hidden), serta dapat memberi Deskripsi singkat mengenai produk.

image

Untuk membuat produk, klik 'Buat Produk' lalu pilih produk yang ingin dibuat dan klik 'Create'.

image

Klien Anda akan mendapatkan email jika telah selesai.


Cara Mengorder Produk untuk Klien

Pada menu ini dapat dilihat order yang pending, order yang aktif, order yang dinon-aktifkan, dan total order yang ada. Untuk melakukan pengaturan pada menu Order, klik 'Kelola' (seperti di bawah ini).

image

Tampilan menu 'Detail'. Terdapat tombol 'Renew'.

image

Tampilan menu 'Edit Order'. Pada menu ini Anda dapat merubah status order klien Anda berupa Pending Setup, Setup Failed, Active, Suspended, Canceled, ataupun Not Exist.

Selain itu Anda juga dapat merubah tanggal kedaluwarsa produk yang diorder klien Anda secara manual (misalnya ketika terjadi masalah tanggal kedaluwarsa yang tidak sesuai).

image

Tampilan menu 'Service Management'.

image

Tampilan menu 'Tagihan'.

image

Selain untuk melihat detail order, menu Orders ini juga berfungsi untuk membuat order. Untuk membuat order yang diminta klien, klik 'New'.

image

Pilih nama klien yang telah dibuat, pilih paket produk yang diinginkan oleh klien, dan terakhir klik 'Order' untuk membuat pesanan.

image

Note! Pada saat membuat order, Anda harus mengetikkan nama klien yang mengorder terlebih dahulu (secara otomatis akan muncul pilihan nama klien tersebut). Jadi order tidak dapat dilakukan apabila klien belum didaftarkan atau ditambahkan. Cara menambahkan atau mendaftarkan klien: Klik menu 'Klien' lalu klik 'Tambah Klien'.


Artikel Terkait Konfigurasi White Label Developer Club