Greylisting atau greylist adalah fitur cPanel yang berfungsi melindungi akun email dari spam atau email yang tidak diinginkan.
Apabila fitur Greylisting diaktifkan, server email akan menolak sementara email dari pengirim yang servernya tidak dikenali. Jika email itu sah atau valid, server asal akan mencoba mengirimnya lagi setelah ada penundaan. Setelah beberapa waktu kemudian, server akan menerima email tersebut.
Tujuan dari adanya Greylisting adalah memfilter spam dan memberikan kesempatan kedua untuk email yang sah/valid masuk ke server klien.
Berikut adalah contoh error di mana klien tidak dapat menerima email yang servernya tidak dikenali karena fitur Greylisting-nya aktif.
Deferred due to greylisting. Host: '95.211.2.200' From: 'finance2@haneda.co.id' To: 'mira@motology.co.id' SPF: 'unchecked'
Apabila klien tidak menghendaki fungsi dari Greylisting tersebut, klien dapat menonaktifkannya dengan cara berikut.
1. Masuk ke cPanel klien.
2. Pada menu Email, pilih 'Configure Greylisting'.
3. Pada bagian bawah, geser tombol Status menjadi 'Off'.
4. Apabila Greylisting berhasil dinonaktifkan akan muncul pemberitahuan seperti berikut.
Semoga bermanfaat :)
Apakah artikel ini membantu?