Panduan Hosting cPanel

Konfigurasi Greylisting Email cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Konfigurasi Greylisting Email cPanel


Greylisting atau greylist adalah fitur cPanel yang berfungsi melindungi akun email dari spam atau email yang tidak diinginkan.

Apabila fitur Greylisting diaktifkan, server email akan menolak sementara email dari pengirim yang servernya tidak dikenali. Jika email itu sah atau valid, server asal akan mencoba mengirimnya lagi setelah ada penundaan. Setelah beberapa waktu kemudian, server akan menerima email tersebut.

Tujuan dari adanya Greylisting adalah memfilter spam dan memberikan kesempatan kedua untuk email yang sah/valid masuk ke server klien.

Berikut adalah contoh error di mana klien tidak dapat menerima email yang servernya tidak dikenali karena fitur Greylisting-nya aktif.

Deferred due to greylisting. Host: '95.211.2.200' From: 'finance2@haneda.co.id' To: 'mira@motology.co.id' SPF: 'unchecked'

Apabila klien tidak menghendaki fungsi dari Greylisting tersebut, klien dapat menonaktifkannya dengan cara berikut.


Cara Menonaktifkan Greylisting

1. Masuk ke cPanel klien.

2. Pada menu Email, pilih 'Configure Greylisting'.

image

3. Pada bagian bawah, geser tombol Status menjadi 'Off'.

image

4. Apabila Greylisting berhasil dinonaktifkan akan muncul pemberitahuan seperti berikut.

image


Semoga bermanfaat :)


Artikel Terkait Konfigurasi Greylisting Email cPanel