Panduan Domain

Cara Konfigurasi Domain Forwarding Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Konfigurasi Domain Forwarding Niagahoster

Diperbarui pada 19 Januari 2022



Layanan Niagahoster memberikan banyak fitur dalam mengelola suatu domain melalui Member Areanya. Salah satu fitur tersebut bernama Domain Forwarding. Fungsi fitur ini adalah untuk meneruskan atau membelokkan domain ke sebuah domain tertentu lainnya.


Sebagai contoh, Anda memiliki website dengan nama domain “contoh.com”. Kemudian, Anda ingin membuat siapapun yang mengakses domain tersebut, langsung dialihkan ke domain lain bernama “sampel.com”, maka Anda dapat melakukannya dengan Domain Forwarding.


Silakan mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan konfigurasi Domain Forwarding melalui Member Area Niagahoster.


Langkah-langkah Konfigurasi Domain Forwarding Niagahoster

1. Masuk ke Member Area Niagahoster. Pilih menu Layanan Anda pada bagian kiri, kemudian klik sub menu Domain. 

 

2. Klik tombol Kelola Domain pada domain yang ingin Anda alihkan URLnya.

 

3. Pilih tab Name Server pada bagian atas untuk melakukan konfigurasi name server terlebih dahulu.

 

4. Untuk menggunakan Domain Forwarding, Anda harus menggunakan Name Server yang telah ditentukan oleh Niagahoster. Silakan melakukan perubahan dengan mengisi kolom sesuai dengan detail berikut.

 

Nameserver 1. Isi dengan ns3.niagahoster.com

Nameserver 2. Isi dengan ns4.niagahoster.com

 

Setelah itu klik tombol Update pada bagian bawah untuk menerapkan perubahan Name Server.

 

 

5. Anda akan melihat pop-up notifikasi seperti berikut apabila konfigurasi Name Server telah berhasil dilakukan. Klik tombol Kembali.

 

6. Setelah itu, lakukan klik, tahan dan geser ke kiri tab yang berada pada bagian atas hingga Anda menemukan tab Domain Forwarding.

 

7. Pada bagian yang diberi kotak merah berikut, masukkan URL tujuan dari Domain Forwarding yang ingin Anda lakukan, kemudian klik tombol Submit.

 

8. Jika melihat kotak notifikasi seperti berikut, maka selamat Anda telah berhasil memberi konfigurasi Domain Forwarding.

 

9. Perhatikan kotak informasi pada bagian atasnya. Konfigurasi Domain Forwarding ini akan secara otomatis menambahkan A record 193.168.194.240 pada DNS Management.

 

10. Untuk itu, Anda dapat memastikan jika A record tersebut telah berhasil disimpan dengan cara masuk pada tab DNS Management di bagian atas.

 

11. Silakan cari A record pada halaman pertama DNS Management. Apabila Anda tidak menemukan, klik pada halaman terakhir yang tersedia di bagian bawah.

 

12. Selamat! Anda telah menemukan A record 193.168.194.240. Artinya, Anda telah berhasil melakukan semua konfigurasi Domain Forwarding di Niagahoster.

 

Anda dapat mencoba mengakses domain yang telah dilakukan redirection ke domain lain. Jika belum berhasil, silakan menunggu propagasi dalam waktu maksimal 1x24 jam dan lakukan percobaan untuk mengaksesnya kembali.


Artikel Terkait Cara Konfigurasi Domain Forwarding Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?