Panduan Hosting cPanel

Keunggulan Comodo Positive SSL (Berbayar) dibandingkan Let’s Encrypt SSL (Gratis)

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Keunggulan Comodo Positive SSL (Berbayar) dibandingkan Let’s Encrypt SSL (Gratis)

Dibuat 1 September 2021


Secure Socket Layer (SSL) adalah protokol keamanan untuk mengamankan pertukaran data di website. Tidak adanya SSL dapat membuat data rentan disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Website yang menggunakan SSL akan lebih dipercaya oleh pengunjung. Ciri-ciri website dengan SSL memiliki ikon gembok dan tulisan HTTPS pada Uniform Resource Locator (URL) di address bar web browser Anda. Dengan ini pertukaran data pada website telah dilindungi.


Sebagai pengguna layanan Niagahoster, Anda tak perlu khawatir karena Niagahoster menyediakan fitur SSL gratis dan SSL berbayar.


Anda dapat menggunakan Let’s Encrypt yang tersedia pada Member Area Niagahoster untuk SSL gratis. Sementara untuk SSL berbayar Anda bisa menggunakan Comodo Positive SSL.


Pada artikel ini Anda akan mengetahui perbedaan SSL gratis dengan SSL berbayar. Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara 2 jenis SSL tersebut.

Perbandingan Let’s Encrypt SSL (Gratis) dengan Comodo Positive SSL (Berbayar)

Berikut ini adalah tabel perbandingan Let’s Encrypt SSL dengan Comodo Positive SSL.


Perbandingan

Let’s Encrypt SSL (Gratis)

Comodo Positive SSL (Berbayar)

Jenis Sertifikat

Domain Validation (DV)

Domain Validation (DV)

Organization Validation (OV)

Extended Validation (EV)

Kompatibilitas Browser

Tidak kompatibel dengan browser versi lama

Kompatibel untuk semua browser

Masa Berlaku

90 hari

1 - 2 tahun

Kustomisasi

Untuk 1 server saja

1 SSL dapat dipindah ke lebih dari 1 server

Dukungan Teknis

Tidak ada

24 jam

Jaminan Keamanan

Tidak dijelaskan enkripsi yang digunakan

Enkripsi hingga 256-bit

Garansi

Tidak ada

Garansi 30 hari

Penerbitan

30 - 60 menit

5 - 10 menit

Penjelasan Perbandingan Let’s Encrypt SSL (Gratis) dengan Comodo Positive SSL (Berbayar)

Berikut merupakan penjelasan perbandingan Let’s Encrypt SSL dengan Comodo Positive SSL.

1. Jenis Sertifikat

SSL gratis hanya menyediakan 1 jenis sertifikat SSL, sedangkan SSL berbayar dapat menyediakan 3 jenis sertifikat SSL. Jenis sertifikat ini dapat Anda cek melalui browser ketika mengunjungi sebuah website.


Melalui browser, klik ikon gembok di sebelah URL. Pilih menu Certificate dan klik tab Certification Path.

2. Kompatibilitas Browser

Untuk kompatibilitas browser, SSL gratis dengan SSL berbayar akan jauh berbeda. Jika kebetulan pengunjung website menggunakan browser versi lama (out of date), website dengan SSL gratis sangat memungkinkan terbaca tidak aman. Akan muncul pesan "Not secure", "Secure connection failed", atau "This connection is untrusted".


Sementara untuk SSL berbayar memiliki kompatibilitas pada semua browser. Anda tidak perlu khawatir akan muncul pesan tidak aman saat pengunjung mengakses website.

 

3. Masa Berlaku

Umumnya SSL gratis memiliki masa aktif yang pendek, sekitar 90 hari. Setelah masa aktif habis Anda harus melakukan re-issue atau penerbitan ulang SSL. Jika tidak, URL website akan menjadi HTTP dan pengunjung akan melihat pesan "Not secure" pada website.


Berbeda dengan SSL berbayar yang memiliki masa aktif lebih panjang. Masa berlaku untuk SSL berbayar 1 sampai 2 tahun, sehingga Anda tidak perlu melakukan re-issue tiap 90 hari sekali.

4. Kustomisasi

Lisensi SSL gratis terbatas hanya untuk 1 domain. Domain juga perlu terhubung dengan layanan hosting untuk mendapat akses cPanel dan Let’s Encrypt. Sebaliknya untuk SSL berbayar lebih leluasa dalam kustomisasi. 


Comodo Positive SSL mendapat fasilitas Unlimited Server License, yaitu 1 lisensi SSL dapat Anda gunakan di lebih dari 1 server, sehingga ketika server hosting berpindah, SSL tetap dapat di-install pada server baru Anda.

5. Dukungan Teknis

SSL gratis tidak mendapat dukungan teknis yang lengkap dari penyedia layanan (cPanel). Untuk SSL berbayar, penyedia layanan memberikan fitur chat, email, dan panggilan 24 jam. Anda dapat menghubungi kontak support Comodo Positive SSL di website resminya: ssl.comodo.com/support.


Untuk pengguna layanan Niagahoster, Anda juga dapat menghubungi tim CSA melalui Live Chat atau email: cs@niagahoster.co.id untuk mengatasi masalah SSL gratis atau SSL berbayar.

6. Jaminan Keamanan

Standar enkripsi untuk SSL gratis belum diketahui secara jelas. Anda dapat memastikan lagi pada halaman dokumentasi Let’s Encrypt.


Berbeda dengan SSL berbayar, Comodo Positive SSL menggunakan enkripsi hingga 256-bit. Keamanan website akan lebih terjamin dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

7. Garansi

Untuk SSL gratis tentu tidak ada garansi yang berlaku. Sebaliknya untuk SSL berbayar Anda akan mendapat fasilitas garansi. Silakan pantau kinerja Comodo Positive SSL selama 30 hari. Jika tidak puas, uang Anda berhak kembali sepenuhnya.

8. Penerbitan

Proses penerbitan SSL gratis membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan SSL berbayar. Untuk SSL gratis seperti Let’s Encrypt membutuhkan waktu sekitar 30 - 60 menit, sampai website dapat diakses dengan SSL. 


Sementara itu, SSL berbayar jauh lebih cepat dalam proses penerbitan SSL. Anda hanya perlu menunggu sekitar 5 - 10 menit saja sampai website berhasil menerapkan SSL.


Dengan SSL berbayar, Anda akan mendapat berbagai keunggulan di atas. Jika Anda tertarik mencoba Comodo Positive SSL, ikuti langkah-langkah di artikel berikut: Cara Order dan Install Comodo Positive SSL di Niagahoster.


Artikel Terkait Keunggulan Comodo Positive SSL (Berbayar) dibandingkan Let’s Encrypt SSL (Gratis)

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?