Panduan WordPress

Kemudahan Mengelola WordPress pada Member Area Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Kemudahan Mengelola WordPress pada Member Area Niagahoster

Diperbarui 25 Januari 2023

Pengenalan WordPress Management

WordPress Management merupakan fitur pengelolaan website WordPress yang tersedia di Member Area Niagahoster. Fitur ini dirancang untuk kemudahan pengelolaan website berbasis WordPress. Tujuannya agar pengguna layanan hosting Niagahoster dapat mengoptimasi website WordPress dengan praktis melalui satu panel.


Fitur lengkap WordPress Management dapat diakses melalui Member Area Niagahoster. Melalui fitur ini, Anda dapat melakukan berbagai macam hal sekaligus terkait akun WordPress Hosting Anda. Instalasi, pembaruan, penghapusan, hingga pengelolaan beberapa akun sekaligus dapat Anda lakukan hanya dalam beberapa klik saja.

Fitur WordPress Management pada Member Area Niagahoster

Berikut berbagai fitur WordPress Management yang dapat digunakan untuk mengelola website WordPress.

1. Instalasi WordPress

Anda dapat menginstal WordPress langsung dari Member Area Niagahoster tanpa perlu masuk ke cPanel atau Softaculous App Installer terlebih dahulu.


Instalasi juga telah dilengkapi dengan tambahan plugin optimasi website bernama LiteSpeed Cache Config. Plugin ini menjamin website WordPress Anda lebih cepat dan lebih mudah diakses pengunjung. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan fitur Auto Update WordPress sesaat sebelum proses instalasi dimulai.


Baca selengkapnya: Cara Instal WordPress Melalui Member Area Niagahoster

2. Login Dashboard WordPress

Tombol Buka Dashboard memungkinkan Anda melakukan login ke Dashboard WordPress (WordPress Admin) hanya dalam satu klik. Anda bahkan tidak perlu memasukkan Username dan Password.

3. Kelola Plugin dan Tema WordPress

Anda sudah tidak perlu repot masuk ke Dashboard WordPress hanya untuk mengelola plugin. Melalui WordPress Management, Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan plugin, menghapus plugin, melakukan pencarian plugin, dan memasang plugin baru.


Begitu pula tema WordPress. Anda dapat dengan mudah mengelola tema website melalui WordPress Management. Berbagai hal berikut dapat Anda lakukan seperti melakukan pencarian tema, menginstal tema baru, menerapkan tema, melihat preview tema, dan menghapus tema.


Baca selengkapnya: Cara Mengelola Plugin dan Tema Melalui WordPress Management Niagahoster

4. Pengaturan WordPress

Bagian ini berisi pilihan fitur untuk mengaktifkan WordPress Accelerator, melakukan Website Staging, dan membuat Clone WordPress.


Berikut penjelasan dari ketiga fitur di Pengaturan WordPress:

a. WordPress Accelerator

WordPress Accelerator mampu meningkatkan kecepatan akses website WordPress Anda secara signifikan. Fitur optimasi kecepatan ini dapat Anda aktifkan secara mandiri dengan mudah melalui Member Area Niagahoster.


Baca selengkapnya: Cara Menggunakan WordPress Accelerator

b. Website Staging

Staging merupakan duplikasi versi live website Anda. Hampir mirip dengan fitur clone. Namun biasanya, proses staging digunakan untuk melakukan uji coba, baik dari segi tampilan maupun backend website. Perubahan pada staging website dapat diterapkan langsung ke website versi live Anda.


Baca selengkapnya: Cara Membuat Staging Website Melalui WordPress Management Niagahoster

c. Clone WordPress

Anda juga dapat menduplikat (clone) website WordPress melalui WordPress Management. Melalui fitur ini, Anda dapat menyajikan website yang sama persis. Hasil clone tersebut dapat Anda arahkan ke nama domain lain.


Baca selengkapnya: Cara Duplikat (Clone) Website WordPress Melalui WordPress Management Niagahoster

5. Auto Update Versi WordPress

Pastikan Anda selalu memperbarui versi website WordPress. Hal ini penting dilakukan karena dapat meningkatkan performa dan keamanan website Anda. Di samping itu, Anda tidak perlu masuk melalui Softaculous App Installer di cPanel karena toggle Aktifkan auto-update? telah tersedia pada WordPress Management.

6. Keamanan Website

Pada bagian ini, Anda dapat membeli (order) sertifikat SSL serta mengaktifkan fitur Force HTTPS.

a. Order Sertifikat SSL

Jika website WordPress belum memiliki sertifikat SSL, maka Anda dapat order melalui WordPress Management. Hal ini tentu akan meningkatkan keamanan dan kepercayaan pengunjung terhadap website Anda dengan memasang sertifikat SSL.

b. Aktifkan Force HTTPS

Fitur Force HTTPS pada WordPress Management memudahkan aktivasi layanan SSL website Anda. Secara teknis, Force HTTPS mengarahkan website dari HTTP menuju HTTPS tanpa konfigurasi tambahan. Anda hanya perlu mengeklik toggle Force HTTPS untuk mengaktifkannya.

7. Tes Kecepatan Website WordPress

Aspek kecepatan website perlu Anda perhatikan dengan baik. Pengunjung lebih menyukai website yang cepat diakses. Selain itu, kecepatan akses website juga dapat meningkatkan peringkat website di halaman hasil pencarian Google.


Google menyediakan tool bernama Google PageSpeed Insights agar Anda dapat mengetahui performa kecepatan website. Kabar baiknya, tool ini dapat Anda gunakan langsung pada WordPress Management Niagahoster.


Baca selengkapnya: Cara Tes Kecepatan Website Melalui WordPress Management Niagahoster

8. Uninstall WordPress

Jika dibutuhkan, Anda turut dapat uninstall WordPress melalui WordPress Management Niagahoster. Seluruh data dan tampilan website WordPress akan hilang. Artinya, pengunjung juga tidak dapat lagi mengakses website WordPress Anda.




Artikel Terkait Kemudahan Mengelola WordPress pada Member Area Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?