Panduan Cloud VPS

Kapan Saatnya Anda beralih ke Cloud VPS?

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Kapan Saatnya Anda beralih ke Cloud VPS?

Apakah Anda sedang bingung memilih jenis layanan yang tepat untuk website Anda?

Niagahoster menyediakan layanan shared hosting dan Cloud VPS (Virtual Private Server). Pilihan layanan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan website, anggaran keuangan dan kemampuan Anda dalam melakukan konfigurasi hosting. Jika Anda adalah pemula dan ingin membuat website sederhana, shared hosting merupakan pilihan tepat. Sedangkan jika website Anda telah berkembang dan memerlukan resource lebih besar tanpa gangguan beban pengguna lainnya, Cloud VPS ialah layanan yang Anda butuhkan.

Berikut penjelasan singkat mengenai shared hosting, Cloud VPS dan kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk segera beralih ke Cloud VPS.

Shared Hosting

Seperti halnya ketika Anda menyewa sebuah apartemen, Anda akan berbagi fasilitas seperti kolam renang, tempat parkir, dan taman bermain dengan pengguna lainnya. Bahkan ketika Anda menerima banyak tamu maka harus menunggu antrian agar dapat masuk ke ruangan Anda.

Di layanan shared hosting Anda harus berbagi resource dengan pengguna lainnya yang berada di satu server. IP, RAM, CPU yang Anda gunakan digunakan secara bersama-sama. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah jika website Anda digunakan untuk penggunaan normal. Apalagi jika Anda pemula dan baru saja membangun sebuah website. Layanan shared hosting dengan akses cPanel dapat Anda manage dengan mudah dan team support Niagahoster tentu akan membantu konfigurasi dasar website Anda.

Berbagai CMS, seperti WordPress, Joomla, Opencart dan Prestashop sudah tersedia, Anda cukup melakukan instalasi. Domain dan fitur keamanan SSL juga sudah Anda dapatkan satu paket di layanan hosting Niagahoster.

Cloud VPS

Layanan Cloud VPS memungkinkan Anda memiliki server virtual sendiri. Anda memiliki akses penuh ke server Anda tanpa berbagi dengan klien lainnya. CPU dan RAM tentunya digunakan hanya untuk Anda sendiri. Seluruh fasilitas yang tersedia digunakan untuk seluruh website yang terdapat di dalam server tersebut. Dedicated IP Adress, root access, konfigurasi firewall, bahkan aplikasi streaming bisa Anda lakukan. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan Private Mail Server.

Kebutuhan email bisa Anda sesuaikan tanpa batasan seperti yang terdapat pada layanan shared hosting. Namun, Anda tentu harus memiliki kemampuan lebih untuk memanage server pribadi Anda.

Di layanan Cloud VPS Niagahoster, Anda akan mendapatkan panel Webuzo untuk mempermudah manage server, mulai dari manage domain, email, database, dan SSL quick instal telah tersedia. Hanya dengan order VPS + Webuzo webserver (apache, mysql, php dan email) Anda siap digunakan. Detail dan pilihan Cloud VPS https://www.niagahoster.co.id/cloud-vps-hosting

Kapan Anda harus beralih ke VPS?


1. Lalu Lintas Traffic Tinggi dan Memerlukan Resource Lebih

Pertumbuhan pengunjung Anda naik tajam hingga puluhan ribu. Layanan shared hosting sudah tidak mampu menampung pengunjung website Anda. Selain itu sumber daya yang Anda butuhkan besar sehingga membebani server lainnya.


2. Memerlukan Akses Root

Anda menginginkan kontrol penuh untuk server Anda. Manage full seperti kustomisasi server, instalasi aplikasi yang Anda inginkan bisa di lakukan di layanan VPS.


3. Streaming Server

Anda memerlukan aplikasi streaming baik radio, file sharing, maupun MAP Sever. Tidak perlu khawatir Anda akan membebani server, karena seluruh aktivitas website menggunakan server private. Anda cukup memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 


4. Saat Ingin Akses IP Private

Jika Anda mengingkan akses dedicated IP dan nameserver private untuk website, maka Cloud VPS adalah pilihan tepat. Selain itu, satu server hanya untuk satu pengguna sehingga dari sisi keamanan lebih terjaga. Pelanggan memiliki kontrol penuh dari sisi keamanan.


VPS yang disediakan di Niagahoster adalah Root VPS, dimana Anda perlu menyetting server dan menginstall control panel terlebih dahulu. Layanan Root VPS adalah layanan dimana Anda memiliki akses penuh terhadap VPS Anda. Anda juga dapat melakukan instalasi sesuai dengan kebutuhan. Namun, Anda juga bertanggungjawab terhadap pengelolaan dan manajemen VPS Anda sendiri.

Jika Anda memilih Root VPS, Niagahoster hanya akan memberikan bantuan yang sangat terbatas, yakni:

  • Fungsi yang tidak bekerja pada panel VPS di Member Area Niagahoster, contoh: ubah OS pada Member Area, Reverse IP atau PTR, dan lain-lain.
  • VPS down karena permasalahan server VPS atau gangguang jaringan, bukan karena kesalahan konfigurasi VPS yang dilakukan klien.


semoga bermanfaat :)



Artikel Terkait Kapan Saatnya Anda beralih ke Cloud VPS?