IPv6 Niagahoster (Pengertian dan Cara Menggunakannya)

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

IPv6 Niagahoster (Pengertian dan Cara Menggunakannya)

IPv6 adalah generasi internet protocol (IP) terbaru dari IPv4 yang memiliki range jauh lebih banyak dibandingkan dengan IPv4 yang saat ini sudah mulai habis untuk digunakan. Sebelum mengenal lebih jauh apa itu IPv6, maka ada baiknya kita mengetahui apa itu IP.

IP address adalah sebaris angka yang dimiliki setiap komputer, ponsel, atau gawai "pintar" lainnya yang terhubung melalui internet. Angka-angka ini berbeda di setiap perangkat dan digunakan untuk menghubungi satu sama lainnya.

Setiap alamat website seperti www.niagahoster.co.id membutuhkan alamat IP agar dapat diakses di internet.

Cara Mengaktifkan IPv6 Niagahoster

Mengaktifkan IPv6 di Niagahoster sangatlah mudah. Untuk melakukannya, silakan login di member area Niagahoster dan kemudian pilih akun hosting yang akan diaktifkan IPv6nya dan klik Kelola:

kelola hosting blur

Selanjutnya, pilih menu Enable IPv6 dan IPv6 secara otomatis akan diaktifkan di akun hosting Anda.

enable ipv6


Selesai, IPv6 telah diaktifkan pada akun Anda dan siap untuk digunakan dan Anda akan mendapatkan informasi IPv6 akun Anda berikut:

ipv6

Menggunakan IPv6 di CloudFlare

Untuk mencegah terjadinya crash dan down pada server secara keseluruhan, Niagahoster menerapkan sistem auto nullroute IPv4 (per IP) dalam periode tertentu (30 - 60 menit). Sebagai contoh, jika ada serangan massive DDoS pada salah satu website klien dan firewall tidak dapat mencegahnya (tidak ada firewall yang mampu mencegah DDoS yang sangat besar) maka sistem akan secara otomatis melakukan nullroute pada IP klien tersebut hingga DDoS berhenti atau berkurang. Nullroute menyebabkan website yang menggunakan IP tersebut tidak dapat diakses.

Sayangnya, di layanan shared hosting, satu IP digunakan hingga maksimal 50 klien sehingga nullroute pada satu IP akan menyebabkan downtime pada 50 klien yang menggunakan IP tersebut. Namun, hal ini tentu tetap lebih baik jika dibandingkan dengan dampak yang dapat disebabkan oleh DDoS yang hingga menyebabkan server crash dan downtime pada semua website klien di server tersebut.

Cara Mencegah Downtime Karena Nullroute

Kabar baiknya, Niagahoster telah merilis IPv6 dan masing-masing pelanggan akan akan mendapatkan IPv6 secara dedicated. Dengan meng-integrasikan IPv6 dan CloudFlare, maka akan mencegah terjadinya downtime pada website jika terjadi nullroute. Berikut adalah panduan mendaftarkan CloudFlare dan menambahkan IPv6 Niagahoster:

  • Silakan mendaftar di CloudFlare melalui https://dash.cloudflare.com/sign-up
  • Setelah mendaftar, tambahkan nama domain Anda di CloudFlare dan kemudian update nameserver CloudFlare yang diberikan:

  • Selanjutnya, CloudFlare akan melakukan scanning DNS Anda dan menambahkannya seperti berikut:

  • Setelah selesai, maka Anda akan diminta untuk mengubah nameserver Anda. Pastikan untuk mengubahnya sesuai dengan nameserver yang diminta CloudFlare berikut:

  • Setelah nameserver selesai di update, selanjutnya silakan kembali ke menu DNS dan pastikan menambahkan AAAA untuk domain utama (IPv6 pada AAAAA dapat diperoleh dengan mengaktifkannya di member area) dan menghapus record A (IPv4) Contoh:

cloudflare ipv6

Selanjutnya, pastikan A record dihapus dan sisakan AAAA saja. Artinya, kita akan menggunakan IPv6 dan tidak menggunakan IPv4:

ipv4 main domain

Selanjutnya, jika IPv6 berhasil ditambahkan, maka Anda akan melihat hasilnya seperti berikut (tidak ada A record):

hapus ipv4

Selesai.

Dengan begitu, maka website Anda tidak akan mengalami downtime meski ada nullroute pada sistem kami pada periode tertentu.


FAQs Tentang IPv6

Apakah saya bisa menggunakan IPv6 tanpa CloudFlare?


Bisa. Hanya saja, hampir semua ISP di Indonesia seperti Indihome, Telkomsel, Indosat dan lain-lain belum mendukung penggunaan IPv6 sehingga secara ototmatis koneksi yang terjadi akan menggunakan IPv4 yang artinya jika IPv4 yang Anda gunakan terserang DDoS atau lainnya yang menyebabkan Nullroute, maka secara otomatis website Anda tidak akan dapat diakses.

Untuk itu, kami menyarankan untuk menggunakan IPv6 di CloudFlare dan enable proxy atau awan cloudflare.


Apakah saya mendapatkan dedicated IPv6 setiap akun cPanel?


Ya, setiap klien Niagahoster yang menggunakan layanan unlimited hosting, cloud hosting dan WordPress Hosting akan mendapatkan IP dedicated setiap akun cPanel dan dapat diaktifkan dari member area.


Artikel Terkait IPv6 Niagahoster (Pengertian dan Cara Menggunakannya)

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?