FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Integrasi CloudFlare - Gratis untuk Semua paket Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Integrasi CloudFlare - Gratis untuk Semua paket Niagahoster


Niagahoster telah terpilih sebagai partner resmi dari CloudFlare, sebuah layanan yang dapat membantu meningkatkan performa website Anda melalui berbagai cara.


Sebagai partner resmi CloudFlare, kami dapat menawarkan banyak keunggulan menarik bagi pelanggan yang menggunakan layanan CloudFlare ini. Dengan adanya API CloudFlares, kami dapat menyediakan one click account activation, agar pengguna dapat mengaktifkan (dan menonaktifkan) CloudFlare langsung melalui control panel tiap domain. Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan CloudFlare secara gratis!


Setelah CloudFlare diaktifkan pada domain Anda, trafik yang masuk ke website akan disaring melalui jaringan server cloud CloudFlare dalam rangka optimasi trafik website Anda. Server Cloudflare berada di 23 lokasi di seluruh dunia, yang mana telah ditentukan secara strategis sebagai titik-titik pertukaran utama internet. 


Selain itu, cache untuk konten statis Anda juga akan disimpan dalam server CloudFlare. Ketika suatu konten disimpan dalam cache, pengguna dapat mengaksesnya melalui server yang lokasinya berdekatan dengan lokasi si pengguna, dan ini tentunya juga turut meningkatkan performa website Anda.


Menambahkan Domain pada Cloudfare

1. Masuk ke akun cPanel Anda atau Jump to cPanel melalui Member Area. Klik di sini untuk mengetahui cara login cPanel.



2. Pilih menu Software > Cloudfare



3. Jika Anda belum memiliki akun Cloudfare, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu. Pilih Create Your Free Account pada halaman Cloudfare.



4. Isikan email dan password untuk mendaftar Cloudfare, lalu pilih Create Account



5. Tambahkan akun hosting yang ingin Anda daftarkan ke Cloudfare, lalu klik Add Site



6. Pilih Next



7. Pilih paket FREE



lalu klik Confirm Plan



8. Setelah berhasil membuat akun Cloudfare, klik Login to Cloudfare. Isikan email dan password yang sesuai, lalu klik Login



9. Pilih menu Provision Domain with Full Zone Setup pada Cloudfare



10. Pilih record yang sesuai dengan nama domain yang ingin Anda tambahkan. Kemudian aktifkan record tersebut seperti pada gambar berikut:



11. Penting! Pastikan nameserver website Anda diubah sesuai dengan nameserver yang terdapat pada halaman Cloudfare, seperti pada gambar berikut. Klik di sini untuk mengetahui bagaimana mengupdate nameserver Anda.



12. Status Anda saat ini masih Pending dan akan berubah menjadi Active jika Anda telah mengupdate nameserver.


Frequently Asked Questions (FAQs)

 

Apa itu CloudFlare?


CloudFlare adalah teknologi optimasi website yang menggunakan beberapa teknik sekaligus untuk meningkatkan performa website Anda. Dengan mengalihkan trafik Anda ke cloud server CloudFlare, CloudFlare akan memeriksa dan menyaring request berbahaya, trafik yang tidak diinginkan, dan resource lain yang mengganggu performa. Selain penyaringan, CloudFlare juga menyediakan proses caching untuk konten statis melalui CDN.

 

Apakah CloudFlare tersedia gratis apabila saya menggunakan Niagahoster?


Ya, Niagahoster adalah partner CloudFlare dan layanan ini bisa Anda dapatkan secara gratis menggunakan paket shared hosting kami.


Apakah Cloudflare Niagahoster aktif di domain utama dan subdomain?


Secara default, aktivasi Cloudflare melalui cpanel hanya akan berlaku pada subdomain karena akan menggunakan CNAME. domain dengan www dikategorikan sebagai subdomain sehingga Anda dapat meredirect domain utama tersebut ke www domain Anda agar mengarah ke cloudflare melalui .htaccess berikut:

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domainanda.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://www.domainanda.com/$1 [L,R=301]

Note: ubah domainanda.com dengan nama domain Anda.


Apakah layanan ini membuat website saya lebih cepat?


CloudFlare dapat mempercepat website Anda melalui beberapa cara. Layanan ini akan menyimpan cache konten statis dari website Anda dan mendistribusikannya ke dalam server CDN Cloudflare yang memiliki 23 lokasi di dunia. CloudFlare juga memeriksa semua trafik masuk ke website Anda dan menyaring trafik berbahaya yang tidak diinginkan, mengurangi jumlah hits yang mengarah ke website Anda, serta mengurangi permintaan resource secara keseluruhan. Cloudflare juga sangat berguna untuk mencegah terjadinya DDOS di website Anda.

 

Apa keuntungan yang saya dapatkan?


Menurut website resmi CloudFlare, suatu website dapat mengalami peningkatan kecepatan sebesar 30%, menggunakan bandwidth 60% lebih sedikit, dan melayani permintaan 65% ke server lebih sedikit ketika menggunakan CloudFlare. Selain peningkatan kecepatan, website Anda juga akan dilindungi oleh fitur keamanan dasar misalnya perlindungan hotlinking, fasilitas memblok trafik berdasarkan IP atau negara, proteksi email harvesting, dan beragam fitur lain. Anda juga akan mendapatkan statistik rinci mengenai trafik Anda yang diperbarui tiap 24 jam. Informasi mengenai seluruh fitur yang ditawarkan paket gratis ini bisa Anda dapatkan pada website CloudFlare.

 

Apakah CloudFlare bisa diaktifkan dengan mudah pada akun hosting saya?

 

Untuk mengaktifkan CloudFlare pada domain Anda, yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke cPanel Anda dan klik ikon CloudFlare di sana. Anda dapat membuat akun, informasi lebih banyak mengenai layanan ini, mengaktifkan CloudFlare untuk website Anda, dan memodifikasi pengaturan keamanan langsung melalui cPanel. 

 

Di mana saya bisa membaca informasi lanjutan mengenai CloudFlare dan mendapatkan bantuan?


CloudFlare memiliki jaringan dukungan secara ekstensif. Halaman bantuan bisa Anda temukan di https://www.cloudflare.com/help.html. Di sini Anda bisa menemukan FAQ, knowledge base, juga wiki. Selain itu, Cloudflare juga menyediakan layanan dukungan teknis melalui email serta formulir kontak melalui website. Untuk mengetahui informasi perusahaan CloudFlare, Anda dapat membuka bagian About Us pada website mereka.

 

Dapatkah saya menggunakan akun CloudFlare Pro di Niagahoster?


Tentu saja! Paket gratis dan Pro kompatibel dengan akun shared hosting kami. Anda juga dapat melakukan hosting website baik untuk paket gratis maupun Pro langsung dalam satu akun.

 

Di mana lokasi datacenter CloudFlare? Dapatkah konten saya disimpan dalam server yang berdekatan dengan lokasi saya?

 

Saat ini CloudFlare memiliki 23 datacenter di seluruh dunia: Hong Kong, Tokyo, Los Angeles, San Jose, Dallas, Chicago, Newark, Ashburn, Amsterdam, Paris, Singapore, London, Miami, Sydney, Atlanta, Frankfurt, Seattle, Toronto, Stockholm, Warsaw, Prague, Vienna and Seoul. Mereka memilih lokasi ini tidak sembarangan. Kota-kota ini dikenal sebagai hub lalu lintas internet terbesar di dunia. 

 

Apakah CloudFlare mendukung SSL? Bagaimana saya dapat menggunakannya untuk website saya?


CloudFlare mendukung penggunaan SSL pada website Anda. Apabila SSL diinstal pada subdomain, Anda dapat dapat menggunakan akun gratis CloudFlare dan membuat catatan bahwa ini adalah sebuah subdomain SSL dalam akun CloudFlare. Apabila SSL diinstal pada domain utama, Anda perlu melakukan upgrade ke akun CloudFlare Pro. Biaya yang diperlukan adalah $20 per bulan untuk domain pertama dan $5 per bulan untuk tiap domain lain. Anda dapat menggunakan layanan gratis dan Pro dalam akun yang sama. Informasi lebih lanjut mengenai CloudFlare dan SSL dapat Anda temukan di sini. 


Perhatian: Niagahoster menggunakan CloudFlare versi gratis. Jika Anda menggunakan CloudFlare dan akan melakukan integrasi SSL di domain utama maka Anda harus melakukan upgrade ke versi Pro.


Artikel Terkait Integrasi CloudFlare - Gratis untuk Semua paket Niagahoster