Panduan Hosting cPanel

Cara Mengatasi Max Defers pada Mail Hosting

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mengatasi Max Defers pada Mail Hosting

Dibuat pada 22 April 2021


Max Defers merupakan dua kata yang terdapat dalam pesan error saat gagal melakukan proses kirim email di mail hosting. Contoh, kalimat lengkapnya seperti ini, “Domain has exceeded the max defers and failures per hour (5/5 (14%)) allowed.”


Arti dari pesan tersebut menandakan pesan email yang sedang dikirim gagal terkirim ke email tujuan. Otomatis pesan tersebut gagal juga diterima oleh calon penerima.


Beberapa hal bisa menjadi penyebab gagalnya proses pengiriman email, seperti:

  • Alamat email tujuan yang tidak valid
  • MX Record email tujuan tidak ditemukan
  • Aktifnya fitur untuk menghindari spam yang dilakukan oleh user

Maksud poin terakhir adalah cPanel bisa melakukan pemblokiran pada suatu akun yang mengirim email tidak valid berkali-kali dalam satu jam. Tindakan ini tentu bisa dianggap spamming oleh cPanel. Akhirnya muncul pesan Max Defers untuk menghentikannya.


Sementara itu, beberapa user merasa tidak melakukan spamming. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata user salah dalam mengetik alamat email, alias typo. Namun, user mencoba berkali-kali mengirim email ke alamat yang typo tersebut.


Hingga akhirnya muncul pesan error Max Defers. Selanjutnya, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini?

Mengatasi Max Defers pada Email Hosting

Berikut hal-hal yang bisa coba Anda lakukan:


1. Anda bisa masuk terlebih dahulu ke Member Area Niagahoster untuk masuk ke cPanel.

1 Login Member Area Niagahoster (Edit)


2. Pilih menu Layanan Anda, kemudian pilih sub menu Hosting. Pilih hosting aktif yang ingin dikelola, kemudian klik Kelola Hosting.

2 Layanan Anda   Hosting   Kelola Hosting (Edit)


3. Anda akan diarahkan ke tab cPanel. Kemudian, pilih All Features untuk menampilkan semua menu cPanel.

3 Pilih tab cPanel   Klik menu All Features (Edit)


4. Anda akan masuk ke cPanel. Pada bagian Email, pilih Track Delivery untuk meninjau rute pengiriman email yang telah Anda lakukan. Fitur ini bisa digunakan jika terjadi masalah dengan pengiriman email tersebut.

4 Bagian Email   Klik Track Delivery (edit)


5. Berikut tampilan Track Delivery pada mail hosting. Laporan akan muncul pada tabel di bawah. Isi tabel juga bisa difilter sesuai kebutuhan. Misal, Anda hanya ingin menampilkan email yang gagal terkirim, caranya dengan klik tombol Show Blocked & Failed.

5 Tampil halaman Track Delivery   Klik Show Blocked and Failed (Edit)


6. Berikut contoh laporan yang menampilkan email yang gagal terkirim. Berdasarkan laporan ini, beberapa hal bisa Anda perhatikan, antara lain:

  • Recipient: Apakah alamat penerima sudah sesuai?
  • Result: Kolom ini akan mendeskripsikan penyebab email gagal terkirim.
  • Error Code: Biasanya pada kolom Result terdapat kode error yang dicantumkan. Anda bisa cek arti kode tersebut di tautan ini.

6 Contoh failure email (Edit)


7. Sementara itu, ini contoh laporan yang menampilkan email yang tertunda (deferred). Anda bisa melakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya. Pada kolom Result, terdapat Error Code: 451 Internal resource temporarily unavailable.

7 Contoh deferred email (edit)


Setelah dicek pada tautan yang dicantumkan kolom Result, artinya seperti ini:

Code

Reason Given to Sending MTA

Description

Recommended Resolution

451

Internal resource temporarily unavailable

The sending mail server is subjected to Greylisting. This requires the server retries the connection, between one minute and 12 hours. Alternatively the sender's IP address has a poor reputation.

These reputation checks can be bypassed with an Auto Allow or Permitted Senders policy. If it's legitimate traffic, amend your Greylisting policy.


Terjemahan Bahasa Indonesia:

Kode

Alasan

Deskripsi

Resolusi yang Direkomendasikan

451

Sumber daya internal sementara tidak tersedia

Server email pengirim dikenai Greylisting. Ini mengharuskan server mencoba kembali koneksi, antara satu menit hingga 12 jam. Atau, alamat IP pengirim memiliki reputasi yang buruk.

Pemeriksaan reputasi ini dapat dilewati dengan kebijakan Izinkan Otomatis atau Pengirim yang Diizinkan. Jika itu lalu lintas yang sah, ubah kebijakan daftar abu-abu Anda.

Status Pengiriman Pesan pada Track Delivery

Berikut ikon yang menunjukkan status pengiriman pesan email Anda:

Ikon

Arti

Sistem telah menyampaikan pesan tersebut.

Status pesan tidak diketahui, atau pengiriman sedang berlangsung.

Sistem menunda pesan tersebut.

Pesan mengalami kesalahan pengiriman.

Sistem mengarsipkan pesan tersebut.

Sistem menolak dan menghapus pesan pada Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Ini dapat terjadi jika server pengirim tidak menggunakan konfigurasi yang aman atau server berada pada Real-time Blackhole List (RBL).

Server email menerima pesan tetapi tidak mengirimkan pesan ke kotak masuk penerima. Ini dapat terjadi ketika perangkat lunak spam memfilter pesan atau penerima memiliki filter email khusus.



Kini Anda sudah mengetahui penyebab dari pesan error muncul pada saat melakukan pengiriman email di mail hosting. Anda bisa mengecek aktivitas tersebut melalui Track Delivery di cPanel. Kemudian, mencari tahu solusi yang bisa dilakukan.


Artikel Terkait Cara Mengatasi Max Defers pada Mail Hosting

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?