FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Cek Status Pointing Domain Anda

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cek Status Pointing Domain Anda

Anda baru saja membeli domain, tapi Anda belum tahu apakah domain Anda sudah terhubung dengan server hostingnya. Nah, jika domain baru Anda belum bisa diakses, kemungkinan besar penyebabnya adalah propagasi domain.

 

Tak usah khawatir, propagasi domain memang kerap terjadi setelah melakukan registrasi domain.


Untuk mengetahui penyebab propagasi domain serta cara mengeceknya, kami akan membahasnya secara lengkap di sini. Yuk simak lebih lanjut!

Apa itu Propagasi Domain?

Propagasi domain adalah waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer domain ke pemilik yang baru. Biasanya, lama propagasi domain berkisar antara 24 hingga 48 jam.


Nah, kok waktu yang dibutuhkan cukup lama? Hal ini karena prosesnya mengharuskan seluruh server di web untuk mengupdate informasi tentang domain baru yang diregister.


Selain itu, propagasi domain juga biasa disebut propagasi DNS (Domain Name Server). Karena, prosesnya membutuhkan seluruh DNS di web untuk mengupdate informasi domain Anda.  


Tentu ini penting, karena server DNS memungkinkan pengunjung untuk mengakses website melalui domain. Sehingga, mereka tak perlu menuliskan IP Address yang jelas lebih sulit diingat daripada domain karena strukturnya terdiri dari rangkaian angka.

Apa Penyebab Propagasi Domain?

Untuk mempermudah pemahaman tentang propagasi domain, berikut adalah proses yang mempengaruhi lama propagasi domain:

Perubahan DNS Cache

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seluruh DNS di web perlu mengupdate informasi domain baru. Nah, biasanya informasi domainnya disimpan di dalam cache.

 

Mengapa informasi domain disimpan dalam DNS cache? Hal ini untuk mempermudah pencarian domain. Sehingga, ketika ada pengunjung yang ingin mengakses suatu website, informasi domainnya sudah tersedia di dalam cache.

 

Ketika ada domain yang mengarah ke IP address baru, maka seluruh DNS cache pun harus di-update agar mengarah ke address yang baru. Inilah mengapa proses propagasi domain membutuhkan waktu yang lebih lama.

Perubahan Informasi WHOIS

WHOIS adalah alat untuk mencari database registrar domain yang berisi informasi lengkap tentang pemilik domain.

 

Jika Anda baru saja membeli domain, maka WHOIS harus mengupdate informasi domainnya juga di dalam database. Hal ini juga turut mempengaruhi lama propagasi domain.

 

Nah, apabila proses propagasi domain sudah selesai, Anda bisa cek informasi domain Anda di halaman pencarian WHOIS domain Niagahoster.

Bagaimana Cara Cek Status Propagasi Domain?

Oke, jadi bagaimana cara mengetahui status propagasi domain Anda? Tenang, caranya mudah kok. Ada dua metode yang bisa Anda pilih:

Menggunakan Alat Cek Propagasi DNS

Ini adalah cara paling mudah untuk mengecek status propagasi domain. Anda hanya perlu mengetikkan domain di alat cek propagasi DNS seperti DNSChecker atau ViewDNS

 

Berikut adalah contoh pengecekan propagasi domain dengan menggunakan DNSChecker:

contoh propagasi domain dnschecker

Seperti yang Anda lihat, seluruh centang di petanya menunjukkan bahwa informasi domain Anda sudah berhasil diterima oleh server DNS di seluruh dunia. Dengan kata lain, proses propagasi domain-nya sudah selesai.

Menggunakan Command Prompt

Metode ini mengharuskan Anda untuk mengakses cPanel hosting Anda. Ingin tahu caranya? Yuk ikut langkah-langkah berikut!

  1. Ketahui IP hosting Anda dengan login ke akun cPanel.

  2. Selanjutnya, lihat pada bagian kanan dashboard cPanel, dimana informasi shared IP akun hosting tertera, seperti pada gambar berikut:

informasi ip address di cpanel

  1. Buka aplikasi command prompt atau cmd pada perangkat yang Anda gunakan (khusus pengguna windows). Klik tombol shortcut dengan menekan tombol windows+R lalu ketikkan “cmd” kemudian tekan ”OK".

  2. Ketikkan ping namadomainanda.com dan tunggu balasan dari IP yang sesuai. Jika sudah sesuai dengan IP yang tertera pada halaman cPanel atau IP hosting Anda, maka domain telah terpointing dengan benar.

ping ip address

 

Nah, bagaimana jika muncul pesan: “Ping request could not find host domainanda.com. Please check the name and try again”?

 

Apabila menemui kendala seperti itu, maka ada dua hal yang bisa Anda lakukan :

  • Pastikan nama domain Anda aktif dan berstatus aktif (hubungi team support Niagahoster untuk memastikan hal ini)
  • Pastikan domain Anda telah menggunakan nameserver yang benar. Bagi anda pengguna layanan shared hosting kami bisa mengetahui informasi nameserver yang benar melalui tutorial kami yang membahas detail tentang nameserver

Yuk Cek Status Propagasi Domain Anda!

Nah, sudah tahu status pointing domain Anda? Mudah-mudahan artikel ini membantu Anda untuk melakukan pengecekan. Jangan khawatir, memang butuh waktu untuk menunggu proses propagasi domain-nya selesai.

 

Jika Anda masih bingung mencari domain untuk website Anda, Silakan cek domain website di halaman domain Niagahoster. Selamat mencoba!


Artikel Terkait Cek Status Pointing Domain Anda

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.