FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Cara Upload Dokumen Persyaratan Domain Indonesia

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Upload Dokumen Persyaratan Domain Indonesia

Diperbarui 27 April 2022


Domain ID adalah top-level domain dengan kode negara internet untuk Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia telah mengelola domain ini sejak tanggal 1 September 2005. Website yang menggunakan domain ini, memberi pertanda bahwa lokasinya berada di negara Indonesia.


Setelah Anda membeli domain ID, ada persyaratan tambahan sebelum domain dapat benar-benar digunakan. Anda perlu menyiapkan scan dokumen untuk diunggah pada halaman Pengaturan Domain di Member Area Niagahoster.


Ada enam domain ID yang membutuhkan persyaratan.

- .co.id

- .web.id

- .sch.id

- .or.id

- .ac.id

- .ponpes.id


Selengkapnya, Anda dapat melakukan cek persyaratan dokumen untuk setiap Domain ID pada halaman berikut: Persyaratan Nama Domain Indonesia.


Langkah-Langkah Mengunggah Dokumen Persyaratan Domain Indonesia

Setelah membeli dan membayar salah satu Domain ID, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengunggah dokumen persyaratan.


1. Masuk ke Member Area Niagahoster. Pilih menu Layanan Anda, kemudian klik submenu Domain. Selanjutnya, klik tombol Kelola Domain untuk mengunggah persyaratan domain Indonesia.


2. Klik tombol Upload Document pada bagian bawah untuk mengunggah persyaratan dokumen.


3. Anda akan diarahkan ke halaman Upload Document. Pada panduan ini, kami menggunakan contoh domain .co.id yang menggunakan dokumen persyaratan file KTP dan SIUP. 


Klik tombol Browse file pada Company Certificate, kemudian pilih file sertifikat perusahaan (SIUP).


4. Setelah itu, klik tombol Browse file pada National Registration Identity Card, kemudian pilih file KTP penanggung jawab dari domain Anda.


5. Setelah semua syarat terpenuhi, klik tombol Upload pada bagian bawah untuk mengirimkan dokumen persyaratan domain Indonesia.


6. Anda akan melihat notifikasi seperti berikut apabila dokumen persyaratan domain Indonesia telah berhasil diunggah.


Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi dokumen yang membutuhkan waktu 1-3 hari kerja. Persetujuan pendaftaran domain Indonesia sepenuhnya menjadi wewenang registrar yaitu Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).


Cek Status Informasi Dokumen yang Diunggah

Untuk mengetahui apakah status dokumen yang diunggah telah disetujui atau ditolak, Anda dapat melihatnya melalui Member Area Niagahoster dengan langkah-langkah sebagai berikut.


1. Masuk ke Member Area Niagahoster. Pilih menu Layanan Anda, kemudian klik submenu Domain. Selanjutnya, klik tombol Kelola Domain untuk cek status informasi dokumen yang telah diunggah.


2. Anda akan diarahkan ke tab Detail dari domain. Klik tombol Notifications pada bagian bawah untuk melihat status dokumen yang sebelumnya telah diunggah.


3. Anda akan melihat pop-up notifikasi seperti gambar di bawah ini yang berisi notifikasi bahwa dokumen yang diunggah masih kurang. Silakan melengkapi dokumen yang telah disebutkan, kemudian klik tombol Close.


4. Selanjutnya, Anda dapat mengunggah ulang dokumen yang dibutuhkan dengan klik pada tombol Upload Document.


Selamat! Anda telah berhasil mengunggah dokumen persyaratan domain Indonesia. Anda dapat memastikan kembali status dokumen tersebut pada Member Area Niagahoster, kemudian tunggu hingga Domain ID Anda disetujui oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).


Setelah dokumen persyaratan berhasil diverifikasi, maka Status Registrar yang awalnya adalah Evaluating Document akan berubah menjadi Active.


Artikel Terkait Cara Upload Dokumen Persyaratan Domain Indonesia

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?