Panduan CyberPanel VPS

Cara Setting Email pada CyberPanel VPS Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Setting Email pada CyberPanel VPS Niagahoster

Dibuat 9 Juli 2021


CyberPanel memiliki fitur yang lengkap sebagai web control panel. Salah satu fiturnya membuat akun email yang memadukan username dengan nama domain, sehingga bisa menampilkan kesan profesional. Contohnya, email dengan alamat cs@niagahoster.co.id.


Melalui fitur pengaturan Email di CyberPanel, Anda dapat mengelola banyak akun email sesuai kebutuhan. Akun email tersebut akan dikelompokkan berdasarkan nama domain website. Jika Anda memilih nama domain, daftar akun email akan ditampilkan oleh CyberPanel.


Fitur Email Forwarding juga tersedia di CyberPanel. Dengan fitur ini, Anda dapat meneruskan pesan email ke alamat email lainnya. Jadi, setiap terdapat pesan masuk ke akun email A, akan otomatis diteruskan ke alamat email B.


Terakhir, Anda dapat menggunakan RainLoop Webmail CyberPanel untuk mengakses aplikasi webmail. Aplikasi untuk mengelola email melalui website. Anda dapat menggunakan untuk mengirim atau menerima email.

Langkah-langkah Setting Email di CyberPanel

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pengaturan email di CyberPanel.

Buat Akun Email di CyberPanel

Pertama-tama, Anda perlu membuat akun email dengan nama domain website di CyberPanel.


1. Masuk ke halaman Sign In CyberPanel dengan mengetik URL: https://IP-VPS-Anda:8090 pada web browser.


2. Anda akan diarahkan ke halaman login CyberPanel. Masukkan username dan password pada kolom isian. Untuk melanjutkan, klik tombol Sign In.


3. Halaman dashboard CyberPanel akan tampil pada layar. Untuk membuat akun email baru, pilih menu Email dan klik submenu Create Email.


4. Anda akan diarahkan ke halaman Create Email Account. Klik drop-down list Select Website. Kemudian, pilih nama domain yang ingin Anda tambahkan akun email.


5. Lengkapi kolom-kolom berikut untuk membuat akun email:

  • Username: Username ini akan dipadukan dengan nama domain menjadi alamat email. Misalnya, admin@namadomain.com.
  • Password: Password untuk akun email yang digunakan untuk login ke aplikasi webmail.

Untuk melanjutkan proses pembuatan akun email, klik tombol Create Email.


6. Selamat! Akun email baru berhasil Anda buat.

Cek Akun Email di CyberPanel

Pastikan akun email berhasil Anda buat dengan masuk ke daftar email di CyberPanel.


1. Di dashboard CyberPanel, pilih menu Email dan klik submenu List Emails. Anda akan diarahkan ke halaman List Email Accounts. Pilih nama domain terlebih dahulu dengan klik drop-down list Select Domain.


2. Daftar akun email domain tersebut akan muncul. Pastikan akun email yang Anda buat sebelumnya telah tampil di sana. Selain itu, Anda juga dapat melihat informasi tambahan seperti Konfigurasi Mail Clients.

Akses RainLoop Webmail CyberPanel

Anda dapat membuka aplikasi webmail melalui CyberPanel. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengakses aplikasi webmail.


1. Di halaman dashboard CyberPanel, pilih menu Email dan klik submenu Access Webmail.


2. Anda akan diarahkan ke halaman login aplikasi webmail. Masukkan alamat email dan password pada kolom yang tersedia. Untuk melanjutkan proses login, tekan Enter.


3. Selamat! Anda berhasil mengakses aplikasi webmail. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan menu Inbox, Sent, Drafts, dan sebagainya untuk berkirim pesan email.

Buat Email Forwarding di CyberPanel

Email forwarding adalah proses meneruskan pesan email ke alamat email lain. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan email forwarding di CyberPanel.


1. Di dashboard CyberPanel, pilih menu Email dan klik submenu Email Forwarding. Anda akan diarahkan ke halaman Setup Email Forwarding. Pilih nama domain terlebih dahulu dengan klik drop-down list Select Domain.


2. Drop-down list berikut akan muncul:

  • Select Email: Pilih akun email yang akan Anda tambahkan email forwarding.
  • Forwarding Options: Pilih opsi “Forward to email”.


3. Silakan isi alamat email forwarding di kolom yang tersedia. Untuk menambahkan email forwarding, klik tombol Forward Email.


4. Selamat! Email forwarding berhasil Anda tambahkan dan tersimpan pada daftar.




Artikel Terkait Cara Setting Email pada CyberPanel VPS Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?