Panduan Hosting cPanel

Cara Penggunaan File Manager pada cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Penggunaan File Manager pada cPanel


Fitur File Manager pada cPanel berguna apabila Anda ingin mengatur file pada website. Anda dapat menjadikan fitur ini sebagai alternatid apabila tidak memiliki akses ke aplikasi FTP.  Berikut adalah caranya.

1. Scroll sedikit ke bawah layar utama cPanel Anda dan Anda akan menemukan pilihan File Manager pada bagian Files.


2. Setelah itu akan muncul jendela baru bernama File Manager Directory Selection. Di tutorial ini kami menggunakan Web Root (public_html/www) sebagai contoh. Klik tombol Go untuk melanjutkan.


3. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman utama File Manager. Sisi sebelah kiri adalah deretan folder yang Anda miliki, sedangkan bagian kanan adalah file yang ada di dalam folder yang sedang Anda pilih. Di sini Anda dapat mengunggah, menambahkan folder, menghapus file, mengubah file permission, dan melakukan sederet fungsi lainnya. 


4. Scroll sedikit ke bawah, kemudian klik folder bernama public_html. Di sinilah letak penyimpanan seluruh file website Anda, baik itu halaman html, file gambar berekstensi .gif, dan lain-lain).


5. Untuk mengunggah file, Anda dapat meng-klik tombol Upload pada deretan menu bagian atas.


6. Ini adalah halaman Upload Files. Klik tombol Choose File untuk memilih file yang ingin Anda unggah dan juga mengatur jenis permission yang Anda inginkan pada bagian bawahnya (lihat kotak berwarna merah).


7. Anda juga dapat menambahkan file baru dengan meng-klik tombol Add New File pada bagian kiri atas halaman.


8. Berikut adalah tampilan penambahan file baru tersebut.


9. Terdapat juga pilihan untuk menambahkan folder baru.


10. Berikut adalah tampilannya.



Artikel Terkait Cara Penggunaan File Manager pada cPanel