Panduan Hosting cPanel

Cara Pasang Email Filter di cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Pasang Email Filter di cPanel


Fitur Email Filter pada cPanel mengizinkan Anda membuat set kriteria atau perintah pada email yang masuk ke inbox Anda. Berikut adalah caranya. 

1. Pada halaman utama cPanel Anda, klik Account-Level Filtering yang berada dalam bagian Mail.


2. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman ini. Klik tombol Create a New Filter.


3. Kemudian Anda akan memasuki halaman utama pengaturan Email Filter.

Pertama-tama Anda harus mengisi nama filter pada kolom yang tersedia. Ingat, jangan sampai menggunakan lebih dari satu nama filter yang sama, karena dapat menyebabkan filter yang sebelumnya sudah ada akan terhapus.


4. Di bawahnya Anda akan menemukan deretan rules atau persyaratan yang dapat Anda pilih, bisa berdasarkan pengirim, subject, tujuan, dan lain-lain. Anda juga dapat menambahkan/mengurangi persyaratan lain dengan mengklik tombol plus (+) dan minus (-) pada bagian kanan.


5. Anda juga perlu mengatur tindakan yang dilakukan terhadap email tersebut. Ada banyak pilihan, misalnya Discard Message (buang pesan), Redirect Email (pengalihan email), Deliver to Folder (masukkan ke dalam folder), dan lain-lain. Jika sudah, klik tombol Create.


6. Notifikasi ini akan Anda dapatkan apabila filter telah berhasil dibuat.


7. Jika Anda kembali ke halaman sebelumnya, Anda akan menemukan nama filter Anda di sana. Anda dapat memilih untuk melakukan pengaturan atau malah menghapusnya. Bahkan, Anda dapat mengetes filter Anda pada bagian “Filter Test”.






Artikel Terkait Cara Pasang Email Filter di cPanel