Panduan Hosting cPanel

Cara Pasang Cron Job di cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Pasang Cron Job di cPanel


Fitur Cron Jobs memungkinkan Anda menjalankan perintah atau script tertentu secara otomatis melalui cPanel Anda. Perintah atau script ini dapat dijalankan dalam waktu dan interval tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat membuat perintah cron job untuk menghapus temporary files secara berkala demi meluangkan lebih banyak disk space. Berikut adalah tutorialnya.

 

Perhatian: 

Kami menyarankan Anda untuk memahami bahasa pemrograman Linux terlebih dahulu agar Cron Jobs dapat diterapkan secara efektif. 

1. Masuk ke bagian Advanced pada halaman utama cPanel Anda, kemudian klik Cron Jobs.


2. Pada halaman utama Cron Jobs ini, pertama-tama Anda dapat mengubah alamat email yang Anda gunakan terlebih dahulu. Fungsinya, Anda akan menerima email secara otomatis ketika Cron Job menjalankan perintah. Kosongkan apabila Anda tidak ingin mengubahnya.

 

3. Selanjutnya Anda dapat mulai melakukan pengaturan cron job yang Anda inginkan. Pilih pilihan Common Settings apabila Anda tidak menginginkan pengaturan yang terlalu rumit. Pada contoh ini kami memilih pilihan 1st and 15th (dua kali dalam sebulan, setiap tanggal 1 dan 15). Kolom isian setelahnya akan terisi secara otomatis karena ini adalah preset.

 

4. Perintah yang ingin Anda jalankan dapat Anda masukkan pada kolom isian Command (masukkan path-nya dari root).  Klik tombol Add New Cron Job untuk melanjutkan.

5. Berhasil! Anda akan menerima notifikasi seperti ini apabila cron job telah berhasil dibuat oleh cPanel. Kemudian, cron job aktif milik Anda juga akan muncul pada daftar di bawahnya.


Artikel Terkait Cara Pasang Cron Job di cPanel