Panduan Domain

Cara Mengubah Detail WHOIS

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mengubah Detail WHOIS

Diperbarui pada 5 Juni 2020


WHOIS berisi informasi terkait nama domain. Secara sederhana, WHOIS digunakan untuk mengetahui siapa pemilik atau penanggung jawab suatu nama domain. 

Anda dapat mengubah informasi WHOIS melalui Client Area Niagahoster. Sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu.

  • Sistem akan secara otomatis mengirimkan notifikasi ke alamat email yang terdaftar pada domain Anda setiap kali Anda melakukan perubahan data diri.
  • Jika Anda kehilangan akses email yang digunakan untuk mendaftarkan nama domain, maka Anda harus mengirimkan scan ID card (KTP atau SIM) dan surat pernyataan yang menyatakan domain tersebut milik Anda ke cs@niagahoster.co.id (contoh surat pernyataan). Prosedur ini kami lakukan sesuai dengan regulasi ICANN's Inter-Registrar Transfer Policy (IRTP).


Langkah-langkah Mengubah Detail WHOIS pada Client Area Niagahoster


Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah detail WHOIS pada Client Area Niagahoster..

1. Masuk ke Client Area Niagahoster.

2. Pada bagian Layanan Anda, Anda akan menemukan tab Domain. Tab ini berisi nama domain Anda yang terdaftar pada layanan Niagahoster.

Client Area Niagahoster Hosting


3. Klik tombol Kelola Domain pada nama domain yang akan Anda konfigurasikan.

Kelola domain 1


4. Pada bagian Pengaturan Domain, pilih tab Whois.

Pengaturan domain whois


5. Ada dapat mengubah nama, alamat email, nama perusahaan, alamat rumah, kota, kode pos, dan nomor telepon pada kolom yang tersedia. Klik tombil Update untuk menyimpan. 

Update detail kontak domain

6. Harap diingat bahwa setelah mengubah data WHOIS, Anda perlu melakukan verifikasi melalui email lama (Current Registrant) dan email baru (New Registrant). Apabila belum melakukan verifikasi, Anda akan melihat status Pending di sebelah alamat email yang Anda gunakan.

Current registrant


7. Email verifikasi secara otomatis dikirimkan ke alamat email yang Anda gunakan. Untuk melakukan verifikasi, klik tautan pada bagian bawah email.

Email verifikasi


8. Selamat! Anda telah berhasil mengubah detail WHOIS.

Notifikas verifikasi email



Artikel Terkait Cara Mengubah Detail WHOIS

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.
whatsapp