Panduan Hosting cPanel

Cara Instal WordPress Melalui Softaculous

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Instal WordPress Melalui Softaculous

Diperbarui 6 Januari 2022


WordPress merupakan platform Content Management System (CMS) yang dapat Anda gunakan untuk mengelola konten website. Anda dapat mengelola postingan, tampilan, plugin, hingga tema website melalui WordPress.


Sejak rilis perdana pada Mei 2003, WordPress semakin berkembang menjadi salah satu platform blog dan website yang banyak diminati. Anda perlu menginstal pada layanan hosting agar dapat membangun website dengan WordPress.


Berkaitan dengan itu, ada beragam cara untuk menginstal WordPress pada layanan web hosting Anda. Salah satunya melalui Softaculous App Installer. Anda dapat menemukan fitur ini pada halaman cPanel.


Pada panduan ini akan dijelaskan cara instal WordPress melalui Softaculous. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah Instalasi WordPress Melalui Softaculous App Installer

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.


2. Pada bagian Layanan Anda, Anda akan menemukan tab Hosting. Tab ini berisi layanan Niagahoster yang Anda gunakan. Kemudian, pilih tombol Kelola Hosting untuk melakukan pengaturan hosting.


3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Hosting. Pilih tab cPanel, kemudian pilih menu All Features untuk menampilkan fitur lengkap cPanel.


4. Gulir hingga Anda menemukan bagian Softaculous Apps Installer, lalu klik logo WordPress.


5. Untuk memulai instalasi WordPress, Anda dapat mengeklik tombol Install di sini.


6. Pengaturan instalasi WordPress akan ditampilkan. Pertama-tama, lengkapi kolom isian pada bagian Software Setup. Tentukan protokol website Anda (menggunakan HTTPS atau HTTP, dengan www atau tanpa www). Kemudian, pilih nama domain. Kosongkan kolom isian In Directory jika Anda ingin menggunakan WordPress sebagai website utama. Anda juga dapat menentukan versi WordPress yang ingin diinstal.


7. Masukkan nama website berikut deskripsinya dalam bagian Site Settings. Pada bagian Admin Account, masukkan Admin Username, Admin Password, dan Admin Email untuk akun website WordPress Anda.


8. Tentukan bahasa yang akan Anda gunakan di WordPress. Kemudian, centang checkbox Limit Login Attempts (Loginizer) untuk mengaktifkan plugin yang dapat membatasi kesempatan login pengguna. Selain itu, Anda juga dapat mencentang checkbox Install LiteSpeed Cache (Recommended) untuk optimasi kecepatan website dengan Cache.


9. Pada bagian Advanced Options, centang checkbox Auto Upgrade WordPress Plugins dan Auto Upgrade WordPress Themes supaya plugin dan tema otomatis diperbarui. Di bagian sebelah kanan, pilih opsi Upgrade to any latest version available (Major as well as Minor) agar versi WordPress diperbarui otomatis.


10. Pilih tema website WordPress Anda. Terdapat beragam tema yang bisa Anda pilih secara gratis. Pada kolom di bagian bawah, Anda dapat memasukkan alamat email untuk menerima pesan mengenai instalasi WordPress. Setelah semuanya siap, klik tombol Install.


11. Silakan tunggu hingga proses instalasi selesai.


12. Selamat! WordPress telah berhasil Anda instal. Selanjutnya, Anda dapat mengelola website WordPress dengan login ke halaman admin.




Artikel Terkait Cara Instal WordPress Melalui Softaculous

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?